0 Comment
Salah satu balapan ISSOM 2017. ISSOM akan memperkenalkan balapan malam tahun ini (Istimewa/Honda)Salah satu balapan ISSOM 2017. ISSOM akan memperkenalkan balapan malam tahun ini (Istimewa/Honda)

Tangerang Selatan - Untuk pertama kalinya balapan malam dilombakan di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018. Ikatan Motor Indonesia (IMI) berkomentar soal itu. Apa kata mereka?

ISSOM 2018 akan kick-off pada 25 Maret mendatang. Bakal ada tujuh seri yang diperlombakan tahun ini yang akan tuntas pada 2 Desember mendatang.


Ada yang Istimewa dari ISSOM tahun ini yang bertepatan dengan ultah ke-25 sirkuit internasional Sentul, yakni bakal ada balapan malam yang digelar pada 18 Agustus. Rencananya ada lima kelas dipertandingkan di sana.

Bagi ABM Enterprise dan juga pengelola sirkuit Sentul, menggelar balapan sirkuit di malam hari yakni yang pertama kalinya. Maka dari itu segala risiko yang ada tentu harus diperhitungkan dengan matang, khususnya dari segi keselamatan para pebalapnya.

Maka dari itu, IMI selaku payung olahraga otomotif di Indonesia meminta ABM Enterprise dan sirkuit Sentul menyiapkan perlengkapan balapan malam dengan sebaik-baiknya.


"Sebagai regulator, kami meminta balapan malam ini tetap mengacu pada peraturan dan standar keselamatan. Risikonya balapan malam tergolong tinggi," ujar Ketua IMI, Sadikin Aksa, kepada wartawan di Titan Center, Tangerang Selatan, Sabtu (17/3/2018) malam WIB.

IMI Komentari Balapan Malam di ISSOM 2018Acara launching ISSOM 2018 di Titan Center, Tangerang Selatan (Resha Pratama/detikSport)


"Aspek safety-nya, kendaraan beroda empat harus pakai lampu. Bagian yang gelap di sirkuit juga harus ada lampu. Kami akan minta tim teknik PB IMI untuk cek ke lokasi," lanjut Sadikin.

"Soal ban sendiri tak persoalan alasannya yakni yang paling penting yakni treknya siap atau tidak. Apakah penyelenggara pakai one make tire atau tidak, itu juga tidak perlu dipermasalahkan."

Terkait balapan malam, Lola Moenek selaku General Manager Sirkuit Sentul memastikan sirkuitnya bakal ideal untuk menghelat balapan malam.

Bahkan untuk sisi penerangan, lampu yang digunakan lebih jelas ketimbang di balapan 24 Hours of Le Mans dan hanya kalah dari Singapura serta Sepang. Serta akseptor balapan malam akan menjalani tes medis lebih dulu.

IMI Komentari Balapan Malam di ISSOM 2018Balapan malam di Le Mans 24 (Ker Robertson/Getty Images)

"Tentu saja bakal ada lampu. Diperkirakan akan lebih jelas dari Le Mans. Aturan balap kendaraan beroda empat ini pakai lampu. Sepanjang sirkuit ada lampu, di tribun, paddock juga," papar Lola.

"Mereka yang ikut balapan malam harus mengikuti investigasi kesehatan. Tensi, mata, jantung, itu mutlak, dan jam terbangnya harus lebih tinggi," tutupnya.


Post a Comment

 
Top