0 Comment
Pernah mendengar orang yang baru bisa payout setelah menunggu beberapa tahun bermain Google Adsense? jika anda pernah mendengarnya, begitulah yang saya alami saat ini, saya baru bisa merasakan yang namanya payout dari Google Adsense setelah menunggu lebih dari satu setengah tahun lamanya.

Total waktu yang saya tempuh dihitung sejak saya mendaftar Google Adsense sampai dengan gajian dari Google Adsense, pada awal saya diterima oleh Google Adsense jujur saya tidak langsung mendapatkan penghasilan yang tinggi seperti pada kebanyakan blog pada umumnya.

Saya hanya mendapatkan sebuah penghasilan yang diperkirakan dalam satu bulannya hanya bisa untuk membeli satu bungkus nasi goreng, dan dalam sehari yang saya dapatkan juga tidak banyak, hanya penghasilan recehan saja.

Dari sini saya menarik kesimpulan, bahwa Google Adsense bukanlah program periklanan yang menjanjikan bagi pemilik blog, karena selama ini mungkin kita pernah mendengar bahwa ada orang yang bisa menghasilkan jutaan rupiah dalam waktu sebulan hanya dengan bermain Google Adsense.

Tapi ceritanya mungkin tidak sesingkat itu, proses awalnya mungkin tidak instan, anda mungkin tidak pernah tahu perjalanan awal dari orang tersebut bahwa ia pernah berkali-kali mengalami kegagalan, entah karena rugi karena mengeluarkan modal maupun rugi karena meluangkan waktu yang sangat lama, dan ternyata juga pernah ditolak oleh Google Adsense.

Yang jelas, perjalanannya tidak singkat, tidak seperti orang yang menjalankan bisnis online pada hari ini kemudian pada keesokan harinya ia bisa meraih suksesnya, itu salah besar.

Butuh perjalanan panjang untuk itu, bukan hanya sekedar mencoba sehari lalu sukses, butuh pemahaman yang lebih lanjut, bahkan bisa berbulan-bulan meski mengeluarkan modal sekalipun.

Pernah mendengar orang yang baru bisa payout setelah menunggu beberapa tahun bermain Googl Pengalaman Gajian Pertama dari Google Adsense

Pengalaman Saya Menjadi Publisher Google Adsense

Setelah saya diterima menjadi publisher, awalnya saya mengira penghasilan saya bisa sebesar blog-blog lain, seperti pada blog master-master adsense di dunia maya, ia bisa mendapatkan beberapa dollar dalam waktu sehari.

Ternyata saya beda jauh, karena saya mengira blog dengan pageview minim 1000pv saja sudah cukup, tetapi ternyata saya salah, blog dengan pageview tersebut hanya mendapatkan sebatas recehan seperti yang pernah saya dapatkan sebelumnya.

Kecuali blog dengan bahasa asing, mungkin bagi para master blogger sudah cukup, tetapi saya malah salah memahami semua itu dan menganggap blog dengan bahasa indonesia dapat mencapai angka payout tiap bulan dengan total view sebanyak itu.

Terus terang, saya merasa ada yang aneh dengan blog saya yang satu ini, pasalnya dengan pageview 1000 ini kok bisa hanya dapat recehan, sedangkan para master lainya bisa mendapatkan minimal setidaknya satu dollar dengan pageview tersebut.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba berexperimen dengan tata letak iklan yang saya pasang, karena pada saat itu saya hanya memasang jenis iklan responsive.

Mencoba Berexperimen Dengan Penempatan Iklan

Awal mula saya hanya memasang jenis iklan ini pada sidebar dan akhir artikel, lalu kemudian saya tambahkan satu lagi jenis iklan banner pada header.

Apa yang terjadi? tetap saja experimen saya tidak berjalan dengan baik, dan jika saya perhatikan dengan seksama, ternyata saya sadar dengan penempatan iklan saya, iklan saya ternyata cukup mengganggu bagi para pengunjung yang mengunjungi blog saya.

Hingga saya mencoba berexperimen lagi dan akhirnya berhasil meningkatkan nilai BPK dan juga meningkatkan respon dari pembaca yang melihat iklan.

Berikut experimen saya yang sudah berhasil:

Penempatan Iklan

  • Sidebar - Iklan Responsive
  • Akhir Artikel - Iklan In Article
  • Tengah Artikel - Iklan Tautan


Hingga tulisan ini diterbitkan, experimen diatas masih saya gunakan hingga saat ini karena saya rasa experimen ini sudah benar-benar berhasil.

