0 Comment
Foto: Devi S. Lestari / detikFoodFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Jakarta -

Acara tahunan bazar halal internasional kembali digelar di Jakarta. Di sini banyak produk dan bermacam-macam aktivitas yang sanggup menambah pengetahuan perihal halal.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan pameran halal bertajuk Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018. Kali ini program digelar di Gedung Smesco mulai tanggal 1-3 November 2018.

Tahun ini Indhex 2018 mengusung tema "Peningkatan Daya Saing UMKM dengan Sertifikasi Halal." Tema ini dipilih alasannya Usaha Mikro, Kecil dan Menenengah (UMKM) mempunyai tugas penting dalam perekonomian Indonesia.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Baca juga : Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 Sosialisasikan Produk Halal Nasional dan Global l

Beberapa tahun terakhir, pemerintah terus mendorong tugas UMKM supaya menjadi pelaku ekonomi yang tangguh. Tujuannya supaya sektor perjuangan kecil ini sanggup meningkatkan tugas dan kontribusinya di bidang ketahanan pangan nasional.

Direktur LPPOM MUI, Dr. Ir. Lukmanul Halim, M.Si menyampaikan UMKM cukup signifikan dalam pergerakan ekonomi. Di ketika terjadi krisis ekonomi, para pelaku perjuangan kecil justru tampil sebagai penopang roda perekonomian. Oleh alasannya itu peningkatan UMKM dalam ketersediaan pangan, khususnya pangan halal, LPPOM MUI mengambil langkah yang dianggap penting.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Acara dibuka oleh Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin, Indhex 2018 ini juga dibutuhkan sanggup jadi aktivitas nyata yang menciptakan semakin banyak orang tahu perihal status kehalalan produk.

"Bagi para pelaku usaha, akta halal MUI menjadi nilai tambah, sehingga tugas dan keberadaan LPPOM MUI semakin dibutuhkan seiring tumbuhnya industri masakan minuman dan obat-obatan di Indonesia," ujar Ma'ruf Amin.

Acara ini juga menghadirkan banyak sekali produk halal mulai makanan, minuman sampai alat masak bersertifikat halal. Karena tahun ini LPPOM MUI menggandeng Smesco maka banyak produk UMKM yang turut hadir.

Ma'ruf Amin: Produk Dengan Sertifikat Halal MUI Punya Nilai TambahFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Dari banyaknya produk UMKM yang sudah tersertifikasi halal sanggup dilihat jikalau mengurus sertifikasi halal ini tidaklah sulit. Beberapa diantaranya ada cheese stick, kerupuk, keripik daun kelor, gula merah sampai madu.

Baca juga : Tiga Kategori Halal Award di INDHEX 2013

Bukan hanya itu, banyak sekali aktivitas menarik juga digelar dengan menghadirkan beberapa publik figur. Beberapa diantaranya ada Ben Kasyafani, Dhini Aminarti, Marissa Haque, Dewi Sandra, Chef Muto dan masih banyak lagi.

Selama tiga hari ini juga ada talkshow, olimpiade halal,lomba menciptakan cake halal, demo masak halal sampai demo make up dengan produk halal. Untuk sanggup masuk ke event ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

Post a Comment

 
Top