0 Comment

Daftar Kebutuhan Barang dan Perlengkapan di Kos

Aku mau share beberapa hal yang dibutuhkan ketika kita pertama kali menjadi anak kos. Emang sih jadi anak kos itu susah-susah gampang. Apalagi kos nya itu madiri. Yang kos nggak mandiri itu yang menurut aku tidak memusingkan hal-hal seperti memcuci pakaian, menyetrika, memasak dan sebagainya. Semua ada kelebihan dan kekurangannya kok. Tapi yang pasti kalo ngekos itu semua dikerjain sendiri tanpa harus serba instan, aku yakin deh, kalian bakalan jadi anak kos yang mandiri dan kuat dan bertanggung jawab juga.

Hal-hal yang harus kamu miliki ketika pertama kali nge kos adalah :

1. Fasilitas Utama
Aku menyebutnya sebagai fasilitas utama karena terdiri dari barang-barang yang sebaiknya kamu miliki demi kenyamanan tinggal di kos. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

a. Lemari
Kamu bakal butuhin ini karena nggak mungkin dong kamu nggak merapikan baju-baju yang kamu bawa dari rumah kamu. Lemari menjadi satu barang wajib kamu miliki. Udah banyak kok tipe lemari pada zaman sekarang. Bahkan ada lemari yang sekaligus dilengkapi dengan meja belajar untuk mempermudah kamu.
b. Meja belajar
Meja belajar dikhususkan buat kalian yang masih kuliah. Karena tentu kalian akan mengerkajakan tugas-tugas kuliah kalian. Soalnya pengalaman aku tuh, nggak baik kalo ngerjain tugas tuh dilantai. Bisa-bisa badan kalian menjadi pegal-pegal karenanya. Dan kalian kehilangan semangat untuk mengerjakan tugas. Jadi sebaiknya kalian memberli meja belajar sesuai dengan tipe yang kalian inginkan. Kalau ingin meja belajar yang besar sekaligus untuk menyimpan buku, bolhe, kalau ingin meja belajar yang bisa dilipat yang hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kalau ada tugas saja juga boleh, apalagi meja lipat itu sangat efisien dan tidak memakan banyak tempat di kamar kamu.
c. Kasur
Kebayang nggak sih tidur tanpa kasur? Okey aku emang pernah hidup dizaman dahulu nggak pake kasur haha. Dan I don’t want to go back hahaha. Soalnya badan tuh sakit banget. Sebaiknya kalian juga menyediakan kasur dan sekaligus sprei yang bisa kalian ganti sekali seminggu tergantung maunya kalian gimana.
d. Bantal dan Selimut
Ini wajib sih. Soalnya nggak mungkin kan tidur tanpa bantal dan selimut. Haha oke mungkin sih, tapi masa iya sih tidur gitu aja. Hemat sih hemat, tapi nggak gini-gini juga wkwk. Bantal perlu untuk menopang kepala saat tidur. Coba googling deh kalo nggak percaya. Selimut itu perlu kalo kedinginan apalagi kalo dalam kondisi sakit.
e. Dispenser atau Galon air minum
Ini wajib banget, kan nggak mungkin beli air minum kemasan terus. Yang baik itu ya sediain galonnya terus isi ulang deh pake air minum yang asli ya. Jangan yang KW. Soalnya itu nggak sehat dan nggak ada jaminan kualitasnya juga. Dispenser perlu kalo kamu lagi ingin minum air hangat. Kalo mau buat teh atau mau seduh susu.
f. Rice Cooker
Perlu kalo kamu mau masak nasi. Kan tinggal beli lauknya dari luar. Apalagi kalo masih anak kos baru, belum tau mau beli nasi dimana. Heheh
g. Setrika
Ini juga penting banget. Kebayang nggak tuh kalo baju tiba-tiba kusut dan tidak ada setrika.. masa minjam-minjam terus..kan nggak mungkin kan..jadi kamu juga wajib beli barang ini.]
h. Perlengkapan Mandi
Perlengkapan mandi yang kalian butuhkan terutama yang paling dasar yaitu sabun, shampoo dan handuk.

2. Fasilitas Tambahan
Fasilitas tambahan itu menurut aku, yang boleh ada, boleh nggak ada. Soalnnya kalo nggak ada, kalian pasti punya alternatif lain untuk memenuhinya. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:
a. Obat Pribadi
Ini buat kalian yang memiliki suatu penyakit atau mungkin kalian membutuhkan beberapa asupan obat dalam waktu tertentu
b. Tempat sampah
Ini perlu supaya kamar kalian tidak jorok. Boleh menggunakan keranjang sampah. Boleh alternatif seperti plastik bekas. Dan sebisa mungkin buang sampah setiap pagi supaya kamat kalian tetap bersih
c. Makanan Instan
Ini benar-benar tidak selalu harus ada. Tapi sebaiknya tetap menyediakan makanan seperti roti atau cookies yang biasa kalian makan saat kalian tiba-tiba lapar dan malas untuk keluar untuk mencari makan. Makanan yang kalian sediakan sebaiknya adalah makanan yang memiliki nutrisi yang baik, jangan menyimpan dan menyediakan makanan yang justru akan menimbulkan penyakit bagi tubuh kalian.

Sekian tulisan ku hari ini. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

 
Top