0 Comment
Bismillahirrahmanrrahim.....

Sebenarnya ini postingan yang sudah usang banget ngadem di draft, tapi belum juga sempat diposting. Nah, daripada dibuang sayang mending diteruskan dan ditayangkan saja. Semoga bermanfaat! 😀


Awalnya aku ragu dikala teman dongeng bahwa ia mencuci pakaian sehari-hari keluarganya tanpa menggunakan detergen! Apalagi katanya ia juga mencuci popok anaknya, tepatnya clodi juga tanpa menggunakan detergen. Hiyaaa, dalam hati aku bertanya: heeee, emang dapat gitu? Mencuci dengan detergen saja kadang masih apek, harus pake pewangi pula klo sedang demam isu hujan. Apalagi mencuci clodi tanpa detergen, emang bisa? Kan kadang wangi pesing bekas pipis kan masih sering tertinggal walau sudah dibilas sebelum dikucek pake detergen. Ini koq katanya dapat nyuci itu semua tanpa detergen? 😏

Hooo, ingin tau dong saya. Lalu aku tanya deh apa diam-diam ia mencuci pakaian dan clodi anaknya itu. Eng ing eng ternyata jawabannya ialah ia menggunakan laundry ball, ecowash. Katanya dengan barang ini ia dapat menghemat alasannya pemakaiannya dapat lebih dari 1000 kali mencuci, disamping itu ramah lingkungan pula alasannya mengurangi penggunaan detergen. Makara katanya sih, ia juga kadang masih tetap pakai detergen tapi dengan jumlah yang lebih sedikit dari dosis normal biasanya. Artinya dengan menggunakan laundry ball ini kita juga ikut berkobtribusi untuk keberlangsungan hidup bumi ini. 

Iyah, alasannya ternyata yah bahwa penggunaan detergen itu dapat mengganggu ekosistem di muka bumi ini. Sebagai orang yang katanya bekerja di bidang lingkungan khususnya gosip terhadap pembiasaan perubahan iklim, aku juga mau dooong turut serta berpartisipasi untuk menjaga alam. Yah, mungkin dengan mulai kini mulai mengurangi pemakaian detergen itu. 


Mulailah juga aku untuk mencoba menggunakan ecowash itu. Tentu saja dengan mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera di brosurnya. Sebelum pakaian aku masukkan ke dalam mesin basuh aku rendam terlebih dahulu selama kurang lebih setengah jam. Sempat kaget juga waktu lihat hasil rendaman yang keruh itu padahal biasanya kan klo merendam dengan air saja sisa kotoran yang melekat di baju akan keluar sedikit saja. Saya cium baunya pun ga ada yang berubah masih sama saja dengan air biasa. Selanjutnya aku pun memulai proses mencuci, pada pemakaian awal aku coba deh tanpa menggunakan detergen dan woow sehabis mencuci aku lihat hasilnya, air cucian jadi keruh, artinya kotoran juga jadi terangkat dong yah? Wah manis juga nih, kemudian sehabis proses basuh final lanjut menjemur dan sehabis kering akhirnya pun sama saja dengan menggunakan detergen, gak ada apek juga malah terlihat fresh dan gampang dilipatnya.


Masih ingin tau dengan si ecowash yang katanya juga manis dipakai untuk mencuci clodi, aku pun bergegas untuk mencoba mencuci tumpukan clodi Faraz hari itu. Biasanya aku rendam dulu pakai detergen para clodi yang sudah dibilas di bawah air kran. Seringnya emang ditumpuk dulu, semoga sekalian aja nyucinya, biasanya klo Faraz bobo pribadi deh cuuzz cek-kucek.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Ecobum

Nah alasannya ceritanya mau coba keefektifan si bola gila - laundry ball ini, aku pun hanya merendam tumpukan clodi yang sudah dibilas dengan air kran saja tanpa menggunakan detergen lagi, cukup dengan laundry ball sebagai penggantinya. Karena laundry ball ini emang bukan detergen jadi aroma rendaman gak ada perubahan, tetap aja ibarat merendam pake air. Eh tapi, wangi pesing dapat hilang lho sehabis si clodi direndam dengan laundry ball itu. Cukup kucek-kucek aja lagi, kemudian lanjut bilas. Karena bukan detergen, jadi busa pun tak ada. Bisa hemat air, tidak meninggalkan residu dan tidak merusak lingkungan juga. Jadi, si bola basuh gila ini secara tidak pribadi dapat menggantikan fungsi dari detergen sebagai pencuci. 

FYI nih yah, klo residu atau ampas (sisa) zat kimia yang terkandung dalam detergen itu dapat merusak lingkungan - ekosistem air. Iyah, aku juga gres tahu itu dari hasil baca sana sini dari banyak sekali sumber. Coba aja search dengan keyword: "bahaya residu detergen".

Setelah tahu fungsi dan cara kerja si laundry ball, si bola basuh gila itu jadi lebih hemat penggunaan detergen doong. Yaay, berhubung kini punya baby lagi aku pun mulai keluarin lagi stock clodi dan tentunya basuh para clodi dengan si bola gila dong. Ohya, klo bayi kan hampir tiap ganti popok itu niscaya ada pupnya kan ya? So niscaya lah si pup itu nempel di clodi, tembus ke insertnya juga dong yah. Makara perlu tenaga extra untuk kucek-kucek. Aahaa, untungnya ada ecostick, stick gila yang dapat menghilangkan kotoran. Makara penggunaannya itu ibarat penghapus pensil, cukup digosok dikit ke belahan yang kotor, kucek dikit, hilang deh. Wanginya pun juga harum alami loh alasannya terbuat dari materi alami yang pastinya ramah lingkungan. Tidak hanya itu saja sih, si Ecostick ini pun juga aku gunakan untuk mencuci baju seragam Kakak yang sering banget ketumpahan susu coklat lho, daan yeaay berhasil hilang itu noda coklat bekas susu hanya dengan menggunakan ecostick.

Overall, dua benda gila ini recommended bangetlah sebagai penolong mamak-mamak untuk urusan cuci-mencuci. Selain ampuh untuk membersihkan noda, ecowash dan ecostick itu hemat dan pastinya juga ramah lingkungan. Jadi, tunggu apalagi Mak? Yuks, lah segera dicoba juga yah dua benda gila ini 😎


*Selamat Hari Bumi*



Post a Comment

 
Top