0 Comment
Pantai Toroudan (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Gunungkidul - Gunungkidul punya banyak pantai dengan keunikan yang berbeda-beda. Pantai Toroudan misalnya, yang damai dan cocok buat camping.

Pantai Toroudan terletak di Dusun Kanigoro, Gunungkidul tidak hanya menyajikan sensasi Pantai pribadi dan kesunyian bagi setiap pengunjungnya. Banyaknya rerumputan dan pepohonan yang tumbuh di sekitar bibir Pantai tersebut membuatnya menjadi salah satu spot camping pilihan di Kabupaten Gunungkidul.

Pantauan detikTravel, di sekitar bibir Pantai Toroudan memang banyak terdapat rerumputan yang tumbuh di gundukan tanah yang mirip bukit kecil. Bahkan, di sekitar


Salah satu sudut pantai toroudan (Pradito/detikTravel)Salah satu sudut pantai toroudan (Pradito/detikTravel)


Karena hal tersebut, sangatlah cocok apabila Pantai Toroudan dipakai sebagai kawasan untuk camping. Selain itu, pemandangan yang sanggup dilihat dari padang rumput mini eksklusif mengarah ke bibir Pantai tersebut.

Dijelaskan Ngadino (49), warga Dusun Kanigoro, Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, bahwa Pantai Toroudan memang belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun, diakuinya banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Pantai tersebut untuk camping.

"Sebagian besar (Wisatawan) yang ke sini (Pantai Toroudan) itu untuk camping. Biasanya kalau malam Sabtu dan malam Minggu itu banyak banyak yang camping, kalau hari biasa sangat jarang," katanya ketika ditemui di penitipan sepeda motor pengunjung yang hendak ke Pantai Toroudan, Minggu (16/12/2018).

Sudut pantai yang damai (Pradito/detikTravel)Sudut pantai yang damai (Pradito/detikTravel)


Menurut Ngadino, kebanyakan wisatawan yang camping yaitu kawula muda. Karena itu, ia memberlakukan dua macam tarif penitipan sepeda motor di tempatnya.

"Jam malam atau menginap Rp 10 ribu dan kalau siang hingga sore biaya penitipan motornya Rp 5 ribu saja," ujarnya.

Kendati kerap didatangi wisatawan untuk camping, Ngadino mengungkapkan bahwa ia belum terpikirkan untuk menyediakan persewaan alat camping di Pantai Toroudan. Hal itu, lanjut Ngadino alasannya pengelolaan Pantai tersebut masih secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan pemasukan dari hasil jasa penitipan motor miliknya dirasa belum cukup besar.

"Karena itu tadi, masih Pantai gres dan belum banyak orang tahu, jadi pemasukannya kan sedikit juga. Tapi penitipan motor ini hanya sampingan saya, alasannya profesi utama saya bertani," ucapnya.

"Kalau cita-cita saya, semoga kedepannya Pantai Toroudan semakin dikenal dan banyak yang mengunjungi semoga pemasukannya bertambah dan sanggup untuk membangun kemudahan lain di sini (Pantai Toroudan)," imbuhnya.

Pepohonan rindang sekitar pantai (Pradito/detikTravel)Pepohonan rindang sekitar pantai (Pradito/detikTravel)


Namun, dari pantauan detikTravel, di pinggir Pantai Toroudan banyak terdapat sampah dengan beraneka macam yang didominasi sampah plastik. Padahal, kalau dibiarkan, sampah-sampah tersebut sanggup merusak pemandangan Pantai Toroudan yang indah dan masih asri.

Disinggung kepada Ngadino wacana sampah-sampah tersebut, ia tidak memungkiri bahwa masih banyak terdapat sampah di pinggir Pantai Toroudan.

(Pradito/detikTravel)(Pradito/detikTravel) Foto: undefined


"Ya memang masih kotor alasannya kan Pantai gres juga. Sebenarnya sampah itu kiriman dari Pantai lain dan terbawa ombak hingga ke sini (Pantai Toroudan)," katanya.

Selain itu, Ngadino menghimbau kepada wisatawan untuk tidak berenang hingga ke tengah Pantai. Bukan tanpa alasan, hal itu mengingat Pantai Toroudan didominasi oleh karang. Karena itu, Ngadino menyarankan wisatawan yang ingin bermain air hanya di pinggir Pantai saja.

Post a Comment

 
Top