0 Comment
Foto: dok. detikFood/Sonia BasoniFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

Jakarta - Pizza Italia autentik, salah satunya margherita. Tak banyak resto yang punya racikan autentik pizza ini. Tetapi di reto ini Anda dapat merasakan rasa aslinya.

Karena tergolong masakan terkenal di dunia, pizza sangat banyak ragamnya. Lalu bagaimana dengan pizza autentik Italia? Agak sulit mendapat pizza dengan racikan tradisional Italia.

Demikian juga di Jakarta dan kota besar lainnya. Kebanyakan orang Indonesia lebih bersahabat dengan pizza dari Amerika, apalagi restoran pizza di Indonesia didominasi dengan gerai franchise pizza dari Amerika.
Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: Istimewa
"Pizza autentik Italia sangat berbeda dengan pizza lainnya. Sebenarnya, pizza Italia sangat sederhana. Hanya saus tomat dan keju mozzarella," ungkap Chef Marco Tremolada, Executive Chef dari Ristorante da Valentino. Salah satu restoran Italia di Jakarta, yang menyajikan hidangan pizza autentik khas negara asalnya.

"Di Italia kami tidak makan pizza setiap hari. Biasanya hanya satu atau dua kali dalam seminggu. Pizza merupakan masakan yang unik di Italia. Satu pan pizza biasanya kita habiskan sendiri, dan kita tidak membuatkan pizza," tutur Chef Marco kepada detikFood, ketika ditemui di Ristorante da Valentino yang terletak di MD Place, Jakarta (27/03).
Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Baca Juga: Serunya Belajar Bikin Pasta Orecchiette Dipandu Chef Marco

Chef asal Italia ini memang terkenal piawai dalam menghadirkan banyak sekali jenis hidangan khas Italia, salah satunya pizza klasik.

Chef Marco juga menjelaskan bahwa pada dasarnya, orang Italia gemar makan dan mereka sangat menikmati makanan. Sehingga mereka jarang menikmati pizza bersama, dan lebih suka menghabiskan satu pan pizza sendirian.

Menurut Chef Marco ada perbedaan fundamental yang membedakan pizza autentik Italia, dengan pizza dari negara lainnya. Yaitu dari topping, materi yang dipakai dan
tekstur adonan.

Baca Juga: Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef Marco
Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
"Orang Italia suka makan pizza dengan saus tomat, keju mozzarella. Terkadang kita tambahkan irisan parma ham, cotto ham, sosis italia, verdure, dan sayuran, tapi tidak pernah dengan buah. Makara pizza dengan topping nanas, bekerjsama bukan pizza berdasarkan saya," tambahnya

Di Italia sendiri kebanyakan topping pizza terdiri dari masakan asin serta gurih, dan tidak pernah memakai masakan bagus atau buah. Ini alasannya yaitu kebanyakan orang Italia, suka dengan rasa gurih.

Lebih dari 50 jenis pizza autentik khas Italia tercipta, namun Chef Marco membeberkan bahwa pizza margherita lah yang paling terkenal dari pizza autentik lainnya.

"Pizza margherita hingga kini masih terkenal di Italia. Pizza ini sangat sederhana, dan paling autentik dari semua jenis pizza. Perpaduan gurihnya keju mozzarella dan segarnya tomat, menjadi diam-diam utama dari kelezatan margherita," ungkap Chef berkebangsaan Italia tersebut.

Chef Marco pun mengajak detikFood untuk melihat secara pribadi proses pembuatan pizza margherita.
Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
"Meski terlihat mudah, tapi diharapkan pengalaman dan latihan untuk menghasilkan tekstur campuran pizza yang lembut dan tipis," jelasnya di sela-sela menciptakan pizza.

Tidak lupa Chef Marco menjelaskan, bahwa kunci dalam menciptakan pizza yaitu kecepatan, dan tidak berlebihan.

"Hanya membutuhkan waktu sekitar 5-6 menit untuk menciptakan satu pizza margherita. Toppingnya pun hanya saus tomat dan mozzarella, namun tetap enak dan gurih." pungkas chef yang juga suka pizza margherita.
Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni
Saat gigitan pertama, Anda akan merasakan lumernya lelehan keju mozzarela gurih dipadukan dengan segarnya rasa tomat. Tekstur pizzanya tipis, dengan pinggiran pizza yang renyah, cocok untuk sobat makan siang atau makan malam.

Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli ItaliaFoto: Pizza Margherita, pizza klasik Italia. detikFood/Sonia Basoni

Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba pizza autentik khas Italia. Anda dapat berkunjung Ristorante da Valentino.

Anda dapat memesan pizza Margherita, pizza Quattro Stagioni, hingga pizza Parma Rucola Porcini yang diisi dengan irisan parma ham, porcini mushroom, dan rocket salad. Mamma mia!


Baca Juga: Chef Carlo Cracco Dihujat Netizen Karena Buat Varian Pizza Margherita Baru

Post a Comment

 
Top