0 Comment

Dalam melakukan berbagi macam experimen, setiap publisher pasti punya cara yang berbeda-beda.

Ada yang sekedar melakukan experimen dengan melakukan perpindahan penempatan iklan, update konten setiap hari, sampai dengan memblokir iklan tertentu yang diyakini dapat menurunkan cpc adsense.


Salah satu diantara experiment yang saya sebutkan diatas, saya pernah berexperimen dengan cara memblokir iklan yang kurang tepat dengan blog saya. Karena dirasa iklan tersebut memberikan dampak yang buruk bagi pengunjung blog ini.

Selain memberikan dampak yang buruk, iklan yang saya blokir juga saya yakini dapat menurunkan cpc adsense saya karena rata-rata iklan yang tampil adalah iklan yang kurang relevan dengan blog ini.

Meskipun experimen yang saya lakukan dapat memberikan manfaat kepada saya, tetap saja saya tidak sembarangan memblokir iklan yang tampil, karena dikhawatirkan malah terjadi sebaliknya yaitu menurunkan cpc adsense sampai berkurangnya pendapatan karena berkurangnya persaingan pengiklan.

Kalau boleh tahu iklan apa saja yang anda blokir?

Kalau anda bertanya kepada saya iklan apa saja yang saya blokir, saya hanya memblokir iklan-iklan yang saya rasa kurang relevan dengan topik blog ini. Bukan asal blokir tapi saya tahu iklan apa saja yang harus saya blokir, diiantaranya yaitu iklan yang kurang ramah untuk ditampilkan di blog manapun.

Setiap hari saya selalu memblokir iklan yang sama, diakibatkan iklan ini bermunculan dengan domain yang berbeda-beda, bahkan kabarnya iklan ini sempat masuk trending topik pembicaraan dikalangan semua publisher, karena iklan ini mempunyai ratusan situs baru setiap harinya.

Bahkan jika diblokir, iklan seperti ini pasti bermunculan lagi keesokan harinya, begitupun seterusnya hingga berlangsung beberapa minggu lamanya.

Kalau anda ingin tahu iklan apa saja yang saya blokir, anda dapat membaca postingan saya berikut: Memblokir Iklan Yang Kurang Ramah pada Akun Adsense

Kalau anda merupakan publisher lama pasti anda sudah tahu mengenai iklan yang saya maksud.

Selain kurang ramah untuk ditampilkan iklan yang kurang ramah tersebut juga terbilang sangat mengganggu, mengganggu pengunjung dan juga mengganggu publisher yang memblokirnya.

Apakah dengan memblokir iklan yang kurang relevan dengan blog kita dapat meningkatkan pendapatan adsense?

Tentu saja, namun tidak semua iklan yang bernilai rendah dapat kita blokir.

Karena meskipun experimen ini dapat menaikkan pendapatan adsense, tapi tetap saja melakukan pemblokiran iklan secara berlebihan juga dapat menurunkan pendapatan adsense karena berkurangnya persaingan pengiklan yang ingin memasang iklan di blog kita.

Jika ingin memblokir iklan, sebaiknya pilihlah iklan yang benar-benar kurang tepat untuk ditampilkan diblog sobat.

Seperti iklan yang saya maksud diatas, atau jika anda muslim anda juga dapat memblokir iklan-iklan yang kurang syar'i.

Ada Dua Cara Untuk Melakukan Experimen ini

Pertama, Berexperimen secara langsung melalui Pusat Peninjauan Iklan yang disediakan oleh Adsense.

Kedua, Berexperimen dengan menggunakan Ekstensi Google Publisher Toolbar.

Jika anda belum tahu apa itu Google Publisher Toolbar, Google Publisher Toolbar merupakan salah satu Ekstensi buatan Google yang berfungsi untuk mengelola beberapa produk Google sekaligus.

Produk Google yang saya maksud disini adalah produk yang terkait dengan Publisher Google.

Yaitu Google Adsense, Google Analytics, DoubleClick for Publisher dan DoubleClick Ad Exchange.

Untuk melakukan experimen pemblokiran iklan menggunkan Google Publisher Toolbar, anda hanya perlu mengaktifkan Akun Google Adsense pada Toolbar Penayang.

Bagi anda yang belum melakukan pemasangan Ekstensi ini, silahkan pasang terlebih dahulu melalui Chrome Webstore.

Pemasangan Ekstensi Google Publisher Toolbar pada Google Chrome

1. Setelah anda mengunjungi Chrome Webstore, silahkan lakukan pemasangan Ekstensi ini.

 Dalam melakukan berbagi macam experimen Mengontrol Iklan Adsense Melalui Ekstensi Google Publisher Toolbar pada Google Chrome

2. Setelah ditambahkan maka akan muncul ikon toolbar disebelah kanan atas, jika ikon masih berwarna hitam berarti Toolbar ini masih belum aktif karena anda belum login ke akun.

3. Silahkan klik ikon tersebut kemudian  pada pilihan Google Adsense, silahkan pilih Aktifkan.

4. Anda akan diarahkan ke halaman untuk login dengan Google, silahkan login dan berikan Akses untuk Google Publisher Toolbar pada akun Adsense anda.

 Dalam melakukan berbagi macam experimen Mengontrol Iklan Adsense Melalui Ekstensi Google Publisher Toolbar pada Google Chrome

5. Setelah anda memberikan akses maka secara otomatis ikon toolbar disebelah kanan atas akan berubah menjadi ikon berwarna biru tandanya Toolbar ini sudah dapat digunakan.

Sekarang saatnya untuk berexperimen dengan iklan yang tampil pada blog kita.

Kunjungi blog anda, lihat pada iklan adsense yang ditampilkan pada blog anda. Jika iklan adsense anda berwarna hijau berarti anda sudah bisa mengontrol iklan tersebut tanpa menyebabkan invalid klik, namun jika tidak berwarna hijau silahkan cek kembali toolbar adsense anda.

Disini anda dapat mengontrol sepenuhnya atas iklan yang tampil mulai dari melihat url pengiklan sampai dengan memblokir iklan yang tampil.

Setiap halaman anda menampilkan iklan adsense yang berbeda-beda karena biasanya menyesuaikan dengan isi topik dalam artikel anda, atau terkadang juga dapat menyesuaikan dengan minat anda.

Iklan apa saja yang harus saya blokir?

Tergantung dari iklan apa yang ditampilkan di blog anda, jika dirasa tidak ada iklan yang kurang tepat atau mengganggu pengunjung sebaiknya tidak perlu memblokir satupun iklan.

Karena fungsi dari Toolbar ini tidak hanya untuk mengontrol iklan, melainkan juga dapat mengontrol akun anda, jadi bagi anda yang sekedar penasaran untuk memasang Toolbar ini sebaiknya gunakan hanya untuk mengecek pendapatan adsense anda saja.

Untuk menggunakan Toolbar ini sebenarnya cukup mudah, jadi bagi anda yang suka bolak balik mengecek pendapatan adsense sebaiknya gunakan toolbar ini saja.

Keuntungan Menggunakan Google Publisher Toolbar

Anda dapat mengontrol 4 Produk Google sekaligus tanpa perlu masuk satu persatu melalui situs resminya, jadi selama anda login menggunakan akun Google yang sama, anda dapat menggunakan keempat produk ini.

Toolbar ini disediakan secara Gratis oleh Google bahkan disarankan oleh Google.

Mungkin cukup sekian dari artikel yang saya bahas semoga postingan Mengontrol Iklan Adsense Melalui Ekstensi Google Publisher Toolbar pada Google Chrome dapat bermanfaat khususnya untuk para publisher pemula.

Post a Comment

 
Top