0 Comment
10 Years Challenge di Turki Dijadikan Aksi Lepas Hijab, Tuai Kontroversi

Foto: dok. AP photographer (Frank Augstein)Foto: dok. AP photographer (Frank Augstein)

Jakarta - Aturan yang mengikat perempuan muslim di Iran masih jadi perdebatan hangat. Khususnya perihal aturan menggunakan hijab. Pada Februari lalu, ada agresi #NoHijabDay berupa agresi melepas hijab sebagai protes kepada aturan pemerintah Iran.

Hal ini yang mendasari viralnya sebuah foto perempuan anggun asal Iran yang sedang menonton pertandingan Piala Dunia di Rusia. Sepintas, foto tersebut tidak menyimpan kecacatan sama sekali. Foto yang diambil oleh AP photographer, Frank Augstein itu diambil dikala pertandingan Iran melawan Spanyol.

Baca Juga: Cerita Youtuber Cantik Lepas Jilbab, Nggak Nyangka Ini Alasannya

Namun, sesudah dilihat lebih bersahabat ada keganjalan dalam foto tersebut. Pada ID yang digunakan perempuan itu terlihat foto profil perempuan yang menggunakan kerudung. Banyak netizen menyimpulkan perempuan itu melepas hijab untuk menonton pertandingan hari itu.

Ada pula yang menyebutkan perempuan itu menggunakan hijab sebab peraturan di Iran, tapi banyak perempuan Iran yang melepas jilbab dikala traveling ke luar negeri. Sebagaimana diketahui bahwa banyak negara yang kurang ramah terhadap perempuan berhijab.

Tidak diketahui nama perempuan yang berada di foto itu. Netizen pun ramai menyebutnya sebagai 'Iriana Grande' sebab mempunyai wajah anggun kolam Ariana Grande.

Baca Juga: Foto: 5 Artis yang Pernah Memutuskan Melepas Hijab

"Wanita Iran ini melepas hijab dan menjadi Iriana Grande," ungkap akun Twitter berjulukan @the_nifemi.

Menonton pertandingan sepak bola masih jadi hal yang tabu di Iran. Sejak tahun 1979, meski tidak ada aturan resmi, tak ada perempuan yang boleh nonton pertandingan sepak bola secara pribadi di stadion. Namun, tahun ini ada perbedaan. Beberapa fans termasuk perempuan yang disebut 'Iriana Grande' itu sudah mempunyai izin dari pemerintah Iran untuk menonton pertandingan pribadi di stadion Rusia.



Tonton juga video 'Viral! Aksi Perempuan Iran Lepas Jilbab':

Post a Comment

 
Top