0 Comment
Ilmuwan membuat suatu penemuan gres untuk mendeteksi kanker semenjak dini. Foto: iStock Ilmuwan membuat suatu penemuan gres untuk mendeteksi kanker semenjak dini. Foto: iStock

Jakarta - Tidak semua jenis kanker bisa dideteksi semenjak dini. Namun para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology menciptkana suatu penemuan gres untuk mendeteksi adanya sel kanker.

Yaitu pil bola ping pong yang terbuat dari perangkat hidrogel. Namun pil ini berukuran kecil ibarat pil pada umumnya, lalu didesain sedemikian rupa untuk berkembang seukuran bola ping pong sehabis ditelan dan masuk ke dalam perut.

Setelah mengembang, sensor pil tersebut akan melacak suhu lambung untuk menemukan adanya suatu masalah, ibarat sel kanker dan penyakit gastrointestinal (saluran pencernaan). Pil ini akan bertahan selama 30 hari di dalam tubuh.



"Mimpinya yaitu mempunyai pil berakal ibarat Jell-O-like, yang sehabis tertelan tetap di perut dan memantau kesehatan pasien untuk waktu yang lama, ibarat sebulan," terang rekan peneliti, Xuanhe Zhao dikutip dari New York Post.

Para peneliti terinspirasi dari kemampuan ikan buntal dan blowfish yang bisa mengembang sebagai seni administrasi pertahanan. Kemudian para peneliti mendesain pil tersebut lebih elastis dan biokompatibel dibandingkan dengan pil yang hanya bertahan beberapa hari dan terbuat dari plastik.

Sejauh ini, pil ping pong gres diujikan pada babi. Tetapi para peneliti berharap pil tersebut bisa benar-benar mendeteksi kanker pada manusia. Bonusnya yaitu penurunan berat badan.

"Mungkin kau bisa meminum beberapa pil ini untuk mengisi perutmu dan menurunkan berat badan," tandas Zhao.



Post a Comment

 
Top