Tantangan Mencari Visitor Blog

Selain berexperimen sebenarnya masih banyak cara untuk meningkatkan penghasilan adsense, salah satunya yaitu mencari visitor blog sebanyak-banyaknya. Tanpa visitor, blog kita bisa diibaratkan seperti warung yang tidak ada pelanggannya, padahal sumber penghasilan kita terletak pada orang yang mengunjungi blog kita, semakin banyak pengunjung berarti semakin besar penghasilan yang kita dapatkan.

Untuk mendapatkan pengunjung yang berlimpah, saya selalu melakukan update posting rutin tiap hari, tanpa melakukan riset sedikitpun, namun sayangnya konsistensi ini sudah mulai berkurang sejak mulai sibuk di kehidupan didunia nyata.

Postingan demi postingan saya publish tapi ternyata tidak sepenuhnya mendapatkan banyak pengunjung melainkan hanya beberapa postingan baru saja yang bisa mendapatkan banyak pengunjung, mungkin itu suatu kebetulan.

Karena saya sama sekali tidak paham dengan riset keyword maupun optimasi seo on page jadi mungkin ini hal yang wajar.

Menunggu PIN Google Adsense

Beberapa bulan kemudian setelah saldo saya mencapai ambang verifikasi, Google mengirimkan surat ke alamat yang tertera pada akun adsense saya. PIN tersebut kurang lebih mencapai waktu dua bulan sebelum pada akhirnya saya terima.

Baca : Menunggu Kedatangan Surat PIN dari Google Adsense.

Setelah PIN saya terima, saya langsung memverifikasikannya kedalam Akun Adsense saya, dan taraaa Akun saya sudah diverifikasi dan siap menerima gajian setelah mencapai ambang pembayaran.

Jujur, lama sekali menunggu surat PIN tersebut hingga pada akhirnya memaksa saya untuk mengunjungi kantor POS terdekat untuk mengecek apakah PIN atas nama saya sudah sampai.

Setelah saya memverifikasi alamat menggunakan PIN, kini saya harus berjuang lagi untuk mendapatkan saldo diatas ambang pembayaran.

Saya menunggu sekitar 5 bulan lagi hingga akhirnya saldo akun adsense saya mendekati ambang pembayaran, dan pada bulan ini alhamdulillah saldo sudah mencapai ambang tersebut dan siap menerima pembayaran pertama saya.

Pengalaman Menerima Gaji Pertama dari Google Adsense

Setelah sekian saya menunggu akhirnya saya bisa mendapatkan hasil dari jerih payah saya sendiri, yaitu dari aktivitas ngeblog saya sehari-hari. Walaupun tidak bisa payout rutin setiap bulan setidaknya hasil pertama yang didapat cukup untuk memenuhi kebuhan sehari-hari saya.

Saya menunggu pada malam hari dimana pada tanggal 21 merupakan tanggal dimana setiap publisher adsense akan menerima email dari Google Payment bahwa pembayarannya sudah dikirim melalui metode pembayaran yang sudah dipilih sebelumnya.

Seperti yang sudah disebutkan oleh Google sendiri pada halaman Jadwal Pembayaran.

Berulang kali saya cek email tapi tenyata tidak ada satupun email yang masuk, hingga pada keesokan harinya, saya membuka email ternyata emailnya baru masuk pada pukul 23:00, namun saya cek mutasi banknya masih belum masuk juga.

Ada apa dengan sistem Bank Saya? mengapa penghasilan saya belum masuk juga ke rekening saya padahal pengiriman pembayaran sudah dilakukan pada waktu malam kemaren, saya bingung namun ternyata uang yang dikirim oleh Google baru bisa masuk setelah jam kerja bank masing-masing.

Alhamdulillah saya sudah lega, dan akhirnya saya bisa menerima Gaji pertama dari Google Adsense dengan selamat ke rekening saya.

Berikut ini merupakan catatan dari saya jika anda baru pertama kali menerima pembayaran dari Google Adsense.

Jangan panik, ketika anda baru pertama kali menerima email pembayaran namun pembayarannya belum masuk, bisa jadi karena pihak bank sedang memproses convert mata uang, karena uang yang dikirimkan oleh Google adalah mata uang dollar, sehingga butuh waktu paling lama hingga 3 hari, namun waktu yang paling cepat biasanya hanya 12 jam sejak menerima email payment (pengalaman).

Itulah pengalaman pertama saya ketika menerima gaji dari Google Adsense, jika anda mempunyai pengalaman yang sama dengan saya, silahkan curhat dikomentar.

Post a Comment

 
Top