0 Comment


Setiap orang pasti punya masalah sendiri. Dan terkadang masalah-masalah yang terjadi itu akan menyebabkan stress. Aku termasuk orang yang juga kadang stress. Yang namanya stress emang sulit banget dikendaliin bahkan kadang menjadi masalah yang amat dan sangat besar. Orang-orang di luar sana stress juga banyak alasannya. Bahkan kadang apa yang menurut kita ngga masuk akan dapat menjadi suatu beban pikiran yang sangat berat bagi orang lain. Ada orang yang stess karena karena ngga punya uang, ada yang stress karena pacar, cinta, pekerjaan, situasi keluarga dan banyak hal lainnya. Aku menyadari sekarang kalo di dunia ini emang ngga ada satu hal pun yang dapat menjamin kebahagiaan. Ada orang yang banyak uang tapi bercerai, ada orang yang memiliki keluarga yang baik-baik tapi mereka tidak merasa bahagia dalam hidup mereka.

Aku tidak ingin membahas orang lain sebenarnya. Aku ingin berbicara tentang apa yang aku pikirkan tentang stress. Menurut aku tidak ada yang salah dengan stress. Bahkan stress itu kadang bisa membantu kita untuk lebih giat untuk melakukan suatu hal. Misalnya kita stress karena banyak sekali tugas, maka ada kemungkinan kita akan menjadi giat menyelesaikan semua tugas-tugas tersebut. Aku juga banyak stress dimasa lalu. Hahaha seolah-olah aku hidup di zaman batu gitu yahh…




Mungkin ada banyak cara seseorang dalam hal menghilangkan stress nya. Aku memiliki teman yang menghilangkan stressnya dengan makan, ada yang dengan jalan-jalan, ada yang menghabiskan waktu dengan orang yang disayanginya. Ada banyak sekali jenisnya tergantung dengan siapa kita bertanya.
Aku sendiri menghilangkan stress dengan sendirian  tetapi di tengah keramaian. Kalau bisa jangan ada satu orang pun yang aku kenal. Dengan demikian aku bisa objektif dalam menjernihkan pikiranku. Hahah. Lebih tepatnya sih, ketika aku berada di keramaian, aku sendirian, aku merasa benar-benar dapat melihat kehidupan yang sebenarnya dan dengan objektif memahami bahwa ada banyak masalah yang lebih besar dibandingkan masalah ku sendiri. 

Hal yang biasa kulakukan adalah pergi ke pusat keramaian, duduk dan memandang ke sekelilingku. Ibarat nya aku bisa melihat dengan jelas sekelilingku. Sama seperti aku sedang menonton sebuah film pendek documenter yang menunjukkan betapa sibuknya manusia dengan urusannya masing-masing. Dan melihat kehidupan nyata tanpa aku harus mencampur adukkan perasaanku dengan kondisi yang ada di depan mataku. Biasanya rasanya sangat lega. Pada saat seperti itu, hal yang wajib kulakukan adalah memegang HP ku dan mengambil gambar. Satu lagi, tidak boleh menghidupkan data internet. Bahkan aku biasanya membuat mode pesawat supaya sejenak aku tidak terhubung dengan dunia yang biasanya aku jalani. Hal ini sangat efektif bagiku terutama apabila aku ingin berpikir jernih. 

Cara lain yang biasa nya kulakukan adalah pergi sendirian ke tempat yang sepi dan berjalan sendirian disana. Hal yang biasa aku lakukan adalah berdoa dan meminta pertolongan Tuhan untuk masalahku. Tapi hal ini tidak terlalu efektif bagiku, karena biasa nya sendirian di tempat sepi seperti taman, akan membuat aku sedikit was-was dengan sekelilingku dan biasanya menjadi kebawa suasana. Terus nangis deh ahahhaha. Aku tidak menyarankan ini sih. 

Aku percaya semua orang dikaruniai Tuhan sebuah cara bagaimana menyelesaikan sebuah stress. Kalo di Alkitab dikatakan, kita diajak datang kepada Tuhan ketika kita merasa letih dan berbeban berat, sebab Dia akan memberikan kelegaan kepada orang yang mau datang kepadaNya. Ini adalah jawabannya. Mengandalkan Tuhan dalam segala hal dan bersyukur atas apa yang ada dalam kehidupan kita akan membantu kita. Terimakasih.  


Post a Comment

 
Top