0 Comment
Rumah Hantu Darmo di Surabaya (Rois Jajeli/detikTravel)

Jakarta - Punya rumah glamor idaman setiap orang. Tapi kalau rumahnya berhantu bagaimana dong?

Rumah glamor identik dengan rumah yang besar, dibangun di lahan yang luas, desain eksterior dan interior yang glamor dan mahal serta kualitas terbaik. Rumah glamor mempunyai nilai jual tersendiri. Dengan harga yang mahal harga jualnya menjadi tinggi.

Namun tidak dengan rumah glamor berhantu di bawah ini, para pemiliknya kesulitan menjualnya. Walaupun harganya jauh di bawah standar tetap tidak laris dijual.

Konon kabarnya, rumah glamor itu menyimpan kisah mistis di dalamnya. Beberapa saksi mata menyampaikan pernah melihat sejumlah kemunculan dan mengalami insiden aneh di situ. Rumah-rumah dihubungkan dengan penampakan makhluk mistik dan insiden menyeramkan yang memakan korban.

Berikut 7 rumah glamor berhantu versi On The Spot.

1. Magnolia Mansion, New Orleans

Rumah yang terletak di New Orleans, Los Angeles, ini terkesan glamor dan indah. Namun rumah ini mempunyai catatan sejarah sebagai salah satu rumah berhantu. Dari luar bangunan ini terlihat sangat terawat. Padahal rumah ini sudah berusia 159 tahun. Rumah seharga 3,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 64 miliar ini menyimpan banyak sekali dongeng misteri.

Beberapa orang yang berkunjung atau menginap di tempat ini selalu diganggu oleh sosok misterius si penunggu rumah glamor ini. Bahkan sang penjaga rumah mengaku kerap diganggu makhlus halus. Dia kadang berlari ketakutan kalau menemui hal-hal di luar logika.

Dari catatan sejarah terungkap bahwa rumah glamor berhantu itu merupakan markas Palang Merah Amerika selama PD II dan perang Korea. Dari kabar beredar, kematian sering mengiringi orang-orang yang berada di Magnolia Mansion ini.

Kematian pertama sang arsitek rumah dipukul oleh orang tidak dikenal sampai tewas di dalam rumah. Setelahnya sang pemilik rumah mengalami kematian tidak wajar. Sang istri pemilik rumah tewas tersambar petir. Sejak itulah Magnolia Mansion disebut sebagai rumah berhantu.

Rumah glamor ini sudah beberapa kali dijual dan berpindah tangan namun pemilik barunya selalu diganggu makhlus halus. Dari keterangan pemilik rumah terdahulu, bial menjelang malam hari, barang-barang yang ada di dalam rumah bergerak sendiri. Seperti gelas-gelas berjatuhan ke lantai tanpa ada yang menyentuh. Sering juga terdengar bunyi lagu mengerikan. Namun tidak diketahui dari mana asal lagu tersebut. Yang terpenting yaitu patung di dalam kamar tidur seakan-akan mempunyai nyawa alasannya yaitu diklaim sanggup berpindah-pindah tempat dan terkadang sanggup menatap pemilik rumah.

2. Lamont Mansion

7 Rumah Mewah Berhantu, Nomor 3 di IndonesiaFoto: On The Spot

Rumah ini sebelumnya sederhana milik seorang nelayan dengan pemandangan indah. Robert Lamont merombak rumah ini menjadi sangat mewah. Sejak ketika itu teror hantu di rumah ini dimulai.

Di rumah ini Robert sering mendengar bunyi langkah kaki tetapi tidak ada seorang pun. Jendela kerap terbuka sendiri ketika tidak ada angin. Robert juga dikejutkan oleh sesosok perempuan dengan wajah pucat.

Setelah 14 tahun menghuni Lamont Mansion, Robert meninggalkan rumah tersebut sampai ia meninggal 1948. Pada tahun 1970-an sebuah keluarga menghuni rumah glamor ini. Namun sesudah beberapa hari tinggal mereka melihat sesosok perempuan dengan wajah pucat dan bayangan hitam yang sering berkeliaran di lorong rumah.

Beberapa insiden janggal ini menciptakan istri penghuni rumah menderita penyakit jiwa. Setelah 6 bulan dihuni, rumah tersebut kembali kosong. Beberapa pemilik rumah ini juga mengaku mengalami insiden aneh dan menjual rumah ini.

Pada 1988, Lamont Mansion tersambar petir. Rumah glamor itu habis terbakar. Anehnya, pohon di sekitar rumah tidak terbakar.

3. Rumah Darmo di Surabaya

7 Rumah Mewah Berhantu, Nomor 3 di IndonesiaRumah Hantu Darmo di Surabaya (Rois Jajeli/detikTravel)

Rumah yang dulunya megah ini kini terbengkalai. Rumah glamor tingkat tiga di Surabaya, Indonesia, ini menjadi yang paling dihindari. Terlalu banyak dongeng mistis yang membungkus masa kemudian rumah ini.

Kisah yang paling banyak beredar wacana pemilik rumah yang mendapat harta kekayaannya dengan melaksanakan ritual pesugihan. Sebagai balasannya, si pemilik rumah harus menyediakan sesajen atau tumbal.

Semula semua berjalan dengan lancar. Namun alasannya yaitu tumbal semaki sulit didapatkan menciptakan pemilik rumah mencoba menghindar dan mengingkari perjanjian tersebut.

