0 Comment

Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang didirikan pada 12 tahun yang lau. Tpatnya pada tanggal 21 Mei 2006. Teitter bertempat di San Fransisco California dan memiliki wilayah operasi di seluruh dunia. Twitter itu memiliki asal kata Tweet yang artinya kicauan. Kicauan itu biasanya adalah ungkapan untuk menyatakan suara yang dikeluarkan oleh burung. Sehingga lambang twitter sendiri adalah gambar burung yang sedang berkicau. Berkicau itu sendiri artinya mengungkapkan sesuatu. Tetapi berbeda dengan pidato, berkicau itu mengungkapkan sesuatu dengan singkat. Twitter juga demikian. Membatasi jumlah karakter yang bisa digunakan. Jumlah karakternya adalah sebesar 140 kata. Namun pada November 2017, Twitter telah mengubanya menjadi 280 karakter yaitu jumlah yang dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Sejak diluncurkan, twitter telah menjadi sebuah situs dengan pengunjung yang selalu masuk dalam 10 besar situs yang paling sering dikunkunjungi.

Twitter mengalami peningkatan pengguna yang sangat besar sejak 2013 dan mampu mencapai 500juta tweet dalam sehari. Sekarang aku akan membagikan pendapatku tentang twitter.

Kelebihan twitter  adalah:
1. Twitter mudah dinavigasi dan dapat menyisipkan link lain. Sehingga twitter menjadi ajang promosi yang digemari oleh banyak orang.
2. Twitter cenderung tidak memiliki iklan yang banyak karena pengguna iklan biasa nya langsung menggunakan twitter sebagai media untuk menpromosikan produk mereka.
3. Digunakan oleh banyak sekali kalangan. Mulai dari masyarakat biasa, pengusaha, pemerintah, artis dan banyak platform lain yang juga menggunakannya.
4. Dipercaya menjadi salah satu sosial media paling update dalam segala hal. Misalnya saja kalau ada gempa terjadi, hampir seluruh media akan mencari informasi yang lebih akurat di twitter. Hal ini didukung oleh fitur trending topik yang disediakan oleh twitter. Hal-hal apa yang sedang hangat dibicarakan ditengah suatu komunitas akan masuk ke fitur trending.
5. Akun fan page yang tersebar dimana-mana namun begitu aktif dalam update hal-hal yang terjadi. Aku melihatnya sebagai keuntungan karena aku sebagai seorang yang sangat menyukai kpop merasa sangat terbantu dengan informasi yang sangat akurat di di twitter.
6. Fitur polling juga sangat banyak digunakan di twitter. Fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat pada umumnya. Tetapi tidak selamanya polling menentukan hasil yang benar benar diinginkan oleh masyarakat di dunia nyata.Tetapi setidaknya telah memberikan gambaran kepada si pembuat poling tentang kecenderungan masyarakat. Misalnya : Poling paling heboh saat ini adalah SIAPAKAH PRESIDEN YANG AKAN ANDA PILIH PADA 2019?"
Pertanyaan ini ada di banyak laman di twitter sih..makanya aku buat sebagai bahan contoh.


Kekurangan twitter  adalah
1. Twitter memungkinkan penggunanya untuk tetap update suatu hal secara otomatis. Pengiriman tweet yang sama dalam suatu rentang waktu tertentu akan memungkinkan terjadinya spam terutama bagi seseorang yang mengikuti akun tersebut.
2. Keterbatasan jumlah karakter dalam menulis. Namun hal ini terbantu dengan cara menautkan apa yang kita tulis dengan tweet yang kita tulis selanjutnya.
3. Twitter cenderung merupakan sarana untuk menyampaikan isi pikiran kita, namun tidak cocok untuk digunakan berkomunikasi secara intens dan 2 arah.
 4. Pasarnya terbatas karena emang ada orang-orang yang tidak suka membaca feed twitter terutama orang-orang yang merasa kalau menggunakan twitter itu agak susah. Padahal menurut aku, tampilan twitter itu udah benar-benar user friendly.

 Sekian tulisan ku kali ini. Aku akan sangat senang apabila kalian meninggalkan pendapat atau komentar kalian di kolom komentar. Terimakasih.

Post a Comment

 
Top