0 Comment
Komputer Windows 10. Foto: Drew Angerer/Getty ImagesKomputer Windows 10. Foto: Drew Angerer/Getty Images

Jakarta - Raksasa e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, makin serius dalam berupaya untuk bersaing dengan Microsoft sebagai penyedia ajudan digital di perangkat PC.

Amazon mengumumkan empat desain perangkat terbarunya sebagai bentuk keseriusan mereka dalam mengintegrasikan ajudan virtual miliknya, yaitu Alexa, ke dalam PC. Seluruh desain tersebut diklaim telah menjalani sejumlah tes dan sudah merupakan versi final.

Seluruh desain tersebut akan mempunyai susunan mikrofon yang sanggup menangkap bunyi dalam jarak jauh sehingga Alexa bisa mendengar bunyi penggunannya dari aneka macam sudut ruangan. Selain itu, perangkat PC itu akan didukung dengan sistem operasi Windows 10 dan prosesor dari Intel.



Dalam memproduksinya, Amazon tidak melakukannya secara langsung. E-commerce raksasa ini menggaet tiga perusahaan manufaktur asal Taiwan, yaitu Wistron, Compal, dan Quanta sebagai produsen komputer dan laptop tersebut, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Kamis (7/6/2018).

Wistron akan kebagian memproduksi all-in-one PC dengan layar kualitas 4K berukuran 27 inch. Selain itu, terdapat juga empat mikrofon, dua speaker stereo, serta webcam dengan kualitas 1080p yang dilengkapi sensor infrared.

Bukan cuma itu saja, perusahaan yang berkantor sentra di Taipei tersebut juga akan menciptakan notebook convertible 15,6 inch dengan layar sentuh kualitas 4K. Perangkat tersebut juga dilengkapi dengan webcam kualitas HD, empat mikrofon, dua speaker stereo, serta ketahanan baterai sampai delapan jam.

Untuk Compal, mereka akan menciptakan notebook convertible 15,6 inch dengan layar sentuh kualitas 4K yang dilengkapi dengan kamera infrared, pemindai sidik jari, sebuah stylus, empat mikrofon digital, dan dua stereo speaker. Amazon mengklaim bahwa perangkat tersebut cocok untuk mobile gaming dengan ketahanan baterainya yang sanggup mencapai 13 jam.

Sedangkan Quanta akan menciptakan notebook convertible dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu 14 inch, namun tetap mengusung layar kualitas 4K walau minus fitur touchscreen. Dilengkapi dengan pemindai sidik jari, empat mikrofon digital, dan dua stereo speaker, notebook ini mengedepankan ketahanan baterainya yang sanggup mencapai 18 jam.



Sebelumnya, Amazon mengumumkan bahwa Alexa akan hadir di perangkat PC berbasis Windows 10 pada awal Januari kemudian untuk menantang ajudan digital milik Microsoft, yaitu Cortana. Karena Alexa masih seumur jagung dalam terjun ke PC, belum banyak perangkat terkait yang mendukung ajudan virtual tersebut.

Meski begitu, beberapa vendor menyerupai HP, Lenovo, Asus, dan Acer telah berencana merilis perangkat berbasis Windows 10 miliknya, baik itu berupa laptop maupun desktop,yang sudah terintegrasi dengan Alexa. Lenovo bisa dibilang menjadi yang terdepan alasannya yakni sudah merilis notebook Yoga 730 dengan Alexa tertanam di dalamnya, walau masih ditemani oleh Cortana.

Tonton juga 'Predator Helios 500 Resmi Rilis di Indonesia' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top