0 Comment
Mandi Sebelum Tidur Bisa Bantu Kamu Terlelap Lebih Cepat, Begini Caranya

Jakarta - Tanpa kau sadari, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang sanggup membuatmu menjadi lebih cepat gemuk. Nah, kalau kau merasa berat tubuh selalu bertambah, segera periksa kembali kebiasaan tidurmu.

Seperti dikutip Brightside, kurangnya waktu tidur sanggup memicu penambahan berat badan. Fakta tersebut menurut penelitian yang dilakukan oleh The King's College of London dan Vrije University of Amsterdam pada 2016. Hasil dari penelitian tersebut menyebut bahwa kurang tidur sanggup memicu mengonsumsi lebih banyak kalori yang berakhir dengan kegemukan.

Penelitian itu menganalisis 11 studi ihwal waktu tidur yang ideal dan kenaikan berat badan. Dari jumlah akseptor sebanyak 172 partisipan, beberapa akseptor punya kualitas tidur yang jelek selama dua minggu, dan yang lainnya mempunyai waktu tidur yang ideal.


Ditemukan bahwa mereka yang kekurangan tidur akan mengonsumi lebih banyak kalori. Ketika begadang, seseorang lebih rentan menentukan makan makanan yang berlemak menyerupai hamburger. Jika kau mempunyai waktu tidur yang kurang ideal, dan makan kalori berlebihan tanpa melaksanakan acara apapun, jangan heran kalau berat tubuh jadi bertambah.

Para peneliti mengungkapkan, kurangnya waktu tidur akan mengacaukan hormon leptin dan ghrelin. Hormon tersebut bekerja untuk mengatur rasa lapar dan kenyang di dalam tubuh.


Penelitian lain juga menawarkan bahwa kurang waktu tidur sanggup mengganggu kinerja otak. Berpengaruh pula kepada energi yang akan dikeluarkan keesokan harinya, serta penurunan produktivitas dalam bekerja sampai menjadi lebih emosional.

Post a Comment

 
Top