0 Comment

Facebook merupakan salah satu media sosial yang hampir semua orang menggunakannya dengan smartphone mereka masing-masing. Facebook sendiri bertempat di Menlo Park, California. Facebook pertama kali dirilis pada tanggal 4 Februari tahun 2004. Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama-sama dengan temannya Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Mereka adalah teman satu kampus dan teman satu kamar.
Facebook mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak Facebook diluncurkan ke publik. Pada awalnya ada banyak masalah yang dihadapi Facebook termasuk ketika Mark disebut telah menyesatkan banyak orang dengan mengira bahwa dia akan membantu seniornya untuk membuat situs untuk harvard sendiri. Bahkan senior mereka telah menuduh bahwa ide mereka telah ditiru oleh Mark dan teman-temannya untuk membuat produk baru yang bersaing.
Seperti yang kalian ketahui bahwa Facebook merupakan sosial media yang digandrungi sama semua umur yang udah bisa menggunakan sosial media. Meski untuk beberapa segmentasi umur, mereka lebih memilih menggunakan sosial media lainnya seperti instagram, namun, bisa dikatakan bahwa facebook belum kehilangan popularitasnya.
Berikut ini saya akan menceritakan kelebihan dan kekurangan facebook sebagai berikut.

Kelebihan Facebook.
1. Facebook merupakan sosial media yang digunakan oleh 2 miliar penduduk dunia pada Juni 2017. Sehingga sangat efektif untuk membagikan banyak hal tentang kita kepada teman-teman kita. Bahkan ada banyak orang yang menemukan teman-teman lama mereka melalui aplikasi ini
2. Facebook menyediakan fitur pertemanan hingga 5.000 orang. Hal ini bisa dilihat sebagai hal yang positif karena kita dapat memperluas pertemanan kita dengan orang-orang yang belum kita kenal. Bahkan dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang yang berasal dari negara lain.
3. Facebook cocok digunakan untuk tempat bisnis karena facebook digunakan oleh sekita 1,44 miliar pengguna aktif setiap bulannya dan sangat efektif untuk lmenawarkan produk ataupun menjalankan suatu bisnis online.
4. Facebook sangat mudah diakses dari device apapun asalkan memungkinkan menggunakan akses internet. Tidak hanya terbatas pada smartphone saja.
5. Aplikasi facebook sangat lengkap dalam fitur-fiturnya bahkan memiliki fitur permainan yang sangat disukai oleh penggunanya. Anak-anak juga dapat mengakses game di facebook.
6. Facebook sangat mudah digunakan dan navigasinya sangat simpel. Sehingga meskipun banyak sekali fitur yang terdapat di aplikasi facebook, namun tidak membuat aplikasi ini menjadi aplikasi yang berat dan sulit untuk diakses.
7. Dapat ditautkan dari aplikasi lain. Misalnya saja hampir semua game online dapat ditautkan langsung ke facebook. Mungkin karena hampir semua orang menggunakan facebook sehingga sangat mudah menautkan akun game ke akun facebook. Misalnya saja Mobile legends, Candy Crush dan yang lainnya.

Kekurangan Facebook.
1. Modus kejahatan sering terjadi di facebook karena begitu gampangnya untuk mengakses akun orang lain, karena pengaturannya agak rumit untuk mengunci akun kita supaya benar-benar aman. Berbeda dengan akun instagram yang membuat akun kita menjadi privat hanya dengan satu klik saja.
2. Penggunaan nama yang sama diizinkan sehingga akan sangat sulit bagi kita untuk menemukan seseorang apalagi kalau nama yang digunakan adalah nama yang cukup pasaran. Kita akan menemukan puluhan nama yang sama pada mesin pencari facebook
3. Banyak iklan. Pada awal diluncurkan , iklan di facebook masih sangat sedikit. Namun seiring berjalannya waktu, iklan menjadi semakin banyak dan terkadang sulit untuk membedakan yang mana konten facebook dan yang mana yang iklan terutama pada pengguna yang sudah berumur dan anak-anak.
4. Konten yang menyatu dan tidak terpisah. Berbahayanya hal ini adalah ketika digunakan oleh anak-anak. Konten filtering bahkan tidak ada. Hal ini menyebabkan terkadang konten yang tidak sehat seperti kekerasan, pornografi bisa muncul ke beranda secara otomatis.
5. Pertemanan dengan tidak terbatas jarak akan menyebabkan resiko kejahatan seperti penculikan terkadang terjadi.. sehingga diperlukan kebijakan yang lebih lagi dalam menggunakan sosial media yang satu ini.

Post a Comment

 
Top