0 Comment
Printer Hewlett Packard. Foto: Adi Fida Rahman/detikinetPrinter Hewlett Packard. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

Jakarta - Meski sudah dipagari sistem keamanan yang andal, sejumlah perusahaan finansial di Indonesia masih dibobol hacker. Celah yang dipakai tidak disangka-sangka, lewat perangkat printer.

Hal tersebut diungkap President Director HP Indonesia David Tan ketika berbincang di kantornya yang berada di tempat Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu sore (25/4/2018). Sayangnya beliau tidak menyebut detail nama-nama perusahaan tersebut.

David hanya menceritakan ketika pihaknya merilis printer seri A3, HP melaksanakan roadshow. Di sana mereka mengungkap bawah printer bisa dipakai oleh hacker untuk membobol data perusahaan. Rupanya informasi tersebut mengagetkan sejumlah petinggi TI perusahaan.

"Banyak yang tidak menyangka para hacker sanggup membobol data perusahan lewat jaringan printer," kata David.



Bos HP Indonesia lantas mengungkap laporan IDC di tahun 2017. Disebutkan banyak perusahaan atau organisasi di Asia Tenggara tidak dilengkapi sistem keamanan TI yang benar. Hal tersebut termasuk pinjaman pada jaringan printer.

"Sebanyak 60% perusahaan berisiko," ujar David.

Cara Penyebaran

Malware masuk lewat network interface card, kemudian mereka merusak BIOS. Selanjutnya malware masuk ke hard disk yang tersimpan dalam printer.

Ketika malware sudah di hardware, ia akan mengubah settingan di control panel printer hingga input dan output tray. Bila tidak ditangani, Malware terdaput bisa sangat merugikan perusahaan. Sebab akan banyak data penting yang mereka curi.

Perusahaan Finansial di Indonesia 'Dibobol' via PrinterDavid Tan. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet


Menyadari kerentanan tersebut, HP menciptakan sistem keamanan khusus pada jajaran printer multifungsinya. Mereka mengklaim sistem ini sanggup menangkal pencurian data oleh malware lewat mesin cetak.

"Sistem keamanan HP akan mengecek BIOS dan firmware apakah sesuai dengan standarnya. Bila telah diubah, printer akan mati dan recovery," terang David.

Salah satu printer yang mengusung sistem keamanan ini yakni A3. Printer multifungsi yang ditujukan untuk bisnis itu diluncurkan Juni pertengahan tahun lalu.



Selain dibekali dengan fitur keamanan yang canggih, printer-printer ini juga memuat fitur teknologi inteligent yang sanggup memantau setiap komponen di dalamnya. Dengan fitur ini, HP mengklaim pengguna bisa melihat kalau ada permasalahan dalam printernya.

Kecanggihan lainnya tentu soal kecepatan dalam mencetak. Printer itu bisa mencetak 35 hingga 80 lembar permenit dan juga bisa memindai 200 foto sekaligus.

Post a Comment

 
Top