0 Comment
Jalan Pelangi di Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Ciamis - Banyak destinasi instagramable di Ciamis, salah satunya Jembatan Pelangi. Kalau liburan selesai tahun di Ciamis, traveler wajib berkunjung ke sana.

Ciamis punya jembatan yang sedang hits dan instagramable. Orang menyebutnya sebagai Jembatan Pelangi (JP) yang bentuknya melengkung menyerupai pelangi, indah dan berwarna-warni.

Jalan Pelangi atau Jembatan Pelangi itu terletak di Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ini merupakan saluran masyarakat untuk pergi ke ladang dan menuju Situs Gandoang.

Sepintas menyerupai jalan kip biasa. Namun diberi pagar pembatas kemudian dicat warna-warni sehingga terlihat indah dan kekinian. Yang jadi daya tarik, jalan tersebut berada di antara area persawahan dan kebun. Dari kejauhan terlihat pemandangan Gunung Sawal yang menjulang tinggi. Sehingga dapat jadi spot foto yang indah untuk menghiasi album di medsos.

Pagar pembatasnya dicat warna-warni (Dadang Hermansyah/detikTravel)Pagar pembatasnya dicat warna-warni (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Jembatan Pelangi selalu ramai oleh masyarakat terutama anak muda pada sore hari. Di sana mereka nongkrong dan berfoto ria. JP pun menjadi pilihan tempat wisata yang terjangkau.

"Hampir setiap sore di sini selalu ramai, ada yang nongkrong, foto-foto, juga suka banyak yang jualan. Sebelumnya jalan ini hanya pematang sawah. Sekarang jadi indah sehingga jadi ramai diperbincangkan," ujar Aprilia Nurliah pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cikoneng dikala sedang berfoto bersama temannya di Jalan Pelangi, Kamis (13/12/2018).

BACA JUGA: Obat Stress dari Ciamis: Wisata Rock Balancing

Pengunjung berjulukan Rahma Kamila juga mengaku pada sore hari sering mengunjungi Jembatan Pelangi tersebut bersama teman-temannya.

"Mending di sini, buat refreshing juga dapat alasannya yaitu di area sawah, dapat lihat Gunung Sawal dan anginnya cukup besar menyerupai di pantai," katanya.

Wisatawan asyik berfoto (Dadang Hermansyah/detikTravel)Wisatawan asyik berfoto (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Nah, JP dibangun oleh Pemkab Ciamis sebagai upaya penataan tempat pemukiman kumuh dalam agenda Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Pemkab Ciamis telah tetapkan ada 14 tempat kumuh. Salah satunya di Desa Wanasigra yang telah dibangun Jembatan Pelangi.

"Untuk tahun 2018 ini ada 9 tempat kumuh yang mendapat pemberian agenda Kotaku, nilainya variatif mulai Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar," ukar Kepala Satker Penataan Infrastruktur Pemukiman (PIP) Ciamis Tino Armyanto.

Dikatakan Tino, pelaksanaan pembangunan agenda ini dilakukan oleh BKM di masing-masing desa dengan melibatkan swadaya masyarakat.

"Salah satu tempat kumuh yang sekarang telah mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih. Dengan pemberian agenda tersebut, di wilayah ini telah berhasil membangun jalan lingkar desa yang juga dimanfaatkan warga untuk rekreasi," katanya.

Hal itu tercipta berkat sentuhan kreativitas pelaksana dan masyarakat, pembangunan jalan tersebut telah menjadi daya tarik dan menghidupkan tempat kumuh tersebut.

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel)



Tonton juga 'Situgunung, Spot Instagramable Baru di Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]


Post a Comment

 
Top