0 Comment
Sean Gelael bareng timnya Prema Racing (dok.Sean Gelael)Sean Gelael bareng timnya Prema Racing (dok.Sean Gelael)

Abu Dhabi - Sean Gelael demam isu depan akan memperkuat tim Prema Racing di ajang F2. Sean punya kiprah untuk tampil sepakat demi memuluskan jalan ke F1.

Musim depan yaitu tahun ketiga Sean berlaga di F2 sehabis sebelumya bersama Carlin dan Arden. Bergabung dengan Prema yang pebalapnya, Pierre Gasly, menjadi juara F2 demam isu ini, tentu jadi laba sekaligus beban bagi Sean.

Sean bakal punya tim yang kompetitif sehingga beliau bisa memaksimalkan kemampuannya di atas lintasan. Di satu sisi, Sean akan dibebani untuk selalu tampil sepakat di setiap balapannya.

Akhir pekan ini, Sean akan menjalani ujicoba pertamanya bareng Prema Racing. Berikut petikan wawancara dengan bos Prema, Rene Rosin, dalam rilis kepada detikSport

Apa perasaan Anda perihal bekerja sama dengan Sean tahun depan?

Tahun depan kita akan mempunyai kendaraan beroda empat baru, dan mempunyai pebalap yang berpengalaman bisa menjadi pilihan yang tepat. Melihat Sean, dan bagaimana penampilannya di empat latihan bebas F1, beliau sama sekali tidak mengalami masalah. Saya pikir kita bisa membantu mendapatkan hasil yang baik , dan itu yaitu pecahan dari keputusan.

Dia orang yang baik, kami mengenalnya semenjak Formula 3, kami sangat erat di balapan yang sama, tahun 2014 di F3, dan kami saling mengenal lebih jauh ketika kami mempunyai Antonio Giovinazzi, yang telah didukung oleh ayah Sean. Tetapi mulai demam isu depan kita akan bersama sama dan itu yang terpenting.

Di antara mantan juara Prema, Pierre Gasly sudah berada di F1 dan Charles Leclerc juga dalam perjalanan. Apa artinya itu bagi Sean?

Ini yaitu pecahan dari agenda kami untuk berhubungan yang baik dengan para pembalap, dan kami ingin memperlihatkan kepadanya kemampuan terbaik kami. Dia sangat termotivasi oleh tantangan gres ini lantaran tiba ke tim juara dua tahun terakhir dan itu niscaya merupakan tantangan. Dia akan bisa menerimanya, beliau akan siap melaksanakan itu, dan mulai ahad depan kami berkonsentrasi untuk berkerja bersama.

Seberapa relevan pengalaman Sean demam isu ini sebagai pebalap tes di F1 untuk perannya di F2 demam isu depan?

Hal yang niscaya yaitu pengalamannya dengan kendaraan beroda empat yang lebih besar dan lingkungan yang lebih besar. Ini yaitu pecahan dari proses, tapi saya ingin beliau lebih berkonsentrasi pada Formula 2 tahun depan, terutama di awal. Pengalaman baik dengan tim F1 yaitu sesuatu yang sangat penting.

Menurut Anda, apakah hal tersebut bisa membantu Sean mengakomodasi dirinya di lingkungan yang lebih profesional?

Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tujuan saya tahun depan untuk menciptakan kemajuan dan memaksimalkan Sean. Saya akan melaksanakan yang terbaik untuk menciptakan dirinya tampil anggun di F2.

Apa kekuatan dan kelemahan Sean Gelael?

Kami belum mengenal (karakternya) lebih dalam, tapi jikalau kita melihat apa yang beliau lakukan dalam testing (dan free practice) bisa dikatakan beliau telah melaksanakan pekerjaan dengan sangat baik , perlu kecepatan untuk mengemudi (F1). Berbicara dengan beberapa orang F1, semua orang mengatakan, beliau melaksanakan pekerjaan dengan baik. Tentu saja beliau berada di bawah sedikit tekanan, tapi ini yaitu pecahan dari pekerjaan kami untuk memudahkan kesulitannya, dan fokus untuk memperlihatkan hasilnya.

