0 Comment
Pengunjung Taman Safari Prigen memberi makan kanguru /Foto: Dok Taman Safari Indonesia

Jakarta - Aneka satwa Australia menyerupai kanguru dan walabi memang menggemaskan. Namun sayangnya, pencinta satwa agak susah untuk bertemu mereka di Indonesia.

Nah jikalau selesai tahun ini punya rencana liburan ke Jawa Timur, coba berkunjung ke Taman Safari Indonesia Prigen. Ada zona gres yang dinamakan Zona Australiana. Kaprikornus nggak perlu jauh-jauh terbang ke Australia untuk melihat aneka satwa tersebut.

Manager Edukasi Taman Safari Prigen, Eko Windarto, menyampaikan zona ini melengkapi exhibit satwa yang sudah ada sebelumnya untuk aktivitas Safari Journey, menyerupai Zona Afrika, Zona Asia, dan Zona Amerika.


"Jadi Australiana ini yaitu zona gres yang Taman Safari Prigen di mana satwa-satwanya mewakili satwa Benua Australia. Untuk satwanya sendiri menyerupai ada red neck wallaby, wombat, grey kanguru, emu bird, dan tahun depan akan ada koala," ujar Eko kepada detikTravel.

Eko mengungkapkan semua satwa tersebut didatangkan eksklusif dari Australia.

 Di Zona Australiana, pengunjung juga sanggup memberi makan kelinci New Zealand Di Zona Australiana, pengunjung juga sanggup memberi makan kelinci New Zealand Foto: Dok Taman Safari Indonesia

"Kita ada MoU dengan Australia Zoo untuk breeding loan beberapa satwa Australia dengan persyaratan menyerupai menyiapkan karantina dan eucalyptus (pohon khas Australia) yang cukup. Satwa pertama yang tiba ada wombat 2 ekor, red necked wallaby 3 ekor disusul kedatangan berikutnya tanggal 5 Desember ini 4 ekor, dan grey kanguru 4 ekor. Sisanya menyerupai wallaby agille dan wallaby brunii kami sudah punya sebelumnya," terang Eko.

Adapun satwa khas Australia yang paling digemari pengunjung antara lain domba merino, kelinci New Zealand, dan kanguru. Menariknya, pengunjung sanggup berinteraksi dengan sebagian kanguru yang sudah dilatih dan jinak.

Pengunjung juga sanggup memberi makan kanguru atau kelinci New Zealand dengan membeli pakan menyerupai kacang, wortel, dan pelet kanguru seharga Rp 20 ribu. Tak perlu khawatir, akan ada keeper yang menjaga keamanan pengunjung maupun satwa.


Dengan luas wilayah sekitar 3 hektare, daerah ini berada akrab dengan Safari Water World dan Hotel Baobab Safari Resort. Di belakang zona Australiana, pengunjung sanggup eksklusif melihat pemandangan alam Gunung Arjuna yang indah. Bagi traveler yang gemar selfie, zona Australiana juga menyediakan beberapa spot instagramable. Salah satunya yaitu booth berbentuk kanguru.

Liburan Tahun Baru di Jatim Yuk, Lihat Wombat sampai KangguruDomba Merino / Foto: Dok Taman Safari Indonesia

Khusus weekend, akan ada shuttle bus yang sanggup mengantar pengunjung ke Zona Australiana. Namun untuk weekdays, pengunjung sanggup mengendarai kendaraan pribadi lalu parkir di zona parkir H atau berjalan kaki melewati jembatan.

Post a Comment

 
Top