0 Comment
Air terjun Tompo Tomagelli (Hasrul Nawir/detikTravel)

Barru - Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diceritakan. Salah satunya yang mungkin jarang terdengar dan namanya pun unik, jeram Ngambek.

Berbicara air tejun berbagai spot yang yang belum terekspose dan diketahui secara umum. Salah satunya jeram Tompo Tomagelli ini.

Lokasinya terletak di Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Ya, jeram ini mungkin tidak setenar Bantimurung di Kabupaten Maros. Namun mengunjungi pesona jeram tersebunyi ini tentunya mempunyai sensasi tersendiri.

Dalam bahasa lokal, Tompo Tomagelli diartikan sebagai jeram orang yang lagi ngambek. Belum diketahui secara niscaya kenapa diberi nama ibarat itu.

Air terjun Tompo Tomagelli (Hasrul Nawir/detikTravel)Air terjun Tompo Tomagelli (Hasrul Nawir/detikTravel)


Untuk melihat dan menikmati air tejun dengan ketinggian sekira 50 meter ini memang membutuhkan usaha yang cukup ekstra. Pasalnya dari Jalan poros Makassar-Parepare rutenya hanya dapat diakses dengan memakai kendaran roda dua.

Itupun pengunjung masih harus berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer menuju spot jeram Tompo Tomagelli. Namun, jangan kahawatir buat anda yang anti mainstream akan dapat menikmati keindahan alam yang masih sangat alami selama dalam perjalanan.

"Lelah selama perjalanan menuju spot terbayar dengan keindahan alamnya. Apalagi pas hingga di air terjun, capeknya pribadi lupa," urai Nur Fadilah, salah satu traveler yang ditemui detikTravel di lokasi, Minggu((9/12/2018).

Selain selfie, pengunjung yang tiba tidak akan mampu menahan godaan untuk segera terjun ke bak air. Tepat berada di bawah jeram sangatlah menyegarkan badan.

"Airnya segar, jadi betah berendam lama-lama," papar Takbir, traveler lainnya.

Meskipun Air terjun ini telah usang ditemukan warga namun belum dikelola dan dikomersilkan oleh pemerintah setempat. Jika berminat mengunjungi jeram Tompo Tomagelli mesti bawa bekal ya!

Post a Comment

 
Top