0 Comment
Beberapa waktu yang lalu saya pernah ditanya oleh salah seorang teman saya di whatsapp, ia menanyakan perihal get money with facebook. Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Facebook?


Jujur saja, saya nggak bisa langsung menjawabnya, karena pertanyaan seperti ini mengandung jawaban yang sangat luas. Artinya banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari facebook, dan cakupannya juga luas.

Karena pertanyaan seperti ini sangat sering diajukan, akhirnya saya memutuskan untuk membuat tulisan seperti ini. Mungkin kedepannya jika ada yang bertanya demikian, saya cukup memberikan link ke postingan ini.

Sebelum kita membahas get money with facebook, kita bahas dulu:

Apakah facebook benar-benar bisa menghasilkan uang?

Bisa, tapi sayang banyak yang salah paham mengenai hal ini dan menyangka bahwa akun facebook bisa menghasilkan uang, alhasil ia berharap hanya dengan memilik akun facebook saja ia bisa mendapatkan uang. Itu salah besar!
Facebook tidak memberikan uang dengan cara demikian!

Kalau menghasilkan uang dari facebook cukup dengan punya akun saja, saya sudah pasti membuat banyak akun facebook.

Jika ada orang yang bisa menghasilkan uang yang katanya dari facebook mungkin kebanyakan itu bukan dari facebook, melainkan dari cara yang ada sangkut pautnya dengan facebook. Maksudnya, bisa saja ia menggunakan facebook sebagai media promosi.

Jadi facebook tidak pernah memberikan uang kepada kita, selama saya menggunakan facebook saya tidak pernah menghasilkan uang dari facebook.

Setahu saya, facebook hanya akan memberikan uang apabila kita bergabung dengan program miliknya, yaitu Instant Article, selain itu kita juga harus punya domain dan hosting sendiri. Tentunya dengan biaya modal yang tidak sedikit.

Lantas, bisnis apa saja yang katanya bisa menghasilkan uang lewat facebook?

Memang ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari facebook, karena sangking banyak pilihannya, sampai-sampai banyak orang yang dibuat bingung dengan pilihan itu sendiri, belum lagi ia tidak tahu dengan bagaimana cara memulainya.

Saya akan memberikan 3 bisnis apa saja yang bisa menggunakan facebook sebagai media promosi. Bisnis ini sudah terbukti menghasilkan uang!

1. Menjual Suatu Produk atau Jasa melalui Akun Facebook.

Tentunya ini sudah tidak asing lagi kan? pasalnya banyak orang yang menjalankan cara ini, bahkan cara ini banyak sekali dipakai oleh para pemula yang ingin mempromiskan produknya melalui akun facebooknya.

Namun sangat disayangkan banyak yang gagal dalam hal ini, artinya ia hanya spam sana sini yang berujung pada blokir pada akun facebooknya. Facebook sangat melarang penggunanya untuk melakukan spam.

Agar tidak dianggap spam oleh facebook, caranya adalah tidak sering-sering menampilkan link keluar dimana-mana. Facebook sangat rentan dengan link keluar, bahkan saya pernah diblokir oleh pihak facebook hanya dengan menampilkan link keluar di dua komentar fanspage facebook terbesar.

Adapun cara yang lain, yaitu membuat fanspage yang dikhususkan untuk menjual produk. Atau kalau punya banyak modal bisa menggunakan jasa Facebook Ads. Facebook Ads adalah layanan periklanan milik facebook.

2. Bergabung dengan Instant Article/Ads Network

Jika sebelumnya anda belum pernah mendengar tentang Instant Article, atau belum pernah memiliki blog sama sekali, saya sarankan untuk tidak mengikuti program ini, karena terlalu sulit untuk pemula. Kecuali apabila anda sudah ahli dalam bidang menulis dan blogging anda boleh bergabung dengan Instant Article.

Keuntungan yang didapat dari Instant Article cukup menggiurkan. Sama halnya seperti Program PPC Terkenal seperti Google Adsense, dan yang lebih menariknya, kita bebas menebar link-link tanpa terkena spam. Tapi tentu ada syaratnya.

Salah satu syaratnya yaitu, kita hanya boleh menebar link-link ke fanspage yang sudah kita daftarkan saja. Apabila menebar link ke sembarangan tempat tentu bisa dicap spam oleh pihak facebook yang berujung pada pemblokiran akun.

Jika anda ingin bergabung dengan Instant Article, anda harus punya blog sendiri. Bukan blog dari blogspot, melainkan blog yang dihosting sendiri. Untuk membangun sebuah blog yang dihosting sendiri tentu harganya tidak murah, dan juga tidak ada jaminan untuk berhasil.

3. Bergabung dengan Program Marketplace Facebook

Marketplace adalah cara terbaru untuk menghasilkan uang dari facebook dengan cara berjualan online. Siapapun bisa menghasilkan uang dari facebook dengan cara ini, tak terkecuali pemula sekalipun.

Sebelumnya saya pernah membuat postingan mengenai marketplace, untuk anda yang ingin membacanya silahkan mampir dimari: Kabar Gembira, Facebook Marketplace Kini Sudah Rilis di Indonesia

Cara kerja dari marketplace tidak jauh beda dengan OLX/Tokobagus. Jika anda pernah menggunakan OLX untuk bisnis, anda tidak akan kesulitan lagi untuk menggunakan marketplace ini, karena caranya hampir sama dengan OLX.

Apa yang bisa kita lakukan dengan Marketplace?

Marketplace mengijinkan kita untuk menjual suatu barang, baik barang bekas maupun barang baru. Barang yang kita jual nantinya akan ditargetkan ke orang-orang terdekat, sehingga apabila mendapatkan pembeli, pembelinya pasti tidak akan jauh dari tempat kita.

Seperti pada slogan OLX yang mengatakan Jual Cepat Beli Dekat, kira-kira seperti itu.

Min, kenapa postingannya nggak dijelaskan secara rinci aja?

Sebenarnya saya ingin menjelaskan secara rinci dari ketiga contoh yang saya sebutkan diatas, hanya saja saya tidak mampu melakukannya mengingat ilmu saya masih jauh dari kata sempurna. Saya hanya bisa menjelaskan salah satu dari ketiga contoh diatas.

Saya hanya mampu menjelaskan sesuatu apabila saya sudah berpengalaman, jika saya belum berpengalaman rasanya saya tidak mungkin bisa menjelaskannya.

Mungkin cukup sekian dari postingan 3 Bisnis Online Yang Bisa Dijalankan Melalui Facebook semoga dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Post a Comment

 
Top