0 Comment
Pernah ngga sih kalian mengalami yang namanya Sleep Paralysis? Atau pernah ngga sih dengar kata ini sebelumnya?? Berdasarkan Wikipedia, Sleep Paralysis itu merupakan kelumpuhan pada tubuh, yang kita alami saat kita tidur. Proses nya sangat simple sebenarnya. Jadi saat kita akan tidur, kita kan ngga langsung tidur nyenyak kan? Kita pasti tidur ringan dulu sampe ke tahap kita tidur pulas bahkan sampai bermimpi. Nah ketika kita mengalami sleep paralysis itu, ada tahap yang terlompati dari seharusnya tahap tidur yang kita lakukan. 

Ada banyak sekali cerita mistis orang-orang yang membahas tentang kejadian seperti ini. Tetapi aku sendiri juga banyak mengalaminya. Tetapi tidak mistis. Kejadiannya itu sering ketika aku kuliah dulu. Jadi kalo udah malam, aku pulang, terus capek banget, aku langsung tertidur, dan beberapa saat kemudian badan aku tuh kayak kaku, dan ngga bias digerakin sama sekali. Bahkan aku merasa aku dapat melihat sekelilingku dengan sangat jelas padahal aku tau aku sedang menutup mataku. 

Yah yang namanya takut, langsung deh biasa nya aku manggil-manggil dan doa dalam hati. Tetapi manggil orang juga ngga bisa, karena mulut juga terasa kaku bahkan ngga bisa mengeluarkan suara sama sekali. Kadang aku tuh nge dengar ada suara-suara dan orang-orang yang berteriak sangat kencang. Pokoknya asa ribet dah kalo misalnya udah sleep paralysis itu. Nah, aku tuh bukan type orang yang percaya mistis-mistis gitu. Aku percaya kok kalo aku mengalami hal kayak gitu pun, pasti Tuhan akan menjaga aku, jadi aku ngga mau tuh langsung bilang seperti apa kata orang “ketindihan hantu lah,.atau apalah itu. Aku percaya, ada penjelasan dibalik ini semua.
  1. Nah aku mulai lah cari di google. Dan emang bener, ada penjelasan untuk kejadian itu. Aku mulai mempelajari apa yang sebenarnya terjadi. Aku mendapatkan beberapa point penting.  Sleep paralysis terjadi padaku, saat aku sedang banyak sekali load pekerjaan sehingga tubuhku sangat lelah.
  1. Aku mempercayai sleep paralysis terjadi karena ada salah paham antara otak dan tubuh, yang mengakibatkan ketika otak kita masih tersadar, namun tubuh kita udah tidur, otak memerintahkan tubuh untuk bergerak, namun tidak bisa sehingga dibutuhkan beberapa saat untuk membangunkan tubuh kita. Saat itulah sleep paralysis terjadi.
  1. Kurang makan makanan yang sehat dan bergizi. Emang benar sih yang kata umpama “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” oke sepertinya umpana ku ngga terlalu pas untuk menggambarkan topik ini hahaha. Tapi pointnya adalah, kesehatan itu emang sangat penting. Karena makanan yang sehat akan mendukung kita dapat bekerja dan melakukan pekerjaan kita dengan maksimal. Jadi ketika load kerjaan kita sedang banyak, kita dapat dengan sehat dan tidak terlalu memaksakan tubuh kita untuk bekerja lebih dari yang seharusnya.
Jadi ketika kalian mengalami sleep paralysis, menurut aku ngga usah takut sih, soalnya itu bukan hal yang perlu ditakutkan, dan ngga perlu juga sampe harus beribat ke dukun karena hal itu. Coab di cek lagi kegiatan apa yang kamu lakukan pada hari sebelumnya yang kemungkinan besar menyebabkan kamu mengalami sleep paralysis. Terimakasih.



Post a Comment

 
Top