0 Comment
Foto: ReutersFoto: Reuters

Jakarta - Ditangkapnya CFO Huawei Meng Wanzhou di Kanada sempat bikin terkejut. Padahal kasus yang menjeratnya sudah terjadi semenjak 2008 lalu.

Meng Wanzhou atau dikenal juga dengan nama Cathy Meng, antara Februari 2008 hingga April 2009 tercatat sebagai anggota dewan direksi Skycom, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (9/12/2018), pada selesai 2019, kantor cabang Skycom di Tehran, Iran, menunjukkan perangkat komputer buatan Hewlett-Packard (HP) senilai 1,3 juta euro ke Mobile Telecommunication Co of Iran, meski AS sudah mengumumkan hukuman dagang ke negara tersebut.

Data ini terungkap dari sekitar 13 halaman ajuan yang ditandai 'Huawei confidential' lengkap dengan logo Huawei. Huawei sendiri ketika itu menyebut tak jadi menjual perangkat tersebut ke Iran, alasannya ialah HP melarang penjualan produk buatannya ke negara tersebut.


Huawei menyebut Skycom sebagai partner lokal utama mereka. Namun dari pemeriksaan Reuters, terungkap jikalau Skycom bukan sekadar partner Huawei, alasannya ialah banyak dokumen yang mengkaitkan kedua perusahaan tersebut.

Contohnya ialah pada 2007, sebuah perusahaan administrasi yang dikontrol oleh Huawei menjadi pemegang saham Skycom. Dan pada ketika itu, Meng ialah sekretaris di perusahaan administrasi tersebut.

Namun Huawei ketika itu menepis tuduhan tersebut. Huawei menyebut hubungan antara Skycom hanyalah kolaborasi bisnis biasa.

"Huawei telah membetuk sistem kepatuhan perdagangan yang sejalan dengan praktik industri dan bisnis kami di Iran sudah mematuhi semua aturan dan regulasi termasuk yang dibentuk oleh PBB. Kami juga meminta partner kami, menyerupai Skycom, untuk melaksanakan akad yang sama," ujar Huawei dalam pernyataannya ketika itu.

Post a Comment

 
Top