0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Dari Jepang ada matcha atau bubuk teh hijau yang jadi favorit banyak orang. Minuman ini ternyata mempunyai banyak manfaat sehat.

Matcha banyak diolah jadi dessert dan minuman. Mactha merupakan bubuk halus berbahan daun teh hijau Jepang. Ciri khas matcha orisinil ialah yang dibentuk dari tencha. Proses pembuatannya tidak cepat alasannya yaitu matcha perlu disimpan.

Matcha umumnya dijual dengan harga relatif mahal. Saat menggunakan matcha orisinil Jepang, Anda hanya perlu memakainya sedikit saja, sekitar 4 gram untuk makanan atau minuman. Matcha kemudian diseduh dengan air bersuhu 70C selama 30 detik saja.

Baca Juga: Ini Bedanya Matcha Asli Jepang dengan Matcha Buatan Negara Lain

Matcha disukai dengan huruf rasa umami dan sedikit pahit. Di balik ketenarannya, matcha dipercaya sanggup memperlihatkan sederat manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Live Strong (17/7) berikut manfaat sehat matcha.

5 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Rajin Konsumsi MatchaFoto: Istock

1. Matcha sanggup meningkatkan energi

Matcha yaitu sumber alami kafein. Hanya dengan satu sendok teh matcha, terkandung 60 sampai 70 mg kafein. Menurut Jill Galligher, kafeinnya kira-kira sama dengan suntikan espresso.

Tetapi energi yang Anda dapatkan dari minum matcha tidak disertai kegelisahan ibarat sehabis minum kopi pada umumnya. Matcha tidak menjadikan hal itu alasannya yaitu matcha mengandung L-theanine yang mengimbangi efek negatif dari kafein. Sebuah penelitian tahun 2017 juga menemukan bahwa L-theanine membantu meningkatkan daya ingat.

2. Mengurangi kecemasan

Meskipun matcha mengandung kafein, penelitian pada insan dan binatang memperlihatkan bahwa mengonsumsi bubuk teh hijau ini sanggup mengurangi kecemasan, berkat adanya L-theanine dan phytochemical lainnya. Bahkan matcha juga sanggup mengurangi stres.

Salah satu studi di bulan Juli 2019, di Jepang melihat bahwa tikus yang mengonsumsi matcha memperlihatkan sifat yang tidak terlalu cemas dan daya konsentrasinya meningkat.

Selain mengandung L-theanine, yang menghasilkan efek menenangkan, para peneliti menyampaikan bahwa matcha juga mengaktifkan reseptor dopamin dan serotonin di otak. Dua neurotransmiter inilah yang sanggup memengaruhi kecemasan dan suasana hati.

5 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Rajin Konsumsi MatchaFoto: iStock

3. Menyehatkan kulit

Menurut penelitian di bulan Maret 2014, matcha mengandung klorofil, fitokimia yang telah terbukti sanggup mengurangi kerutan wajah dan elastisitas kulit pada perempuan di atas usia 45 tahun yang mengonsumsi komplemen secara teratur.

Faktanya, klorofil yang diaplikasikan pribadi ke wajah selama tiga ahad sanggup mengurangi mengecilkan pori-pori dan mengatasi jerawat. Matcha juga mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang sanggup mencegah kerusakan kolagen.

4. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan yang ada pada matcha salah satunya ialah EGCG dan kafein. Ketika mereka digabungkan, adonan ini sanggup membantu menurunkan berat tubuh berdasarkan jurnal yang ditulis pada September 2009.

5 Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Rajin Konsumsi MatchaFoto: Istimewa

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

EGCG tidak hanya membantu menurunkan berat tubuh dan menjaga kulit Anda, namun juga sanggup membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. EGCG sanggup membantu menghancurkan radikal bebas racun dalam darah yang menjadikan peradangan dan kerusakan sel.

Ketika radikal bebas ada pada tubuh, itu akan menghasilkan stres oksidatif, yang telah dikaitkan dengan penyakit peradangan ibarat radang sendi, stroke, dan bahkan gangguan neurologis ibarat Alzheimer dan Penyakit Parkinson.

Meskipun belum ada bukti bahwa matcha sanggup menyembuhkan atau mencegah penyakit-penyakit ini secara langsung, namun matcha mempunyai sejumlah antioksidan paling tinggi dibandingkan makanan lain.

Baca Juga: Teh Hijau Matcha Dipercaya Bisa Membunuh Sel Kanker, Benarkah?

Simak Video "Bakso Pelangi yang Sehat dan Meriah Warnanya"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top