0 Comment
Suasana acara. Foto: yudhianto/detikinetSuasana acara. Foto: yudhianto/detikinet

Jakarta - AMD resmi meluncurkan Ryzen Mobile di Indonesia, yakni prosesor laptop ultrathin yang diklaim paling kencang sedunia. Sejumlah produsen laptop juga telah memastikan dukungannya.

Tercatat ada dua prosesor yang gres saja diluncurkan AMD. Produsen chip asal Sunnyvalle, Amerika Serikat ini menamainya dengan sebutan Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Kelebihan prosesor ini terletak pada penemuan AMD yang berhasil memadukan core Zen dan chip grafis Radeon Vega.

Berkat kombinasi tersebut, Ryzen Mobile pun diklaim mempunyai performa 44% lebih baik dibanding pesaing. Sementara performa grafisnya disebut bisa menyodorkan performa grafis yang melonjak hingga 161%.

Baik Ryzen 7 2700U maupun Ryzen 5 2500U mengandalkan teknologi quad core, tapi dengan delapan thread. Artinya, sistem akan mengenali seperti kedua prosesor mempunyai delapan core. Sedangkan kecepatan clock-nya berada di angka 3,8 Ghz untuk Ryzen 7 2700U, dan mencapai 3,6 GHz untuk Ryzen 5 2500U.

Saksikan video 20detik perihal AMD Ryzen di sini:

[Gambas:Video 20detik]

Perbedaan lain terletak di chip grafis yang tertanam di dalamnya. Radeon Vega yang tertanam di Ryzen 7 2700U dibekali compute graphics (Cu) units sebanyak 10 dengan clock sebesar 1,3 GHz. Menyusul Ryzen 5 2500U dengan chip grafis bertenaga CU units sebanyak 8 dan kecepatan clock 1,1 GHz.

Menariknya, dengan segudang kemampuan tersebut konsumsi daya kedua prosesor dipastikan sangat menjanjikan. Pasalnya dua-duanya membutuhkan daya operasional yang tak hingga 15 watt.

Di sisi lain, implementasi System-on-Chip (SoC) yang diusung keduanya juga memungkinkan desain laptop yang makin tipis. Tak hanya untuk laptop produktivitas, tapi juga untuk laptop di segmen casual gaming.

"Untuk menguatkan posisi AMD di pasar PC, kami antusias mengumumkan kehadiran prosesor Ryzen Mobile. Jajaran prosesor gres ini akan memperlihatkan performa terdepan pada perangkat PC mobile dan ultrathin," kata Peter Chambers, AMD Consumer Sales Director APJ.

Sejumlah produsen laptop pun telah memastikan dukungannya terhadap Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Ada Asus lewat seri laptop gaming Republik of Gamer (RoG), Lenovo, HP, dan juga Dell yang telah menyiapkan perangkat laptop ultrathin bertenaga kedua prosesor.

Post a Comment

 
Top