0 Comment
Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Menyimpan teh dengan sempurna merupakan hal yang penting, lantaran sanggup mempengaruhi aroma dan rasa. Untuk jaga kualitas teh, simpan teh di kawasan yang tepat.

Teh memang sudah menjadi satu kepingan yang sulit untuk dipisahkan dari rutinitas sehari-hari. Meski sering dianggap sepele, tapi kawasan menyimpan teh pun tidak sanggup sembarangan.

Jika teh disimpan di sembarang tempat, rasa dan aroma bis aberubah bahkan sanggup sebabkan teh menjadi basi. Untuk itu penting mengetahui, kawasan apa saja cocok untuk menyimpan teh.

Baca Juga: Proses dan Penyimpanan Pengaruhi Warna dan Kualitas Teh Hijau

Dilansir dari Teavivre (26/18), berikut ini cara sempurna untuk menyimpan teh.

1. Tempat gelap

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Hindari menyimpan teh yang terkena paparan sinar matahari atau cahaya secara langsung, apalagi menaruh teh dalam stoples kaca. Selalu simpan teh Anda dalam ruangan atau kawasan yang gelap. Karena sinar UV dari matahari akan menurunkan kualitas teh dengan sangat cepat. Matahari juga sanggup menghilangkan rasa dan aroma teh.

2. Kedap udara

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Udara yaitu salah satu penyebab yang menciptakan kualitas teh menurun. Aliran udara di sekitar daun teh yang tersimpan meningkatkan kemungkinan daun teh akan menyerap kelembaban dan anyir tak sedap dari udara. Hindari meninggalkan teh sampai kering, sebaiknya simpan daun teh dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

3. Tempat sejuk

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Selalu simpan teh di kawasan yang sejuk dan tidak panas. Pemamaparan udara panas dengan segera merusak kualitas teh. Hindari menyimpan teh di kawasan yang panas, menyerupai di kawasan yang terkena paparan sinar matahari atau akrab kompor. Panas sanggup menurunkan kualitas teh, menghilangkan rasa dan aroma, sampai menciptakan daun teh menjadi lembab.

4. Jauhkan dari anyir tak sedap

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Bau tak sedap, atau aroma yang tajam sanggup mempengaruhi kualitas teh. Ini lantaran teh sangat rentan terhadap bau, terutama untuk jenis teh hijau menyerupai Jasmine Dragon Pearl. Daun teh dengan gampang menyerap wangi. Agar daun teh tidak menyera anyir yang tidak sedap, sebaiknya hindari menyimpan teh di akrab kawasan sampah, lemari es, atau wilayah lainnya yang mengandung anyir aneh.

5. Simpan di kawasan kering

Jangan Simpan Teh Sembarangan, Ini 5 Cara Benar Menyimpan TehFoto: Istimewa

Menyimpan teh dalam kawasan atau ruangan yang lembabpdapat merusak keseluruhan teh. Daun teh mempunyai tekstur yang kering sehingga dengan gampang menyerap kelembaban dari udara dengan sangat cepat. Oleh lantaran itu, simpan daun teh di kawasan yang kering. Hindari juga menyimpan teh, di kawasan yang menghasilkan uap, menyerupai di samping air mendidih, wastafel, sampai lemari es.

Baca Juga: Punya Bubuk Matcha? Simpan dengan Cara Ini Agar Bubuk Nutrisinya Tetap Terjaga

Post a Comment

 
Top