0 Comment
Mungkin banyak orang yang suka mengunduh atau mendownload video youtube secara offline itu sebabnya kenapa Google Inc merilis aplikasi terbarunya yang bernama Youtube Go, aplikasi terbaru yang dirilis untuk para pengguna youtube yang suka menonton video youtube secara offline.

Cara penggunaanya sangat simpel, anda tinggal memilih video mana yang ingin anda download, kemudian anda simpan video yang anda pilih, kemudian anda dapat menontonnya kapan saja saat anda sedang offline.

Fitur simpan offline seperti ini sebenarnya sudah ada pada Aplikasi Youtube, namun bedanya ketika anda menggunakan Aplikasi Youtube Go anda tidak harus menonton atau membuka video tersebut, namun anda dapat langsung mendownload videonya.

Proses pemilihan video untuk diunduh juga sangat cepat, jadi bagi anda yang suka menonton banyak video youtube secara offline, Youtube Go mungkin adalah jawabannya.


Perbedaan Aplikasi Youtube dan Aplikasi Youtube Go

Bagi saya, kedua aplikasi ini sebenarnya sama, yaitu sama-sama untuk menonton video di youtube, yang membedakan adalah fitur dan tampilannya.

Jika anda mengunjungi Youtube hanya untuk streaming video saja, silahkan buka Situs Youtube menggunakan Aplikasi Youtube.

Jika anda mengunjungi youtube hanya untuk mendownload video didalamnya agar dapat ditonton secara offline, silahkan buka Situs Youtube menggunakan Aplikasi Youtube Go.

Berikut ini adalah perbedaan antara aplikasi Youtube dan Youtube Go.

1. Pada hasil pencarian yang anda lakukan pada Aplikasi Youtube Go, Youtube Go lebih mengutamakan hasil pencarian video offline yang pernah anda unduh sebelumnya daripada video-video online lainnya. Sebaliknya pada Aplikasi Youtube, Youtube lebih mengutamakan video online, dan video offline tidak ditampilkan.

2. Anda tidak dapat melakukan subscribe, like, maupun berkomentar didalam Aplikasi Youtube Go, karena Youtube Go hanya menampilkan akun Google Anda di Aplikasi, bukan channel anda. Sebaliknya, di Aplikasi Youtube anda dapat melakukan like, comment, dan subscribe suatu channel.

3. Di Youtube Go, anda bisa berbagi video hasil unduhan anda ke perangkat lain menggunakan fitur Bluetooth. Jika anda menggunakan Aplikasi Youtube, video offline hasil unduhan anda tidak dapat dibagikan ke perangkat lain.

Dan masih banyak ada lagi perbedaan yang tidak saya sebutkan disini.

Mulai Membuat Akun Di Youtube Go

1. Download dan Instal Aplikasi Youtube Go di Google Playstore, lalu buka Aplikasi Youtube Go kemudian pilih Berikutnya.


2. Masukkan Nomor Ponsel Anda kemudian pilih Berikutnya.


3. Pilih Akun Google yang ingin dihubungkan dengan nomor telepon anda.
4. Anda Akan Menerima 6 digit Kode Verifikasi dari Google, Masukkan Kode Verifikasi tersebut.
5. Youtube Go Siap digunakan, silahkan pilih mulai untuk mengunduh video secara offline.

Mendownload Video di Aplikasi Youtube Go

Untuk mencari video di Youtube Go, gunakan fitur pencarian yang sudah disediakan.

Sekarang saya anggap anda sudah mencari video yang ingin anda download, pilih video tersebut kemudian pilih kualitas video dan terakhir pilih download. Jika anda ingin memutar sebelum mendownload video tersebut, silahkan pilih putar.


Video yang sudah anda download akan disimpan di SDcard atau Penyimpanan Telepon anda.

Mengirim dan Menerima Video

Untuk mengirim dan menerima video di Youtube Go, silahkan pilih Ikon ponsel yang bersebelahan dengan ikon pencarian.

Pilih Kirim jika anda ingin mengirim video atau pilih Terima jika anda ingin menerima video dari perangkat lain. Jika ada pesan bersiap untuk mengirim atau menerima silahkan pilih Lanjutkan.

Mengganti Nomor Telepon Anda di Youtube Go

Fungsi dari nomor telepon yang anda masukkan di Youtube Go sebenarnya tidak lain hanya untuk memverifikasi akun Google Anda sendiri, nomor telepon tersebut juga dapat anda gunakan untuk pemulihan akun Google anda.

Untuk mengganti nomor telepon anda:

Buka menu Setelan pada Aplikasi Youtube Go, kemudian pilih Profil anda.


Selanjutnya Ubah Nomor Telepon anda dengan nomor lain yang belum terhubung dengan Akun Google manapun.

Menghapus Histori Tontonan dan Pencarian di Aplikasi Youtube Go

Sebenarnya kita tidak perlu menghapus histori tontonan maupun histori pencarian di aplikasi Youtube Go, karena menurut informasi yang saya dapatkan menghapus histori pencarian dapat mempengaruhi saran dan juga video yang ditampilkan di hasil pencarian.

Jika histori tontonan dihapus, anda juga tidak dapat menelusuri video-video yang pernah anda tonton sebelumnya, alangkah baiknya sebelum menghapus histori tontonan, silahkan pilih video didalam histori tersebut untuk anda simpan sebagai video offline.

Berikut ini adalah cara menghapus histori tontonan kita di Youtube Go:

Silahkan masuk ke menu Setelan Youtube Go, kemudian pada menu privasi, pilih hapus histori pencarian dan hapus histori tontonan.

Nah, itulah beberapa panduan bagi pemula yang ingin menggunakan youtube go untuk mendownload video youtube secara offline. Meskipun Youtube Go hanya diperuntukkan untuk mencari video offline, tetapi di Youtube Go anda bisa mendapatkan berbagai fitur seperti berbagi video yang tidak anda dapatkan di dalam Aplikasi Youtube.

Demikian semoga panduan singkat mengenai Panduan Menggunakan Youtube Go Untuk Pemula semoga dapat bermanfaat khususnya untuk para pemula.

Post a Comment

 
Top