0 Comment
Lewis Hamilton menangi GP Azerbaijan 2018 (David Mdzinarishvili/REUTERS)Lewis Hamilton menangi GP Azerbaijan 2018 (David Mdzinarishvili/REUTERS)

Baku - Balapan yang cukup dipenuhi drama di Azerbaijan hasilnya dimenangi driver Mercedes GP Lewis Hamilton. Valtteri Bottas out dan Sebastian Vettel finis keempat.

Pada balapan di sirkuit Baku City, Minggu (29/4/2018) malam WIB, Vettel yang start dari pole memimpin nyaris setengah balapan lebih sebelum hasilnya harus finis posisi keempat.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara Bottas yang sempat mengambil laba dari Vettel malah gagal finis alasannya ialah pecah ban. Hamilton menjadi pebalap yang tersenyum lebar usai menerima kemenangan disusul Kimi Raikkonen dan Sergio Perez.

Kemenangan pertama Hamilton ekspresi dominan ini membuatnya menguasai puncak klasemen pebalap dengan 70 poin, menggeser Vettel yang cuma finis keempat ke posisi kedua dengan 66 poin. Di posisi ketiga ada Raikkonen dengan 48 poin.

Jalannya Balapan

Begitu lampu hijau menyala, Vettel pribadi tancap gas untuk menjaga posisi pertama dari kejaran lawan-lawannya. Nasib sial dialami rekan setimnya, Kimi Raikkonen, yang harus bersinggungan dengan kendaraan beroda empat Sebastian Ocon di tikungan pertama.

Ocon pun pribadi out di lap pertama sementara Raikkonen harus kembali ke pit untuk memperbaiki mobilnya. Alhasil safety car harus keluar di lap pertama ini dengan Vettel memimpin balapan disusul Hamilton, Bottas, Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Carlos Sainz, Lance Stroll, Sergio Perez, dan Nico Hulkenberg,

Pebalap McLaren, Fernando Alonso, pun harus keluar sejenak di lap pertama ini alasannya ialah kerusakan di belahan ban kanan depannya.

Sebelas lap berlalu, Vettel masih memimpin balapan disusul duo Mercedes Hamilton dan Bottas. Vettel terus menjaga jarak dengan Hamilton dan Bottas hingga ia masuk pit lagi di lap ke-31.

Pada lap ke-40, peristiwa terjadi lagi dikala Ricciardo menyeruduk kendaraan beroda empat Verstappen yang menciptakan keduanya harus out barengan. Safety car lagi-lagi keluar yang mana menguntungkan Bottas yang gres saja keluar dari pit dengan ban ultrasoft.

Bottas pun memimpin balapan disusul Vettel dan Hamilton. Tiga lap setelahnya Romain Grosjean keluar dari balapan sesudah mobilnya menghajar dinding alasannya ialah kehilangan kendali.

Setelah safety car masuk lagi pada lap ke-47, Bottas bisa mempertahankan posisi terdepannya. Sementara, Vettel yang coba menyalip Bottas tiba-tiba berasap mobilnya dan membuatnya malap disalip Hamilton serta Raikkonen.

Hamilton Menang di Baku, Bottas Out, Vettel KeempatFoto: David Mdzinarishvili/REUTERS

Vettel pun turun ke posisi keempat dan sudah diincar oleh Perez yang berada sempurna di belakangnya. Bottas yang sedang asyik-asyikanya memimpin balapan menerima peristiwa dikala ban kanan belakangnya pecah di lap ke-49

Hamilton Menang di Baku, Bottas Out, Vettel KeempatFoto: David Mdzinarishvili/REUTERS

Hamilton dengan gampang menyalip Bottas untuk mengambil alih pimpinan balapan diikuti Raikkonen dan Vettel. Tapi, Vettel hasilnya disalip juga di lap yang oleh Perez.

Ketika balapan berakhir, Hamilton jadi pebalap pertama yang melintasi garis finis. Raikkonen di posisi ketiga disusul Perez, Vettel, Sainz, Charles Leclerc, Alonso, dan Stroll.

Hasil GP Azerbaijan

Hamilton Menang di Baku, Bottas Out, Vettel KeempatFoto: twitter @F1



Post a Comment

 
Top