0 Comment
Zaman serba gadget bukan alasan untuk tidak hidup sehat (Foto: iStock) Zaman serba gadget bukan alasan untuk tidak hidup sehat (Foto: iStock)

Jakarta - Setiap orang niscaya ingin mempunyai tubuh yang sehat. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita mejadi sering lupa menjalani pola hidup sehat yang mana mempunyai kegunaan menjaga kesehatan.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa contoh hidup sehat yaitu contoh hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang gampang dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Di bawah ini ada beberapa tips contoh hidup sehat yang gampang dilakukan dan pastinya akan membantu kau untuk menjadi lebih sehat.



1. Pola Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi
Pola hidup sehat dimulai ari menentukan masakan yang sehat. Kamu sanggup mengganti makananmu dengan mengonsumsi masakan yang penuh gizi ibarat rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Hindari masakan berlemak dan masakan yang mengandung pengawet alasannya yaitu hal tersebut sanggup berbahaya bagi tubuh.

Perbanyaklah sayur dan buah, baiknya kau mengonsumsi lima hingga enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kau bisa memulainya dengan mengonsumsi satu porsi setiap hari, kemudian dalam waktu seminggu kau tambah lagi satu porsi.

2. Perbanyak Olahraga
Salah satu yang paling saya suka dalam hidup sehat yaitu Rutin berolahraga. Karna dengan berolahraga tidak hanya kondisi tubuh menjadi fit namun pikiran menjadi lebih sehat. Dewasa ini orang lebih senang menghabiskan waktu dengan Gadget dari pada berolahraga. Padahal olahraga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan hidup kita. Dengan berolahraga mengurangi faktor resiko terjadinya depresi, kecemasan dan stress.

3. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup yaitu bab yang penting dalam menjalani contoh hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan kegiatan yang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia remaja muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak mempunyai waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, ibarat kanker dan jantung.



4. Perbanyak Minum Air Putih Dan Gosok Gigi Secara Teratur
Di kurun serba gadget dan rutinitas yang sibuk menciptakan kita sering terlupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari an lebih menentukan minuman berwarna dan bersoda. Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap mempunyai cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh bermacam-macam fungsi tubuh, antara lain:

- Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan peresapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
- Membantu memperlihatkan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi supaya tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan sanggup memicu kelelahan pada otot.
- Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat tubuh dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
- Menjaga kesejukan kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
- Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
- Membantu proses pembuangan sisa-sisa masakan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

5. Berpikir Positif
Secara psikologi berpikir aktual yaitu kegiatan berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek aktual pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.

Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir aktual untuk kesehatan. Salah satu manfaat berpikir aktual yaitu membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Berpikir aktual tidak hanya sanggup menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat, tetapi juga sanggup memperlihatkan dampak kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga bisa memperpanjang usia.

Seseorang dengan anutan yang aktual akan lebih merasa senang dan hal ini sanggup memicu kau untuk menjadi orang yang lebih produktif.



)* Penulis yaitu seorang praktisi kesehatan, tinggal di Jakarta.

Post a Comment

 
Top