0 Comment

Kali ini aku akan membagikan pengalamanku ikut bimbingan belajar yang hanya sekitar 1,5 bulan sebelum aku mengikuti ujian SNMPTN pada 2012. Kalo sekarang namanya udah berubah haha kebiasaan banget sih Indonesia itu ganti-ganti nama padahal kegiatan yang dilakukan sama saja.
Pada waktu lulus SMA sebenarnya aku nggak terlalu ikut bimbingan belajar. Soalnya aku tipe orang yang cukup percaya pada kemampuan diriku sendiri. Wwkkwk tapi berdasarkan diskusi dengan banyak orang akhirnya aku memutuskan untuk ikut bimbingan yang walaupun hanya 1,5 bulan dipercaya akan memberikan dampak yang cukup baik kalau kita benar-benar serius mengikutinya. Aku kemudian mendaftarkan diriku pada H-1 ke bimbingan belajar di Medan. Dan aku mulai mengikutinya dengan serius.
Sebenarnya topik yang diajarkan sama saja dengan yang kita peroleh di sekolah. Yang membedakannya menurut aku adalah, disini itu kan lebih membutuhkan kecepatan dalam mengerjakannya. Soalnya kan banyak dan ada batas waktu untuk mengerjakannya. Jadi yang paling banyak diajarkan adalah tips dan trik dalam mengerjakan soal. Soal-soal yang dibahas juga adalah bentuk soal-soal yang mirip pada soal yang di ujian di tahun-tahun sebelumnya.
Yang penting menurut aku adalah keseriusan sih. Soalnya kan ini ceritanya mengulang keseluruhan pelajaran selam 3 tahun dalam 1,5 bulan. Gimana tuh cara nya. Simpel aja. Karena sebenarnya semua nya kan udah diajarin.
Yang aku dapatkan selama bimbel ini juga banyak sih..nggak cuma soal pendidikan itu aja. Tapi karena bimbingannya juga menyemangati kita dengan membuat acara doa bersama setiap pagi, ada khotbah juga. Ini lucu sih sebenarnya. Jadi semua kelas tuh digabungin yang seagama lalu dibuat acara tersendiri untuk berdoa untuk kesuksesan ujian kami nantinya.. Diingatin jasa-jasa orang tua.. bahkan kami diajak untuk beli sembako untuk dibagikan ke orang yang tidak mampu.. Kalo dipikir-pikir secara logika, kayak lagi nyogok aja hahaha. But the point is, aku rasa emang seharusnya aku hidup kaya gitu terus. Ada semangat, menghargai orang tua, suka memberi dan rajin belajar dari setiap hal yang baru kita peroleh dan tidak melupakannya begitu saja.
Saat bimbingan belajar ini, kita kan juga dijelaskan bagaimana cara pemilihan jurusan berdasarkan minat dan kemampuan. Ini yang jadi dilema sebenarnya haha. Minat setiap orang itu cenderung tinggi. Maunya tinggi banget, tapi ketika berbicara kemampuan masih sangat kurang. Bukan karena bodoh, tapi emang kemauan untuk belajar masih sangat rendah. Aku mengikuti pra SBMPTN nya sampai 4 kali dan aku tidak pernah lolos sekalipun sesuai dengan jurusan yang aku ambil. Tapi kemudian aku menyadari bahwa effort ku masih sangat kurang. Karena itu aku belajar lebih keras lagi. Sebenarnya malas, niat nggak niat, tapi karna keingat lagi ini masalah masa depan, aku terpaksa serius deh.. hahah. Apalagi bapak aku tuh udah bilang kalo nggak negeri doi nggak mau sekolahin aku hahaha. Tapi nggak apa-apa sih, kadang kata-kata yang agak menyakitkan itu memberikan kita semangat yang lebih lagi untuk berjuang.
Saran aku sih buat kalian adik-adik sekalian (panggil adik soalnya aku ikut bimbingannya udah 2012 wkwkwk) kalo misalnya kalian mengikuti bimbingan belajar, yah diseriusin dan nggak usah mikirin hal-hal yang nggak penting dulu. Soalnya kayak beberapa teman aku malah tiap hari tuh jalan-jalan terus.. haduhhh jalan-jalan kan bisa nanti, yang penting diterima kuliah dulu.
Selain itu dalam pemilihan jurusan yang akan kalian ambil usahakan sesuai dengan minat kalian. Karena kalo nggak sesuai dengan minat, bakalan susah buat kalian nantinya. Aku punya teman-teman yang menghabiskan waktu nya di perkuliahan tetapi nggak pernah bisa serius karena stress nggak bisa ngikutin dan beberapa yang lain, nggak pernah bisa menikmati perkuliahan itu sendiri. So, minta aja bantuan kepada orang-orang lain. Dan biasanya di tempat bimbingan juga disediain kok pembimbing yang bersedia untuk mengajar atau membantu kalian meski kelas sudah selesai.

Sekian pengalamanku kali ini. Aku akan sangat berterimakasih bila kalian meninggalkan komentar di bawah postinganku ini. Terimakasih.

Post a Comment

 
Top