Pasti akan menjadi tantangan, apabila kita melihat hasil, kita bisa berharap dari Sean, tapi di sisi lain, saya pikir di lingkungan tim yang tepat, beliau akan bisa melaksanakan dengan lebih baik. Kita perlu memulai selangkah demi selangkah dan tidak menargetkan eksklusif menang ,cukup kita lihat akibatnya kemudian membangun kepercayaan dirinya, dan semuanya ada tahapan. Itu pecahan dari pekerjaan saya.

Prema Racing Soal Sean dan Harapan di Musim 2018Foto: dok.Sean Gelael

Sudah berapa usang anda mengikuti karir Sean Gelael? Apakah Anda sudah mempunyai rencana lebih spesifik kepada Sean untuk mencapai target?

Pertama-tama, saya perlu membuatnya merasa nyaman dengan orang-orang yang bekerja di lingkungan nya . Kita harus bisa memperlihatkan rasa yang nyaman dan lingkungan di dalam tim mendukung dan kami akan memperlihatkan hal itu. Saya ingin mengenal Sean lebih dalam, saya ingin mengerti kepribadiannya. Inilah sebabnya mengapa membangun relasi antara beliau dan tim menjadi hal yang sangat penting

Tapi apakah Anda melihat adanya potensi di dalam diri Sean?

Setiap pembalap yang mencapai level ini niscaya punya potensi. Kami mencoba melaksanakan yang terbaik dan kemudian kita akan lihat. Jika pada selesai tahun kita mendapatkan hasil yang baik, saya akan sangat bahagia. Apabila terjaji suatu kesalahan maka kita perlu duduk bersama orang-orang dan mencoba memahami apa yang terjadi. Saya benar-benar termotivasi dan sangat menantikan untuk bekerja sama dengan Sean.

Jika tim Formula Satu ibarat Toro Rosso memberinya kesempatan untuk melaksanakan Free Practices, ini menerangkan bahwa Sean mempunyai potensi yang baik. Setuju?

Benar sekali! Hari ini uang yaitu hal yang penting dan di Formula 1 anda akan memerlukan untuk mendapatkan kesempatan tapi Anda tidak akan mendapatkan kesempatan jikalau Anda tidak mempunyai potensi. Karena jikalau Anda tidak mempunyai potensi, orang orang di F1 tidak akan membiarkan Anda menyetir kendaraan beroda empat mereka.

Sean telah memperlihatkan banyak hal perihal potensinya, jadi kiprah kita yaitu membangun lingkungan yang baik disekitarnya dimana kita akan dan bisa bekerja sama dengan baik.

Sean sangat mengesankan ketika balapan di Monza, ketika beliau balapan dalam kondisi yang sangat sulit dan lembap serta start dari baris belakang. Apakah ini juga merupakan menerangkan untuk potensi nya di kemudian hari ?

Musim kemudian di Spielberg (GP Austria) beliau finis di podium, jadi sudah jelas, ketika beliau di depan, beliau tahu apa yang harus dilakukan. Saya sama sekali tidak khawatir, kita hanya perlu santai, menciptakan suasana nyaman di sekitarnya, membuatnya nyaman, dan dari titik itu kita sanggup memulai pekerjaan.

Mark Webber juga menyampaikan bahwa pada awalnya sulit baginya untuk bertarung dalam persaingan dengan kendaraan beroda empat yang kurang kompetitif, namun ketika ia mendapat kendaraan beroda empat bagus, ia eksklusif bertarung memperebutkan kejuaraan dunia.

Saya tidak bisa menyampaikan apapun perihal kendaraan beroda empat lain yang dikendarai oleh Sean, tapi saya tahu apa yang bisa diberikan oleh Prema dan tawarkan kepadanya. Kita hanya perlu membuatnya nyaman di lingkungan kita, dan semenjak ketika itu, mulailah pekerjaan.

Apakah Anda berpikir bahwa memberi lingkungan yang sempurna dan nyaman yaitu pecahan terpenting dari keseluruhan balapan ini ini?

Yang pasti, anda perlu punya kendaraan beroda empat anggun dan pembalap bagus. Jika lingkungannya tidak baik, pembalap merasa tidak nyaman, mereka tidak bisa memberi 100, tapi hanya 80 persen. Ini tidak cukup untuk mendapatkan hasil terbaik pada level balapan ini.

