0 Comment
Keramaian di anjungan daerah NTB, TMII (Randy/detikTravel)

Jakarta -

Jelang pergantian tahun, traveler yang berkunjung ke TMII dapat sekalian mampir ke Anjungan Daerah. Ada pertunjukan budaya sampai kuliner lokal Indonesia.

Di puncak malam Tahun Baru, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta timur akan menampilkan pesta kembang api sampai dangdutan dan wayang. Namun, sambil menunggu kau dapat sekalian mampir ke area anjungan daerah di TMII. Ada banyak pertunjukan budaya terkait asal anjungan masing-masing.

"Zona tengah 33 Anjungan Daerah mempersembahkan aneka tari dan Musik Melayu dan Musik Doll. Zona Dermaga, Musik Keroncong orisinil dan Wayang Jawa Timur serta Wayang Golek (Dawala Gugat)," ujar Koordinator Unit Kerja Badan Pelaksana Pengelola TMII yang merangkap Ketua Umum Panitia Pekan Desember, Natal dan Tahun Baru 2019, Diono ketika dihubungi detikTravel, Senin (31/12/2018).

Anjungan Daerah TMII Bersolek Manjakan Pengunjung di Malam Tahun BaruFoto: Johanes Randy/detikTravel

Di Anjungan Daerah Sumatera Barat misalnya, detikTravel melihat hadirnya panggung yang menampilkan Tari Piring khas Ranah Minang. Di halamannya pun juga ramai penjual kuliner khas Minang, ibarat Martabak Kubang dan lainnya. Meriah!

Apabila sudah mengelilingi Anjungan Daerah, jangan lupakan juga panggung utama di tempat Menara Obor serta wayang di Anjungan Daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Jadwal Kesenian di 8 Panggung semua terisi (Panggung utama Monata Musik dan Artis KDI Rena dkk) sedangkan panggung 3 di depan ada Campur Sari, Keroncong Dangdut, dan Wayang Kimanteb Sudarsono," tutup Diono.

Anjungan Daerah TMII Bersolek Manjakan Pengunjung di Malam Tahun BaruFoto: Johanes Randy/detikTravel

Bagi traveler yang membawa kendaraan dan resah soal parkiran, Diono menjelaskan jikalau ada 22 kantong parkir di sekitar TMII. Berikut lokasinya.

"Ada 22 kantong parkir serta perhiasan parkir besar di Taman Burung, Iptek dan Museum Minyak (Gawitra). Terbuka untuk umum untuk warga Indonesia," terang Diono.

Rencananya, acara pergantian Tahun Baru di TMII akan ditutup oleh pesta kembang api yang dilakukan di atas Danau Miniatur Arsipel Indonesia. Lokasinya persis ada di bab tengah TMII dan dikelilingi oleh 33 anjungan daerah.



Post a Comment

 
Top