0 Comment
Penyebab kanker penis dan kanker serviks sanggup ditularkan lewat korelasi seksual (Foto: thinkstock) Penyebab kanker penis dan kanker serviks sanggup ditularkan lewat korelasi seksual (Foto: thinkstock)

Jakarta - Kanker penis dipicu oleh benjol HPV (Human Papiloma Virus), jenis virus yang sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita. Oleh karenanya, jenis kanker ini juga sanggup 'menular'.

Yang ditularkan tentu saja yaitu penyebabnya, yakni HPV. Khususnya tipe 16 dan 18 yang juga dikaitkan dengan kanker serviks.

Menurut dokter seorang hebat urologi dari RS Mayapada, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, kanker penis pada laki-laki memang jarang terjadi. Puncaknya laki-laki yang sanggup mengalami penyakit satu ini juga rata-rata yang berusia 60 hingga 80 tahun. Dan jarang sekali dtemukan pada laki-laki umur 30 hingga 40 tahunan.

Gejala kanker ini antara lain timbul benjolan, borok, atau luka yang tak kunjung sembuh pada belahan penis. Dan kalau sudah menyerupai ini sangat disarankan untuk segera menemui dokter urologi sebelum menulari pasangan ketika berafiliasi badan.



"Kanker penis yang dialami laki-laki tentu saja sanggup menulari pasangannya. Bahkan hingga menjadikan perempuan tersebut mengalami kanker serviks, tentu saja hal ini terjadi sehabis melaksanakan korelasi badan. Bukan hanya dengan cara bersentuhan saja," ujar dr Akbari dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

"Wanita yang mempunyai pasangan mengalami kanker penis, kemungkinan untuk terkena kanker serviksnya meningkat hingga 3-8 kali lipat dibandingkan dengan yang normal," pungkas dr Akbari.



Simak juga kata dokter urologi perihal masturbasi dalam video Bincang Sehat berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



Post a Comment

 
Top