0 Comment
Foto: Cantiknya jalur kereta Jawa Barat potongan selatan (Mukhlis Dinillah/detikTravel)

Bandung - Wilayah Jawa Barat potongan selatan dikenal mempunyai panorama alam yang menawan. Ini dapat jadi inspirasi liburan di simpulan tahun.

Seolah belum banyak tersentuh tangan-tangan manusia, alamnya masih asri dan manis dipandang sebab sejauh mata memandang hanya ada pemandangan gunung, hamparan sawah, rindang pohon hijau memanjakan mata. Setidaknya itu yang terlihat disepanjang perjalanan dari Stasiun Bandung menuju Stasiun Cibatu Garut.

Keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan ini terlihat karena jalur kereta sebagian melewati perbukitan. Sehingga tak jarang dijumpai perlintasan kereta api berupa jembatan.

Perjalanan memakai kereta ini dapat traveler mulai dari Stasiun Bandung menuju Cibatu Garut memakan waktu sekitar 1,5 jam. Panorama alam sepanjang perjalanan dapat dinikmati dalam perjalanan kereta pagi hingga siang hari.

Tak jarang banyak penumpang yang sengaja menentukan perjalanan kereta pagi supaya dapat menikmati pemandangan. Di antaranya ada turis yang mengelap beling kereta hanya untuk dapat melihat dengan terang pemandangan itu.

Memotret pemandangan dari gerbong (Mukhlis Dinillah/detikTravel)Memotret pemandangan dari gerbong (Mukhlis Dinillah/detikTravel)
"Ada bule (turis) yang niat hingga kacanya dilap biar dapat liat pemandangan dengan jelas, difoto-foto," kata salah seorang petugas di kereta inspeksi PT KAI, Kamis (13/12/2018).

Rencana pemerintah merekativasi jalur-jalur mati di wilayah selatan juga menjadi hal nyata bagi pengguna jasa kereta api. Sebab keindahan alam wilayah selatan akan lebih dapat dinikmati lebih luas nantinya.

"Pemandangan dari Cibatu ke wilayah Cikajang nanti juga sangat indah. Apalagi bila pagi hari pas matahari bersinar," ucap dia.

Kendati mempunyai panorama alam yang indah, jalur-jalur kereta di wilayah selatan juga punya bahaya peristiwa alam. PT KAI memetakan ada sekitar 44 titik berpotensi mengalami peristiwa longsor dan tanah ambles.

Hal di atas mengingat sejumlah lokasi jalur berada di area yang tinggi dan berada di antara perbukitan. Sehingga, PT KAI terus melaksanakan pengecekan dan menyiagakan petugas untuk memastikan kereta melintas dengan aman.



Tonton juga video 'Cantiknya Tebing Alami di Kawasan Bandung Utara':

[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top