0 Comment
Gua Kristal di Kupang (Randy/detikTravel)

Kupang Barat - Liburan final tahun, ayo bertualang ke Gua Kristal di Kupang dengan sejumlah mitos menarik. Ini kisahnya berdasarkan penuturan warga lokal.

Sebelum nama Gua Kristal mencuat di kalangan turis mancanegara, penduduk setempat menyebut Gua Kristal sebagai Gua Amnesi. Ditemui detikTravel di lokasi, Minggu (9/12/2018), salah satu penjaga gua berjulukan Yan menuturkan dongeng tersebut.

"Gua Amnesi, diambil dari nama fam seorang nenek yang berjulukan Amnesi," ujar Yan.

Yan menjelaskan, jika dahulu ada seorang nenek dengan nama belakang Amnesi yang menemukan gua tersebut. Kisah lain, dahulu gua itu juga sempat digunakan oleh penjajah Jepang untuk menyimpan senjata.

"Dulu Jepang di sini mereka perang. Barang-barang simpan sini," ujar Yan.

 Christofer Neno, pemilik lahan (Randy/detikTravel) Christofer Neno, pemilik lahan (Randy/detikTravel) Foto: (Johannes Randy/ detikTravel)


Hanya saja, nama tersebut kalah dengan Gua Kristal yang dipopulerkan oleh turis asing di media sosial. Hal itu diungkapkan oleh penjaga gua lain berjulukan Eri Rizky atau yang dekat disapa Eren.

"Waktu 2009 gres terkenal, dari luar negeri tiba sebarkan sosmed kemudian ramai," terang Eren.

Kehadiran Yan dan Eren pun tak terlepas dari sejumlah kejadian yang dialami wisatawan di Gua Kristal. Karena kondisi gua yang licin, sempat terjadi kejadian turis terpeleset. Menghindari hal itu, sejumlah penjaga pun disiagakan.

"Pernah ada terpeleset, alasannya yaitu di dalam gelap ketahuannya belakangan. Mungkin alasannya yaitu excited dorong-dorongan kemudian terpeleset. Sejak itu ada penjaga," ujar Eren.

Kisah menarik lain seputar Gua Kristal juga dituturkan oleh sang pemilik lahan berjulukan Christofer Neno atau disebut Chris. Mewarisi lahan tersebut dari keluarganya, dahulu gua tersebut hanya jadi sumber mata air ketika berkebun. Tak lebih.

"Ceritanya tahu sendiri nenek moyang kami. Gak tahu masa depan, hanya berkebun. Satu hal yg memang ajaib masa sekarang. Ini air gotong royong dapat minum, dengan syarat asal masuk gak omong-omong dulu. Kalau ngomong asin, itu dulu," ujar Chris.

Menyadari jika gua miliknya disukai wisatawan, Chris pun membuka tanah miliknya untuk dikunjungi. Itulah sedikit dongeng dan mitos wacana Gua Kristal atau Gua Amnesi di Kupang. Terlepas dari kebenarannya, gua ini memang begitu indah untuk dikunjungi.



Tonton juga 'Menikmati Pemandangan Bawah Air di Gua Sarang':

[Gambas:Video 20detik]


Post a Comment

 
Top