0 Comment
11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: Mega Ditta/dtraveler

Jakarta - Masih gundah libur simpulan tahun mau ke mana? Manado wajib dimasukkan pada daftar kota yang harus dikunjungi. Kita sanggup pergi mengajak keluarga atau kolega.

Manado sanggup dibilang kota kedua paling ramai di Sulawesi sehabis Makassar. Ada banyak obyek wisata di Manado. Baik itu pemandangan di darat dan laut.

Berikut 11 wisata terbaik di Manado, cocok untuk liburan kamu.



1. Taman Laut Nasional Bunaken

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: (MUHAMMAD ASYRAF/d'Traveler)


Taman Nasional Bunaken didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman bahari pertama Indonesia. Pada tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman ini kepada UNESCO untuk dimasukan ke dalam Situs Warisan Dunia.

Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang. Bunaken merupakan perwakilan ekosistem bahari Indonesia yang mencakup padang rumput laut, terumbu karang, dan ekosistem pantai.

Di Bunaken, kau sanggup snorkeling.

2. Jembatan Ir. Soekarno

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: poll


Jembatan Ir. Soekarno telah diresmikan pada Mei 2015. Jembatan ini menjadi ikon Manado.

Jembatan ini sempat terbengkalai selama 12 tahun. Jembatan sepanjang 1,127 km ini menelan biaya Rp 300 miliar. Kalau kita ke sini, ada pemandangan indah bila berada di atasnya.

3. Air Terjun Tunan

Air Terjun Tunan terletak di desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Untuk mencapai gerojokan ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dari sentra kota Manado.

Jika dari Desa Talawaan, waktu yang diperlukan hanya sekitar 10 menit. Di sana, mata akan disuguhi dengan hijaunya perbukitan dan perkebunan warga di sepanjang. Mobil atau motor kita tidak akan hingga eksklusif ke air terjun, tapi hanya hingga di daerah parkir berpaving yang sudah tersedia dengan baik.

Kemudian dari daerah parkir kita akan berjalan kaki selama 10 menit, untuk bertemu dengan gerojokan setinggi 86 meter tersebut. Jalannya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah.

Gemericik air sungai akan terdengar di sisi kiri dan kanan jalan. Di lokasi ini, kita sanggup berfoto-foto untuk diunggah di media sosial.

4. Tebing Amurang

Tebing Amurang berada di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Pemandangan di kerikil dinding Kilo Tiga, Amurang, ini menakjubkan.

Tebing ini terbuat dari kerikil andesit yang dikenal keras. Tingginya sekitar 100 meter. Namun jalur pemanjatan tertinggi hanya 30 meter. Di tebing ini ada 33 jalur yang terdiri dari sembilan jalur panjat dan 24 jalur ekspedisi.

Tebing Amurang sering didatangi para pemanjat tiap simpulan pekannya. Baik dari Sulut, luar Sulut, bahkan luar negeri.

Pengunjung yang berminat untuk memanjat sanggup hanya sekadar berfoto-foto. Foto-fotonya sanggup menjadi profile picture di media sosial.

5. Kota Tomohon

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!Foto: Festival Bunga Tomohon yang penuh bunga berwarna-warni (Shafa/detikTravel)


Kota Tomohon berada di tengah kungkungan Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Oleh dari itulah pemandangan di kota ini sangat cantik.

Kota ini merupakan salah satu daerah wisata terfavorit di kota Manado ini. Tomohon menyerupai dengan Bali, namun atmosfernya berbeda.

Di kota Tomohon, terdapat Taman Bunga Tomohon, Manado. Mirip dengan Bandung, daerah wisata pemandangan di Manado juga mempunyai taman bunga yang bagus dan rapi. Berbagai macam bunga sanggup ditanam di sini sebab sejuk dan segar.

Untuk mengunjungi kota Tomohon ini, dianjurkan untuk tiba pada bulan Juni hingga Agustus. Pada bulan-bulan inilah bunga bermekaran serta adanya parade dan ekspo bunga dari banyak sekali negara sebagai pesertanya.



6. Pantai Malalayang

Tempat wisata Pantai Malalayang ini berada sekitar 4 kilometer dari sentra kota Manado di Jalan Laut Sulawesi, Sulawesi Utara. Tempat wisata populer di Manado ini sangat banyak dikunjungi para wisatawan. Selain sebab wisata bawah air yang indah, terdapat juga wisata masakan di pantia Malalayang ini. Di daerah ini juga sanggup snorkeling.

7. Gunung Tumpa

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: (endarachman/Instagram)


Gunung Tumpa terletak di Kelurahan Meras, Bunaken. Gunung ini sanggup ditempuh dengan waktu satu jam dari Manado. Tempat wisata di Manado ini yakni salah satu wisata alternatif bagi yang hobi aktivitas alam. Tempat wisata alam Gunung Tumpa ini menyajikan pemandangan yang menyegarkan. Momen sunset di pegunungan jangan dilewatkan ya.

8. Bukit Kasih

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: (Shafa/detikTravel)


Bukit Kasih, Manado berada di desa Kaonang. Lokasinya sekitar 55 kilometer dari sentra kota Manado. Di daerah wisata ini, kita juga akan disambut sebuah monumen 22 meter yang dinamakan Tugu Toleransi.

9. Rumah Alam Manado Adventure Park

Tempat wisata di Manado ini berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado. Di spot wisata ini, kita sanggup extreme rapeling, zorbing, hingga mengendarai ATV. Bahkan untuk kau yang hobi foto-foto, banyak spot Instagrammable-nya.

10. Danau Tondano

10 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!11 Wisata Terbaik di Manado, Wajib Dikunjungi!/Foto: (livia_jong/Instagram)


Danau Tondano merupakan daerah wisata air yang ada di Manado. Pemandangan di danau ini sangat indah. Tempat wisata ini layak dikunjungi bersama orang-orang tersayang. Danau ini mempunyai pulau kecil di tengahnya, menyerupai dengan Danau Toba.

11. Tempat Oleh-oleh

Setelah berwisata di Manado, untuk mencari daerah buah tangan sanggup dicari di Jalan BW Lapian. Di sini terdapat suvenir dan makanan khas Manado menyerupai klapertart.

Jadi, kapan kau ke Manado?

Post a Comment

 
Top