0 Comment
Foto: Gua Tetes di Lumajang yang mulai dipadati wisatawan (Nur Hadi/detikTravel)

Lumajang - Menjelang libur panjang selesai tahun, Gua Tetes di Lumajang mulai diserbu wisatawan. Mereka ingin menikmati kesejukan alami gua sekaligus riam ini.

Memasuki libur panjang Tahun Baru, Wisata Alam Gua Tetes di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mulai dipadati wisatawan.

Gua yang terletak di lereng Gunung Semeru ini merupakan obyek wisata yang memadukan keindahan antara goa dengan riam yang mengalir dari gunung. Selain itu, Gua Tetes mempunyai stalakmit dan stalaktit yang mempunyai aneka ragam warna.

Pengelola menyebut jumlah pengunjung ketika liburan kali ini melonjak tajam.

"Jadi bila hari Minggu biasa cuma puluhan yang datang. Tapi bila pas libur Natal dan Tahun Baru ibarat ini pengunjung mencapai ratusan wisatawan per hari," ujar Pengelola Wisata Goa Tetes, Anang Adi Waluyo kepada detikTravel, Jumat (28/12/2018).

Menuju ke riam (Nur Hadi/detikTravel)Menuju ke riam (Nur Hadi/detikTravel)
Menurut Anang, bila di selesai pekan, pengunjung Gua Tetes hanya berkisar 70-90 orang, namun pada libur Natal dan Tahun Baru ini pengunjung sanggup mencapai 400 orang.

Lokasi Gua Tetes sendiri berjarak sekitar 50 km dari sentra Kota Lumajang. Para wisatawan sanggup memakai kendaraan roda dua, roda empat maupun bus menuju obyek wisata andalan tersebut.

Dari sentra Kota Lumajang, motor, kendaraan beroda empat atau bus sanggup melewati jalan raya ke arah Kabupaten Malang. Pengunjung tinggal menyusuri Jalan Raya Pasirian, Desa Candipuro, Kecamatan Pronojiwo hingga memasuki Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Di sebelah kiri jalan akan ditemukan papan Wisata Gua Tetes.

"Dari parkir ke gapura wisata sekitar 10 meter. Dari gapura wisata trek menurun dengan jalan bebatuan 400 meter," terperinci Anang.

Treknya cukup menantang (Nur Hadi/detikTravel)Treknya cukup menantang (Nur Hadi/detikTravel)
Mendekati Gua Tetes, jalan semakin menantang sebab harus meniti tebing karang yang dialiri air, sehingga pengunjung harus berhati-hati. Namun rasa lelah akan hilang ketika hingga di Gua Tetes dengan keindahan alamnya.

"Yang sanggup dinikmati di wisata ini adalah pemandangan yang sangat indah sehingga sangat cocok buat liburan, serta airnya higienis dari pegunungan asli," kata salah satu pengujung, Totok (26).

Kekaguman yang sama juga disampaikan pengunjung lain berjulukan Heni (21). "Saya gres pertama kali ke Goa Tetes. Perasaannya sangat bahagia melihat keindahan alamnya, keren banget," tandasnya.

Untuk masuk ke Wisata Gua Tetes, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Post a Comment

 
Top