0 Comment
Sinyal lemah, mungkin tidak sedikit orang yang mengalami, karena masalah ini sudah sering kita temui dimanapun kita berada. Bagi pengguna internet 4G, 3G, maupun Edge sebenarnya tidak ada bedanya jika kita memang tinggalnya didaerah pedesaan kecil.


Sekali sinyal lemah, sinyal akan terus lemah bahkan bisa sampai seharian, berbagai cara sudah kita lakukan mulai dari Mengetes PING, Mematikan lalu menghidupkan data seluler, sampai dengan menghubungi Customer Service terkait, tetap saja sinyal internet tidak kunjung stabil.

Sebenarnya kita tidak perlu sampai menghubungi Customer Service, karena sebenarnya masalah seperti ini sudah umum dialami banyak orang tak terkecuali saya sendiri. Pihak Operator sendiri pun pernah saya hubungi dan ujung-ujungnya saya sendiri yang disuruh Action.

Artinya, masalah ini memang dapat kita atasi sendiri, Pihak Operator hanya menyampaikan solusi yang tepat bagi kita.

Solusi mengatasi sinyal internet lemah menurut customer service yang pernah saya hubungi.

Menurut Customer Service yang pernah saya hubungi, saya diberikan saran untuk:

  • Mematikan Data Seluler kemudian menghidupkannya lagi.
  • Telusuri Jaringan Secara Manual, lebih jelasnya memilih jaringan secara manual.
  • Merestart Ponsel Android/Modem/Router.


Saya coba cara-cara diatas, memang berhasil, tetapi hanya sementara dan setelah itu sinyal saya kembali lemah.

Karena pada dasarnya memang bergantung dari Ponsel/Modem yang kita pakai atau Daerah yang kita tempati. Jika memang masalahnya bukan karena ponsel kita, berarti masalahnya terdapat pada daerah kita, so simpel banget kan.

Lalu Bagaimana Solusi Untuk Mengatasi Sinyal Lemah?

1. Setting APN Secara Manual.

Tiap-tiap operator memiliki APN yang berbeda-beda, jika anda pengguna operator berikut silahkan terapkan APN ini jika koneksi internet anda lemah:

APN Telkomsel

APN: AHA
Pengguna: Kosongkan
Sandi: Kosongkan
MCC: 510
MNC: 10
Jenis Autentikasi: PAP atau CHAP
Aktifkan APN: Aktifkan

APN Three

APN: 3data
Nama Pengguna: 3data
Sandi: 3data
Proxy: Dikosongkan
Port: Dikosongkan
Protokol APN: IPv4/IPv6
Protokol Roaming: IPv4/IPv6
Jenis APN: Default
MCC: 510
MNC: 89
Jenis Autentikasi: PAP

APN XL/AXIS

APN: xlunlimited
Jenis APN: Default,supl
Jenis Autentikasi: PAP
Protokol APN: IPv4
MCC: 510
MNC: 11

2. Setel Jenis Jaringan Yang Disukai

Anda harus masuk ke menu pengujian telepon dengan cara mengetik *#*#4636#*#* pada dialpad Ponsel Android anda. Kemudian anda akan diarahkan ke menu pengujian telepon, silahkan pilih Info Telepon1 atau Info Telepon2 lalu pilih Setel Jaringan yang disukai:

Pengguna Ponsel 3G : Pilih WCDMA Preffered
Pengguna Ponsel 4G : Pilih LTE/CDMA/UMTS auto (PRL)

3. Pilih Jaringan Tipe Prioritas

Untuk Anda pengguna Ponsel Xiaomi atau Miui, silahkan pilih tipe jaringan prioritas yang anda inginkan. Jika anda ingin menggunakan 3G silahkan pilih tipe prioritas 3G, sedangkan jika anda ingin menggunakan 4G silahkan pilih tipe prioritas 4G.

4. Hapus Recent App Yang Berjalan

Apa hubungannya Recent App dengan Koneksi Internet? mungkin ada yang bertanya seperti itu.

Jawabannya begini, jika ada aplikasi lain yang berjalan dilatar belakang, apalagi jika aplikasi itu membutuhkan koneksi internet., pasti secara perlahan akan memperlambat koneksi internet dan juga ponsel android kita.

Nah semakin banyak aplikasi yang berjalan, semakin lambat koneksi internet kita, sebenarnya kita tidak perlu menjalankan berbagai aplikasi yang tidak penting, apalagi aplikasi yang berjenis hiburan.

Solusinya adalah hapus recents app yang berjalan, agar mengurangi beban ponsel dan juga mengurangi beban koneksi internet yang dijalankan, atau jika ini tidak berpengaruh sama sekali, silahkan memaksa berhenti aplikasi yang memang tidak diperlukan.

5. Jalankan Internet Hanya dengan Satu Browser

Artinya, jika anda memiliki browser Instalasi yang berbeda-beda, silahkan fokus untuk menggunakan satu browser saja. Jangan berpindah-pindah browser untuk mengakses internet.

Karena jika anda mengakses internet pada berbagai browser yang berbeda, satu koneksi data anda akan di bagi menjadi dua, misalnya jika browser pertama sedang memuat halaman, maka browser kedua juga ikut terpengaruhi.

Terkadang ada juga jenis browser tertentu yang melakukan pramuat halaman web secara otomatis.

Jika koneksi Internet masih tetap bermasalah, maka ada tiga kemungkinan:

  • Daerah Anda mungkin jauh dari sinyal pemancar/tower, kebanyakan masalah ini ditemukan pada daerah pedesaan atau kampung kecil.
  • Ponsel Anda memang sulit mendapatkan sinyal, kemungkinan karena anda berada didaerah tertutup seperti kamar, basement, dan rumah besar.
  • Type handset anda memang sulit mendapatkan sinyal.


Nah kasus seperti itulah yang pernah dialami oleh banyak orang, dan menjadi penyebab utama sinyal internet hilang.

Jika cara-cara yang saya sebutkan masih belum berhasil juga, mungkin alternatif lainnya adalah menghubungi customer service operator anda.

Sekiranya ada yang kurang silahkan berikan saran, karena artikel yang saya tulis memang jauh dari kata sempurna.

Post a Comment

 
Top