Mungkin berpikir dengan menyeberangi lautan, semua kutukan dari roh jahat atau ikatan ikatan kuasa kegelapan sanggup terlepas. Naas, seluruh anggota keluarga tersebut dikabarkan tewas sewaktu kabur melalui bahari dengan kapal pribadi. Hanya seorang bayi dan pembantu yang tidak ikut serta. Kabarnya anak bayi sudah tumbuh dewasa. Dia hanya rutin tiba terutama setiap malam Jumat kliwon ke rumah tersebut.

Namun sesosok perempuan diklaim tidak pernah turun dari kendaraan beroda empat hanya menyuruh petugas keamanan untuk menaburkan bunga. Beberapa orang meyakini, sosok perempuan itu si pewaris rumah.

Dikabarkan pula rumah ini sempat disewa sebuah keluarga. Hingga suatu hari sekawanan penjahat merampok dan membunuh seluruh anggota keluarga termasuk pembantunya dengan sadis. Beberapa menyimpulkan, sebuah kutukan masih mendiami rumah Darmo. Akhirnya rumah ini dikenal sebagai Rumah Kutukan atau Rumah Darmo. Sampai kini tidak ada yang mau membeli atau mendiami rumah ini termasuk sang jago waris.

4. Schweppe Mansion, Michigan

Sejatinya Schweppe Mansion sangat indah. Kita sanggup melihat Danau Michigan dari dalam rumah. Namun rumah megah kolam Istana ini tidak seindah menyerupai terlihat di gambar. Rumah glamor ini dikenal sebagai tempat tinggal pasangan hantu suami istri yang selalu gentayangan.

Awalnya rumah ini merupakan hadiah ijab kabul Laura Schweepe dengan suaminya, Charles Schweepe pada 1917. Tragedi kematian tiba-tiba mengubah keindahan rumah ini menjadi kelam dan mengerikan.

Rumah glamor berhantu ini dikosongkan selama 50 tahun. Kisah menyeramkan dari rumah menyerupai kastil ini mulai merebak. Sejumlah saksi mata melihat kemunculan sosok wajah Laura dan Charles dari arah jendela rumah pada waktu-waktu tertentu.

Kedua sosok penampakan itu sedang berdiri dan memandang dengan wajah yang sangat menyedihkan. Masyarakat sekitar sering mendengar raungan kesakitan yang terdengar dari dalam rumah.

5. The Hiram B Scutt, Chicago

Sebuah rumah glamor di Chicago, Amerika Serikat, konon dihuni sejumlah hantu. Rumah yang dibangun 1 masa yang kemudian oleh seorang arsitek. Rumah ini dijual Rp 1,8 miliar.

Rumah ini mempunyai sejarah yang kelam sampai muncul kabar rumah ini berhantu. Sebuah tempat menyeramkan pada rumah ini yakni di lantai atas rumah. Terdapat banyak boneka di lantai itu dan diklaim terdapat arwah-arwah bergentayangan di lantai itu.

6. Woolworth Mansion, New York

Pernah mendengar lagu Black Space menyerupai Taylor Swift? Dalam video klipnya, Swift tengah berkisah di rumah glamor menyerupai puri kerajaan. Rumah glamor ini ada di New York. Menurut warga, rumah ini mempunyai sejarah menakutkan dan menghantui kawasan itu. Rumah ini dirancang oleh Frank Winfield Woolworth. Edna Woolworth Hutton, putri kedua Frank bunuh diri di dalam kamarnya pada 2 Mei 1917. Warga sekitar mendengar bunyi aneh dari dalam kamar Edna.

Sejak kematiannya, kamar itu dikunci. Pada 4 Februari 2015 rumah tersebut rusak akhir kebakaran. Anehnya, kebakaran itu bukan pertama kalinya. Orang-orang sekitar menyebut kebakaran di rumah itu terjadi berulang-ulang dan tidak ada penyebab niscaya kebakaran itu.

7. Winchester, San Jose

Rumah terletak di San Jose, Amerika Serikat, ini merupakan bangunan indah dan mewah. Pemiliknya Sarah Winchester. Keluarga Winchester merupakan keluarga terpandang di AS. Suami Sarah, William Wirt merupakan perancang senjata terkemuka di AS.

Namun semenjak Wirt meninggal misterius, rumah glamor itu menjadi angker. Kisah horor di rumah ini wacana hantu balas dendam. Konon, hantu yang menghuni rumah ini yang menuntut balas dendam korban pembunuhan dari senjata yang dibentuk Wirt.

Karena terus mendapat insiden aneh, Sarah meminta pemberian spiritual. Spiritual itu meminta Sarah membangun rumah tanpa henti. Jika tidak, Sarah akan tewas mengenaskan.

Sejak 1981 sampai 1922, Sarah membangun rumah tanpa henti. Hasilnya semenjak Sarah meninggal, terdapat 160 kamar, 13 kamar mandi, 47 perapian, 6 dapur dan masih banyak ruangan lain yang menjadi misteri.

Pengakuan pengunjung, rumah glamor berhantu itu mengerikan. Selain mempunyai banyak ruang misterius dan labirin-labirin yang membingungkan, pengunjung mengalami fenomena mengerikan lainnya menyerupai mendengar bunyi gaib. Konon ketika berkunjung di lantai atas, terlihat sosok hantu mengenakan pakaian bangsawan. Kabarnya sosok itu merupakan Wirt yang terjebak di rumahnya sendiri.

Post a Comment

 
Top