Apakah Sean bisa bekerja keras untuk sukses?

Kita perlu bekerja sama, tapi beliau sudah memperlihatkan bahwa beliau bisa melaksanakan pekerjaan itu. Kaprikornus saya konkret dan yakin akan hal itu.

Apakah Anda siap bahwa tim Anda menjadi terkenal di Indonesia?

Tentu saja saya tahu kita akan populer, tapi saya hanya fokus pada balap. Popularitas bukan hal yang utama untuk saya. Hal yang fundamental yaitu sayaingin mempertahankan dapat dipercaya Prema sebaik mungkin, dan saya yakin kita bisa melakukannya dengan Sean.

Tampaknya Anda harus menjadi bukan hanya bos tim, tapi semacam psikolog atau sosok ibarat ayah lantaran orang-orang di Prema masih berusia muda?

Salah satu pecahan terpenting dari pekerjaan kita yaitu menciptakan orang-orang bekerja bersama dengan cara yang nyaman. Ini bukan hanya perihal mengantarkan kendaraan beroda empat balap terbaik tapi juga untuk menghadirkan lingkungan yang sempurna bagi pengemudi. Itulah pecahan terbesar dari pekerjaan kami dan saya pikir di sinilah perbedaannya dibandingkan dengan tim lain.

Seperti yang Anda sebutkan sebelumnya, F2 akan memakai kendaraan beroda empat gres di demam isu 2018. Kapan F2 akan mengirimkan kendaraan beroda empat gres dan apa rencana anda untuk pengujian?

Kami menunggu informasi dari FIA F2. Yang pasti, kita harus mulai melaksanakan pengujian pada bulan Maret, ibarat yang sudah berjalan dan saya pikir kita akan mempunyai enam hari pengujian. Tergantung kapan mereka memperlihatkan kendaraan beroda empat tetapi niscaya segera dan mungkin di hari-hari pertama tahun depan. Dari situ, kita akan menggarap persiapan demam isu 2018.

Apakah akan menjadi pra-musim sibuk bagi Anda?

Beberapa bulan pertama akan sulit, tapi ini yaitu pecahan dari pekerjaan kami. Ketika kami memasuki kejuaraan tahun lalu, kami telah mengumpulkan bahan dari Lazarus pada tanggal 7 Januari dan hanya dalam waktu dua bulan kami siap untuk tes resmi pertama di Barcelona.

Akhirnya, kami harus bertanya perihal beberapa komentar negatif di media umum sehabis pengumuman perihal Sean. Apakah Anda mempunyai pesan untuk para penggemar yang mengkritik pilihan Prema?

Media sosial ketika ini merupakan pecahan penting dunia. Sebelum menciptakan keputusan, kami menunggu dan banyak berpikir. Saya harus melaksanakan pekerjaan saya dengan cara sebaik mungkin dan ini berarti jikalau saya mengikuti apa yang sedang terjadi di media umum atau media, saya harus mengubah pekerjaan saya. Itu saja!

Lagi pula, kami mendapat komentar negatif juga di masa lalu, contohnya ketika Lance Stroll bergabung. Kami membantunya untuk tiba ke Formula Satu dan kami sangat besar hati padanya dan saya sanggup menyampaikan bahwa beliau yaitu salah satu yang terbaik yang pernah bergabung dengan kami. Menurut saya penting untuk mengikuti apa yang orang katakan di media sosial, tapi kita harus fokus pada pekerjaan kita yaitu membantu memperbaiki performa pembalap.

Apakah itu berarti bahwa jikalau lingkungannya bagus,akan kuat kepada apa yang akan anda lakukan dan mencapai target?

Kerja keras pembalap dan ti lah yang akan membawa menuju kesuksesan. Itulah hal utama. Pembalap perlu bekerja banyak, dan jikalau seorang pembalap mempunyai kekuatan finansial dari ayahnya, beliau harus menghadapinya. Jangan lupa, ini yaitu olahraga yang perlu pendanaan. Olahraga ini bukan olahraga yang tanpa modal. Kita hanya perlu berkonsentrasi pada pekerjaan dengan pembalapnya dan mewujudkannya.


Post a Comment

 
Top