0 Comment
Foto: Wisata Alam Kali Biru Polewali Mandar (dok Asosiasi Pariwisata Polman)

Polewali Mandar - Ayo liburan final tahun yang jauh ke Polewali Mandar di Sulawesi Barat. Di sana ada laut, gunung dan sungai berbatu yang indah untuk wisata alam.

Liburan final tahun di Sulawesi Barat, kau sanggup berkunjung ke wisata alam yang sejuk ini. Wisata alam ini berjulukan Wisata Alam Kali Biru. Terletak di Desa Batetanga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Destinasi ini selalu ramai dikunjungi warga.

Wisata alam Kali Biru memperlihatkan keindahan panorama alam dengan hamparan bebatuan besar di tengah sungai di bawah naungan rimbunnya daun pepohonan tinggi. Kesejukan air yang mengalir di sungai ini, mengatakan relaksasi tersendiri, yang dijamin sanggup menciptakan pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama berendam dalam sungai, sambil melupakan penat tanggapan rutinitas kerja.

(Abdy Febriady/detikTravel)(Abdy Febriady/detikTravel)
Untuk memanjakan wisatawan, pengelola Wisata Alam Kali Biru juga menyiapkan kemudahan gazebo dan sejumlah bak renang beraneka ukuran yang terletak di bawah pepohonan. Sehingga traveler dibentuk seolah berwisata di tengah hutan yang masih asri.

Pengelola juga tidak mematok tarif yang tinggi untuk berkunjung ke tempat Wisata Alam Kali Biru kok. Traveler cukup membayar Rp 5.000 saja untuk sekali kunjungan.

Pada waktu tertentu, pengunjung sanggup mencicipi nikmatnya buah durian, langsat ataupun rambutan orisinil kawasan ini yang dipetik pribadi dari pohonnya. Wah, harus tahu nih momen terbaiknya!

(dok Asosiasi Pariwisata Polman)(dok Asosiasi Pariwisata Polman)
Hajja Hamida selaku pengelola tempat wisata ini mengaku, wangsit membuka wisata Kali Biru ini muncul sehabis melihat potensi pengunjung yang selalu ramai mendatangi kawasan ini setiap isu terkini liburan tiba .

"Bersama keluarga, saya berpikir untuk mengumpulkan dana untuk membangun sejumlah kemudahan pendukung. Harapannya biar tempat wisata ini lebih menarik perhatian pengunjung," ujar Hajja Hamida kepada detikTravel, Selasa (18/12/18).

Sementara itu Muh Yusri, Ketua Asosiasi Pariwisata Polman berharap, pemerintah melaksanakan upaya pembinaan kepada pelaku perjuangan pariwisata di kawasan ini. Supaya pembangunan yang dilakukan tetap memperhatikan pengaruh lingkungan.

(dok Asosiasi Pariwisata Polman)(dok Asosiasi Pariwisata Polman)
"Jangan hingga semangat menarik pengunjung dengan menjual daya tarik lingkungan, justru mengabaikan bahkan merusak lingkungan. Harus tetap dijaga kelestariannya," harap Yusri.

Ketua Sahabat Penyu ini juga berharap, Dinas Pemuda dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar, mengatakan pembinaan kepada pengelola tempat wisata, terkait tata cara pengelolaan tempat wisata, biar pengunjung merasa kondusif dan nyaman, sehingga selalu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Cara ke sana:

Untuk menjangkau lokasi wisata alam ini tidaklah sulit. Jaraknya hanya 15 menit dari Jalan Trans Sulawesi Pinrang-Polman dan sanggup ditempuh dengan memakai kendaraan roda empat maupun roda dua.

Post a Comment

 
Top