0 Comment
Ilustrasi (Foto: GettyImages)Ilustrasi (Foto: GettyImages)
Jakarta - Seorang peneliti keamanan menemukan keylogger tersimpan dalam software yang terdapat dalam lebih dari 460 jenis laptop Hewlett Packard (HP).

Nama peneliti keamanan itu yaitu Michael Myng. Menurutnya, keylogger tersebut memang tak pribadi aktif. Namun, tetap saja akan mengganggu privasi penggunanya dikala ada orang jahat yang memiliki susukan fisik ke laptop tersebut.

Myng sendiri menemukan duduk perkara ini dikala sedang mencari pengaturan backlight keyboard di sebuah laptop HP. Keylogger ini disembunyikan dalam driver keyboard SynTP.sys yang dibukanya memakai IDA, demikian dikutip detikINET dari Tech Crunch, Rabu (13/12/2017).

Ada beberapa baris instruksi di dalam software driver tersebut yang terlihat menyerupai keylogger yang disembunyikan. Sebagai informasi, keylogger yaitu jadwal yang sanggup merekam setiap ketikan yang dilakukan pada sebuah keyboard.

Untungnya, berdasarkan Myng, pihak HP cepat merespon informasi darinya. Ketika Myng memberi tahu duduk perkara ini ke HP, pabrikan itu pribadi mengkonfirmasi duduk perkara ini (yang sebetulnya yaitu sebuah debug trace) dan merilis pembaruan software yang menghapus keylogger itu.

Post a Comment

 
Top