0 Comment
Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Penjualan teh di Inggris alami kenaikkan. Kini beredar penemuan teh gres yaitu teh vitamin. Benarkah teh vitamin lebih menyehatkan dibanding teh biasa?

Selama berabad-abad, teh telah menjadi minuman favorit di Inggris. Teh dinikmati dalam dua cara secara tradisional yaitu teh dengan gula atau tanpa gula. Jenis tehnya pun tidak hanya teh hitam, ada teh hijau sampai teh herbal yang dipasarkan dengan klaim manfaat sehat.

Berkat klaim tersebut, produk-produk teh alternatif ini menciptakan peningkatan penjualan teh di Inggris. Daily Mail (2/7) melaporkan sekarang hadir jenis teh gres di Inggris yaitu teh vitamin.

Muncul Tren 'Teh Vitamin' yang Diklaim Lebih Sehat, Benarkah?Foto: iStock

Teh vitamin bahu-membahu teh celup biasa, umumnya jenis teh hijau. Hanya saja teh ditambahkan vitamin tambahan. Hal ini menarik perhatian orang-orang yang merasa kekurangan nutrisi penting dari contoh makannya. Vitamin sanggup didapat dari ekstrak materi nabati atau dibentuk di lab dengan beberapa unsur kimia.

Vitamin teh menerima perhatian nasional tahun lalu, dikala pengusaha James Dawson, pendiri perusahaan Harrogate TEA + mendapatkan investasi £ 75.000 atau sekitar Rp 1 miliar untuk serial TV BBC Dragons' Den. Uang tunai itu berasal dari Tej Lalvani selaku CEO perusahaan vitamin Vitabiotik.

Baca Juga: Mengenal Jenis Teh dan Racikan Teh Kreatif untuk Kafe

Saat ini produk perusahaan berupa teh dengan vitamin C dan D untuk meningkatkan energi dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tersedia di gerai High Street. Dawson menyampaikan vitamin teh ini sangat cocok bagi orang-orang yang tidak suka menelan kapsul vitamin tetapi tubuhnya diharuskan untuk mendapatkan asupan vitamin.

Muncul Tren 'Teh Vitamin' yang Diklaim Lebih Sehat, Benarkah?Foto: iStock

Teh vitamin juga diklaim sanggup menyediakan 50 persen kebutuhan harian badan dari sembilan vitamin esensial, yang diantaranya ialah vitamin C, B6, B12, dan asam folat.

Vitamin C sanggup melindungi sel-sel sehat terhadap kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas serta sanggup memastikan pembuluh darah semoga tetap sehat.

Sedangkan vitamin B6, menjaga sistem saraf semoga tetap berfungsi dengan baik, dan B12 sangat penting untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Tapi apakah teh vitamin benar-benar sanggup berfungsi bagi tubuh? Seorang ilmuwan nutrisi di British Nutrition Foundation, Helena Gibson-Moore mengatakan, kalau mengandalkan teh vitamin untuk asupan harian akan membawa risiko.

Muncul Tren 'Teh Vitamin' yang Diklaim Lebih Sehat, Benarkah?Foto: iStock

"Ini ialah soal diet secara keseluruhan, bukan nutrisi tunggal dalam isolasi, yang mempunyai efek paling baik untuk kesehatan. Mengandalkan pelengkap saja dalam bentuk pil atau teh untuk vitamin dan mineral berarti Anda kehilangan elemen penting dari diet sehat menyerupai serat yang berfungsi menciptakan usus tetap sehat," kata Helena.

Selain itu, dikala menciptakan teh vitamin dengan air mendidih, banyak vitamin akan larut larut menyerupai vitamin C, B6 dan B12. Dari sinilah nutrisinya lebih cepat turun serta sanggup menghilangkan kandungan vitaminnya. Karena vitamin C mempunyai tingkat degradasi yang relatif rendah dikala dimasukan kedalam air panas, dan B6 juga akan hilang jauh lebih cepat.

Muncul Tren 'Teh Vitamin' yang Diklaim Lebih Sehat, Benarkah?Foto: iStock

Di sisi lain, TEA + menyarankan konsumen untuk memasukkan teh ke dalam air panas selama sempurna tiga menit, jangan terlalu usang dan jangan sebentar, alasannya ialah sanggup mengurangi ketersediaan vitamin.

"Kami menyarankan untuk menyeduhnya hanya selama tiga menit. Tetapi kalau Anda menyeduhnya terlalu usang atau sebentar, maka Anda tidak akan mendapatkan vitamin yang Anda perlukan, mungkin Anda tetap mendapatkan beberapa vitamin, tetapi tidak maksimal," ungkap Dawson.

Dawson juga menyampaikan bahwa semua perusahaan teh diuji oleh laboratorium sebelum dijual, untuk memastikan satu kantong teh mengandung cukup vitamin atau tidak.

Baca Juga: Rajin Minum Teh Bisa Bikin Wanita Panjang Umur, Apa Benar?



Simak Video "Bakso Pelangi yang Sehat dan Meriah Warnanya"
[Gambas:Video 20detik]

Post a Comment

 
Top