0 Comment
Lewis Hamilton dalam tes pramusim F1 2018 (Foto: Dan Istitene/Getty Images)Lewis Hamilton dalam tes pramusim F1 2018 (Foto: Dan Istitene/Getty Images)

Jakarta - Gelaran F1 2018 akan segera bergulir. Mesin-mesin jet darat akan kembali meraung dalam seri balapan GP Australia pada simpulan pekan.

Balapan F1 isu terkini ini akan menghadirkan total 21 balapan sepanjang musim, diawali di Melbourne, Australia dan berakhir di Yas Marina, Abu Dhabi pada 25 November mendatang.

Sebanyak 20 pebalap hadir di lintasan untuk bersaing memperebutkan sepuluh posisi, zona angka, di setiap simpulan pekan balapan untuk menjadi kampiun di simpulan isu terkini nanti. Lewis Hamilton akan hadir sebagai juara bertahan.


Mercedes, timnya Hamilton, sudah menjadi kekuatan mayoritas sejak F1 beralih ke mesin V6 hybrid pada 2014 sesudah empat isu terkini beruntun menyabet gelar juara dunia konstruktor dan pebalap (tiga Hamilton dan satu Nico Rosberg).

Jika bisa melanggengkan dominasinya tersebut, Mercedes akan menyamai rekor pencapaian lima kali beruntun dari Ferrari (2000-2004). Belum pernah ada yang bisa melakukannya enam isu terkini berturut-turut.

Hasil tes pramusim mengindikasikan Mercedes, yang diperkuat Hamilton dan Valtteri Bottas, akan kembali jadi tim terdepan. Tapi Tim Prinsipal Mercedes Toto Wolff sudah memprediksi adanya persaingan tiga tim dalam memperebutkan gelar juara dunia kali ini.

Selain Mercedes, Wolff menyebut nama Ferrari (Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen) dan Red Bull (Daniel Ricciardo dan Max Verstappen) sebagai dua tim lain yang ia yakini mempunyai kemampuan untuk bersaing di posisi teratas.


Tepat atau tidaknya prediksi itu gres akan mulai terlihat dalam balapan simpulan pekan ini, walaupun hasil di isu terkini kemudian memang mengindikasikan bahwa para pebalap dari ketiga tim itulah yang punya kemampuan berebut podium teratas.

Untuk isu terkini ini, cuma ada dua rookie murni di lintasan F1. Mereka ialah Sergey Sirotkin (Williams) dan Charles Leclerc (Alfa Romeo Sauber F1). Ada pula nama Pierre Gasly dan Brendon Hartley (Toro Rosso) yang akan menjalani isu terkini penuhnya di F1.

Mengenai GP Australia sebagai seri balapan pembuka, situs formula1.com sudah merangkum sejumlah statistik berikut:

- Hamilton menjalani balapan nanti dengan rentetan meraih poin di 25 balapan beruntun, terpaut dua balapan dari rekor sepanjang masa Kimi Raikkonen.

- Jika naik podium, Vettel akan menjadi pebalap keempat dalam sejarah F1 yang mengoleksi 100 finis podium. Sebelumnya ada nama Hamilton, Michael Schumacher, dan Alain Prost.

- Sebuah tim yang bisa finis satu-dua di Melbourne selalu bisa terus melaju memastikan gelar juara dunia konstrukstor di simpulan musim.

- Dari delapan balapan terakhir di Melbourne, cuma dua di antaranya yang dimenangi dari posisi pole. Pada tahun 1999, Eddie Irvine bahkan meraih kemenangan sesudah start dari posisi ke-11.

- Waktu putaran yang dicatatkan Michael Schumacher di Melbourne, 1 menit 24,125 detik pada 2004, masih menjadi rekor walaupun diprediksi akan pecah isu terkini kemudian berkat adanya kendaraan beroda empat yang lebih kencang.

- Bottas membidik hat-trick posisi pole untuk kali pertama dalam kariernya, sesudah start pertama di Brasil dan Abu Dhabi simpulan isu terkini lalu.

- Raikkonen belum pernah lagi memenangi seri balapan sejak melakukannya pada GP Australia 2013.

- Sejak Austrailia masuk kalender F1 pada 1985, belum pernah ada pebalap Australia yang naik podium. Pada 2014, Daniel Ricciardo nyaris melaksanakan hal tersebut sebelum risikonya kena diskualifikasi. Posisi finis keempat ialah hasil terbaik sejauh ini, dengan Mark Webber meraihnya pada 2012 dan Ricciardo pada 2016.

Balapan F1 2018:

25 Maret - GP Australia, Melbourne
8 April - GP Bahrain, Sakhir
15 April - GP China, Shanghai
29 April - GP Azerbaijan, Baku
13 Mei - GP Spanyol, Barcelona
27 Mei - GP Monaco, Monaco
10 Juni - GP Kanada, Montreal
24 Juni - GP Prancis, Le Castellet
1 Juli - GP Austria, Spielberg
8 Juli - GP Inggris Raya, Silverstone
22 Juli - GP Jerman, Hockenheim
29 Juli - GP Hongaria, Budapest
26 Agustus - GP Belgia, Stavelot
2 September - GP Italia, Monza
16 September - GP Singapura, Singapore
30 September - GP Rusia, Sochi
7 Oktober - GP Jepang, Suzuka
21 Oktober - GP Amerika Serikat, Austin
28 Oktober - GP Meksiko, Mexico City
11 November - GP Brasil, Sao Paulo
25 November - GP Abu Dhabi, Abu Dhabi


-------

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom, dengan mengikuti survei ini

Post a Comment

 
Top