0 Comment
Shoka Bukit Senja di Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Gunungkidul - Mau menikmati sunset romantis bareng pasangan di Gunungkidul, ada Shoka Bukit Senja. Dari atas bukit itu tersaji pemandangan sunset dan pantai yang menawan.

Berbicara mengenai kawasan wisata di Kabupaten Gunungkidul ibarat tidak ada habisnya, salah satunya ibarat spot untuk menikmati mentari terbenam di Shoka Bukit Senja. Berada di perbukitan, spot tersebut akan menciptakan setiap pengunjung terbius dengan pemandangan sunset dan garis pantai selatan yang terhampar luas ke arah barat.

Untuk mencapai spot yang terletak di Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul ini, pengunjung perlu menempuh perjalanan darat sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta ke arah selatan. Selain dari Kota Yogyakarta, spot tersebut sanggup dicapai dengan melaksanakan perjalanan darat dari Wonosari sejauh 28 km ke arah selatan.

Jalanan menuju bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel)Jalanan menuju bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel) Foto: undefined


Memang selisih jarak dari dua kawasan tersebut tidak begitu jauh, mengingat Shoka Bukit Senja terletak di perbatasan antara Gunungkidul dan Bantul. Sesampainya di area parkir paralayang Watugupit, pengunjung akan menemui penunjuk jalan menuju spot tersebut. Adapun jarak dari jalan raya menuju spot itu berjarak 500 meter dengan kondisi jalan yang terbuat dari cor semen.

Akan tetapi, sesudah menyusuri jalan berbentuk angka 11 sejauh 500 meter itu mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa sunset yang dipadu bentangan garis Pantai selatan. Meski masih dalam proses pengembangan, di Shoka Bukit Senja menyediakan beberapa gazebo dan kawasan duduk guna menikmati sunset.

Untuk menikmati makanan dan minuman, kawasan tersebut hanya menyediakan satu warung saja. Melangkah lebih jauh di spot tersebut, pengunjung akan mendapati beberapa kawasan duduk yang menghadap eksklusif ke arah barat untuk menikmati sunset.

Di kawasan tersebut juga terdapat anak tangga yang terbuat dari bebatuan untuk menuju ke ujung tebing yang berada di bab bawah bukit. Sama ibarat di bab atas, di bab bawah bukit tersebut terdapat beberapa kawasan duduk lengkap dengan pagar yang terbuat dari kayu untuk sebagai pembatas.

Suasana damai dipadu hembusan angin maritim menambah kenyamanan pengunjung untuk menikmati sunset di Shoka Bukit Senja. Terlebih di spot tersebut pengunjung sanggup melihat deburan ombak Pantai selatan yang memanjakan mata. Karena itu, banyak pengunjung yang betah berlama-lama di Shoka Bukit Senja.

Pemandangan dari Shoka Bukit Senja (Pradito Rida Pertana/detikTravel)Pemandangan dari Shoka Bukit Senja (Pradito Rida Pertana/detikTravel) Foto: undefined


Salah satunya yakni Briandola Sangatri (24), warga Logandeng, Playen, Gunungkidul. Diungkapkannya, bahwa ia gres pertama kalinya mengunjungi spot tersebut. Menurutnya, sunset di spot itu sangat menawan dan memanjakan mata.

"Tadi niatnya ke Watugupit, terus lihat ada plakat itu (Shoka Bukit Senja) di pinggir jalan jadi ingin tau dan ke sini deh. Ternyata bagus, jadi sanggup lihat sunset dan pantai sekaligus," katanya ketika ditemui di Shoka Bukit Senja, simpulan pekan lalu.

Disinggung mengenai kanal jalan ke spot tersebut ia menilai memang agak sempit, namun hal itu terbayarkan dengan sunset yang indah. "Mungkin jalannya ke sini sanggup diperbaiki lagi biar mudah, tapi mungkin alasannya yakni masih gres juga alhasil ibarat itu," ujarnya.

Senada dengan Brian, pengunjung lainnya yakni M Setyo Nuswantoro (25), warga Wonosari, Gunungkidul mengungkapkan sunset di spot tersebut terbilang menawan. Meski diakuinya ia bukanlah penikmat sunset.

"Sebenarnya lebih suka ke pantai, tapi alasannya yakni di sini (Shoka Bukit Senja) katanya sanggup lihat pantai dan sunset sekaligus jadi ya ke sini. Sangat bagus, dan suasananya cocok untuk melepas penat dan merenung," katanya disusul gelak tawa.

Pantauan detikTravel, Shoka Bukit Senja masih terkendala kurang lebarnya area parkir yang disediakan. Selain itu kanal jalan yang terbuat dari cor semen ada beberapa yang rusak sehingga membuatnya tambah sempit.

 Menikmati senja di bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel) Menikmati senja di bukit (Pradito Rida Pertana/detikTravel) Foto: undefined




Tonton juga 'Menuruni Gunung Tertinggi di Italia dengan Papan Ski':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top