0 Comment
Ini 7 Hal yang Penting Kamu Lakukan Sebelum Keluar dari Kamar Hotel

Jakarta - Saat makan di restoran, mungkin kau ingin bersikap sopan atau berbuat baik yang dapat sedikit meringankan pekerjaan para pelayan yang tampaknya terlihat sibuk setiap saat. Tapi niat baik ternyata tidak selalu berujung membantu mereka.

Dilansir Reader's Digest, ada beberapa kebiasaan sopan para tamu yang tak disangka justru kurang disukai staf restoran. Bukannya mereka tidak tahu terima kasih, tapi mekanisme pekerjaan yang sudah mengatur menyerupai itu.

1. Menumpuk Peralatan Makan di Tengah
Kamu mungkin tahu permintaan untuk menumpuk piring dan peralatan makan di tengah meja sesudah jawaban makan. Tujuannya, supaya pelayan lebih gampang membereskan bekas kegiatan makan.

Ternyata 'kebaikan' ini kurang tepat. Menumpuk piring di tengah menciptakan staf restoran kurang nyaman. Sebaiknya biarkan peralatan makan sesudah bersantap alasannya yaitu restoran besar biasanya sudah punya sistem tersendiri bagaimana membereskan meja.

5 Perilaku Sopan Tamu yang Justru Tidak Disukai Pelayan RestoranFoto: Istimewa

2. Membereskan Sendiri Air yang Tumpah
Saat tak sengaja menumpahkan air atau memecahkan gelas ke lantai maupun meja, mungkin kau ingin membantu staf restoran dengan membereskannya sendiri.

Sikap sopan ini mungkin dapat cukup dimengerti alasannya yaitu kau merasa bersalah. Tapi sebaiknya pribadi panggil pelayan dan biarkan mereka yang membersihkannya. Ada kekhawatiran kau dapat terluka alasannya yaitu serpihan beling yang jatuh. Lagipula restoran sudah mempunyai standar sendiri untuk mengatasi hal-hal tak terduga tersebut. Permintaan maaf sudah cukup bagi mereka.

3. Terlalu Ramah
Kamu mungkin ingin jadi tamu yang ramah dengan menegur atau mengajak staf restoran mengobrol. Tapi lihat situasi terlebih dahulu. Jika kondisi restoran cukup ramai, terlalu banyak bicara dengan pelayan justru dapat menciptakan mereka kurang konsentrasi melayani tamu.

Selain itu ada etiket di mana pelayan dihentikan membicarakan hal-hal pribadi dengan tamu, begitupun sebaliknya. Senyum yang tulus, bilang 'terima kasih' dan memperlihatkan tip sudah cukup untuk menciptakan pelayan merasa dihargai.
5 Perilaku Sopan Tamu yang Justru Tidak Disukai Pelayan RestoranFoto: Istimewa


4. Membantu Angkat Makanan dari Nampan
Saat melihat pelayan tampak kepayahan membawa nampan berisi masakan ke meja, mungkin kau akan tergerak untuk membantu mengangkat dan menaruhnya ke meja. Satu yang dapat disarankan, sebaiknya jangan.

Ketahuilah kalau pelayan restoran sudah terlatih menjaga keseimbangan ketika membawa nampan berisi penuh makanan. Kaprikornus mereka tidak perlu dibantu. Justru kalau kau tiba-tiba mengangkat piring atau gelas dari nampan, akan menganggu keseimbangan dan malah membuatnya jatuh.

Jika ingin membantu, cukup pindahkan ponsel, dompet atau barang-barang pribadi lainnya di atas meja ke bab pinggir supaya masakan lebih gampang disajikan.

5. Tidak Mau Komplain
Sebagian dari kau mungkin merasa sungkan kalau ingin komplain wacana masakan yang dipesan. Entah itu kurang asin sehingga harus ditambah garam, masakan berkuah yang kurang hangat, atau steak yang tidak sesuai tingkat kematangannya.

Asal tahu saja, staf akan sangat berterima kasih kalau ada komplain wacana kualitas makanannya, asalkan disampaikan dengan cara yang sopan dan tak berapi-api. Mereka lebih menghargai komplain dari tamu ketika itu juga ketimbang kau berkoar-koar di media umum wacana keburukan mereka. Dengan begitu, restoran tersebut akan membenahi diri dengan cara yang benar.

Post a Comment

 
Top