0 Comment

Orang-orang pada heboh nih karena aplikasi Path ditutup. Aku juga jadi pengen nulis tentang aplikasi Path ini. Sebagai seorang pengguna, aku juga merasa kasihan sih. Apalagi Path itu kan sempat besar dan menghidupi kehidupan banyak orang juga..

Path itu merupaan sebuah aplikasi jejaring sosial yang diinstall di smartphone yang memngkinkan penggunanya untuk mengeshare banyak hal. Yang terutama sih menurut aku, sesuai namanya sendiri, menceritakan kepada orang lain tentang perjalanan mereka pada suatu waktu. Dan menurut aku belum ada aplikasi yang seperti ini yang menjelaskan kepada orang lain apa saja kegiatan yang kita lakukan di sepanjang hari.

Path itu awalnya menjadi jawaban atas keluhan orang tentang facebook yang memberikan fitur untuk berteman dengan 5000 orang. Path menyediakan fitur dengan memberikan layanan hanya 150 orang saja yang masuk ke lingkaran pertemanan kita. Pimpinan Path Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut menyatakan: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.” Selain itu pada awalnya di gadang-gadang bahwa Path itu akan menjadi sosial media yang sifat nya personal banget karena hanya terbatas yaitu150 orang.

Perubahan terjadi sejak Path mulai mengubah jumlah pertemanan dari 150 orang menjadi 500 orang. Oh ya, pengguna Path itu di Indonesia banyak banget loh… Bahkan ada dugaan bahwa perubahan itu karena banyak pengguna yang meminta untuk meningkatkan pertemanan. Tapi sejak saat itu mungkin sifat personal nya Path itu menjadi berkurang dan tidak mampu lagi menjawab kemauan pasar seperti apa. Enggak tau juga sih kayak gimana. Yang pasti Path pasti rugi dan tidak mampu berdiri di depan pesaingnya yang penggunanya udah sangat besar. Liat aja platform raksasa seperti Facebook, Snapchat dan Instagram. Mungkin selain dari saingan yang sangat banyak, Path sendiri tidak menambahkan fitur yang meningkatkan minat orang-orang dalam menggunakan Path itu sendiri.

Fitur-fitur yang dimiliki Path yang sekarang itu tinggal kenangan adalah sebagai berikut.
1.   Profil
Bagian ini untuk menunjukkan profil kita kepada orang lain. Secara umum semua sosial media pasti punya fitur ini deh. Misalnya kamu bisa memasang foto profil kamu, bisa juga untuk mengganti foto di latar kamu

2.   Mengunggah Foto dan Video
Ini fitur yang dapat digunakan untuk mengunggah foto dan video kepada orang-orang terdekat kita. 

3.   Mengunggah Lokasi
Karena sifat nya personal, maka tidak apa-apa untuk membagikan lokasi kita keoada orang-orang terdekat kita. Dan ini adalah salah satu fitur Path yang cukup disukai oleh pengguna Path.

4.   Tidur
Fitur ini berarti bahwa si pengguna sedang tidur dan Path akan menghitung waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Aplikasi Path tidak akan dapat diakses apabila kondisinya masih dalam keadaan tidur.

5.   Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain
Path menyediakan fitur untuk dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain dengan cara mengizinkan pengguna untuk mengirimkan pesan kepada pengguna lain.

6.  Emosi
Fitur ini seperti yang sekarang juga udah banyak digunakan di sosial media yang lainnya seperti pada facebook dan di banyak situs berita. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyatakan emosi yang merupakan tanggapan dari setiap momen pengguna lain seperti  “senyum”, “berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. 

7.  Terlihat
Fitur ini memberi informasi tentang berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna. Misalnya ketika kita mengupload kita ada dimana, maka akan terlihat seberapa banyak orang yang telah melihat aktivitas kita tersebut.

8.   Komentar
Fitur ini ditujukan untuk pengguna bisa mengomentari apa yang sedang dilakukan orang lain yang berada dalam pertemanan Path nya.

9.   Musik, Film, Buku
Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna Path lainnya

10.   Mengunggah Status
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang tersedia.

11.   Belanja
Fitur belanja oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Stiker-stiker baru juga akan di update disini dan sapat dibeli oleh pangguna. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan filter untuk foto dan video.

12.   Path Daily
Banyak digunakan untuk mengungkapkan apa yang sedang dipikirkan oleh pengguna dengan menuliskan ungkapan maupun kata-kata positif lainnya.

Post a Comment

 
Top