0 Comment
Lewis Hamilton memenangi GP Jepang 2017 (Toru Hanai/Reuters)Lewis Hamilton memenangi GP Jepang 2017 (Toru Hanai/Reuters)

Suzuka - Lewis Hamilton memenangi balapan GP Jepang. Ditambah Sebastian Vettel gagal finis, pebalap Mercedes GP itu kian bersahabat dengan gelar juara F1 2017.

Pada balapan di Suzuka, Minggu (8/10/2017) siang WIB, Hamilton finis pertama disusul duo Red Bull Max Verstappen dan Daniel Ricciardo. Di belakangnya lagi ada Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen.

Kemenangan keempat dari lima balapan terakhir menciptakan Hamilton kokoh di puncak klasemen dengan 306 poin, unggul 59 angka dari Vettel di posisi kedua. Dengan empat seri tersisa, Hamilton makin bersahabat dengan gelar juara dunia trend ini.

Bahkan kemenangan di Austin dua pekan mendatang bisa saja menciptakan Hamilton juara lebih cepat andaikan Vettel gagal finis lima besar.

Jalannya Balapan

Begitu lampu hijau muncul, Lewis Hamilton sebagai pemegang pole pribadi melesat di depan mempertahankan posisinya dari kejaran Sebastian Vettel yang ada di urutan kedua. Daniel Ricciardo dan Max Verstappen menyusul di belakang keduanya.

Tak usang sehabis start, Verstappen bisa menyalip Vettel dari sisi kiri di tikungan dan berada di posisi kedua. Setelah disalip Verstappen, Vettel malah kehilangan kekuatan pada mobilnya.

Satu per satu pebalap menyerupai Sebastian Ocon dan Valtteri Bottas menyalipnya sampai Vettel turun ke posisi keenam di selesai lap pertama. Masalah busi pada kendaraan beroda empat Vettel ditenggarai sebagai penyebabnya.

Menang di Suzuka, Hamilton Kian Dekat dengan Gelar Juara DuniaSebastian Vettel gagal finis di GP Jepang 2017 (Lars Baron/Getty Images)

Carlos Sainz Jr. jadi pebalap pertama yang out di balapan ini. Sementara Vettel terus menurun sebab beliau bisa disalip Sergio Perez di lap ketiga dan turun di posisi ketujuh.

Sampai Vettel dan Ferrari kesudahannya mengalah di lap keempat sebab duduk kasus mobilnya tersebut. Vettel retire dan ini jadi kegagalan finis keduanya dari tiga balapan terakhirnya.

Kondisi terperinci menguntungkan Hamilton yang di balapan ini menyerupai sulit disaingi oleh lawan-lawannya. Meski Verstappen menguntitnya namun Hamilton bisa terus menjaga jarak.

Dari lap ke lap, Verstappen dan Ricciardo terus memepet Hamilton namun perjuangan mereka sia-sia. Barulah di dua lap terakhir, Verstappen sempat berjarak kurang dari satu detik dengan Hamilton, gap terendah kedua pebalap sepanjang balapan ini.

Namun, Hamilton masih bisa mempertahankan posisi terdepan sampai melintasi garis finis pertama kali disusul Verstappen dan Ricciardo. Menyusul Bottas serta Kimi Raikkonen.

Bagi Raikkonen finis kelima terbilang baiklah mengingat beliau sempat terpelintir keluar lintasan di awal balapan dan berada di luar 10 besar.


Post a Comment

 
Top