0 Comment
Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton di GP Singapura (Edgar Su/Reuters)Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton di GP Singapura (Edgar Su/Reuters)

Jakarta - Malaysia final pekan ini jadi yang pertama dari enam final F1 animo ini. Lewis Hamilton ada di atas angin, bagaimana dengan Sebastian Vettel?

GP Singapura yang belum dua pekan berlalu seharusnya berakhir menyenangkan untuk Vettel dan Ferrari. Meski mereka berada di posisi kedua klasemen dikala itu, namun dengan pole position yang didapat di sesi kualifikasi, tentunya memudahkan Vettel meraih kemenangan.

Kemenangan otomatis akan menciptakan Vettel berada di pole dalam perebutan gelar juara. Hamilton yang start kelima pun cuma sanggup berharap ada tragedi alam yang lantas sanggup menggagalkan peluang Vettel menang di Singapura.

Doa Hamilton mungkin saja didengar oleh Tuhan ketika selepas start tragedi tiba untuk Vettel dan Ferrari. Diawali manuver berbahaya Kimi Raikkonen yang kesudahannya mengenai kendaraan beroda empat Max Verstappen menciptakan dua pebalap itu mengalami crash.

Vettel yang berusaha melepaskan diri di posisi terdepan pun ikut kena imbas yang menciptakan mobilnya melintir dan kesudahannya out sebelum lap pertama tuntas. Hamilton pun diuntungkan dan pada kesudahannya ia muncul sebagai pemenang.

Hasil ini tentu menguntungkan Hamilton yang berdiri di tiga seri terakhir ddi mana ia selalu finis podium teratas. Saat ini Hamilton memimpin 28 poin atas Vettel di posisi kedua. Peluang juara Hamilton yang sempat menipis usai performa jelek di paruh pertama animo sekarang justru membesar.

Di satu sisi, Vettel yang di paruh pertama animo berada di atas angin malah menurun performanya di beberapa balapan terakhir. Usai menang di Budapest, Vettel berturut-turut cuma finis kedua, ketiga, sebelum gagal total di Singapura kemarin. Sementara Hamilton dari empat balapan terakhir, hanya sekali gagal finis podium adalah posisi empat di Hongaria.

Dengan kondisi demikian, GP Malaysia final pekan ini ibarat memuluskan langkah Hamilton menuju gelar juara dunia keempatnya. Karakter sirkuit Sepang yang didominasi trek lurus dan tikungan cepat tentu akan memudahkan Hamilton melajukan mobilnya.

Apalagi Hamilton selalu meraih pole position dalam tiga balapan terakhir di Malaysia. Istilah di atas kertasnya, Hamilton sudah menang duluan atas Vettel sebelum balapan dimulai.

Tapi ibarat halnya di Singapura lalu, Malaysia bukan tak mungkin menghadirkan kejutan serupa. Hamilton tentu tak ingin misinya untuk menang gagal hanya sebab angkuh duluan, sementara Vettel harus banyak-banyak berdoa semoga rivalnya itu mengalami nasib serupa dengannya.

Atau berharap saja Valtteri Bottas, Kimi Raikkonen, dan duo Red Bull sanggup melaksanakan sesuatu yang bakal menciptakan balapan berjalan menarik. Kita tunggu saja dikala balapan di Sepang, Minggu (1/10/2017) dimulai.

Klasemen F1
1. Lewis Hamilton 263 poin
2. Sebastian Vettel 235 poin
3. Valtteri Bottas 212 poin
4. Daniel Ricciardo 162 poin
5. Kimi Raikkonen 138 poin


Post a Comment

 
Top