0 Comment
Foto: Taman Pusdai Banjar masih dalam proses pembangunan (Dadang Hermansyah/detikTravel)

Banjar - Kota Banjar bakalan punya ruang terbuka hijau yang baru. Konsepnya pun dibentuk kekinian, dan pastinya traveler sanggup bersantai sekaligus foto-foto di sana.

Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, kini berupaya menambah ruang terbuka hijau (RTH) dengan konsep wanawisata. Salah satunya membangun Taman Pusdai Banjar dengan konsep swafoto kekinian. Taman ini diperlukan sanggup jadi wisata alternatif yang murah bagi masyarakat Banjar.

Berdasarkan desain taman dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, taman yang terletak di pinggir Sungai Citanduy ini mempunyai ruang yang menjorok ke sungai. Ruang yang bentuknya hampir satu bulatan ini fungsinya untuk masyarakat yang ingin berfoto-foto.

Dengan latar belakang eksklusif sungai dan rimbunnya pepohonan pinggir sungai yang indah dan sejuk dipandang mata. Tapi tetap kondusif dengan tunjangan pagar pembatas.

Taman tersebut ketika ini masih dalam tahap pembangunan yang dilakukan secara bertahap. Selain dilengkapi ruang untuk swafoto, beberapa kemudahan lain ibarat terlihat pada desain terdapat tumbuhan hias, air mancur, daerah pertunjukan, area bermain anak sampai labirin dari tanaman.

Desain Taman Pusdai Banjar (istimewa)Desain Taman Pusdai Banjar (istimewa)
Sebelum dibangun di pertengahan tahun 2018, ternyata daerah tersebut merupakan lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Taman tersebut didesain sedemikian rupa dengan mempertimbangkan kenyamanan.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Dedi Sudrajat menuturkan pembangunan taman di Pusdai Banjar tersebut sudah mencapai 75 persen, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar. Untuk tahap kedua diprediksi akan menghabiskan anggaran yang sama.

Menurut Dedi, sudah saatnya Kota Banjar mempunyai ruang terbuka hijau yang sekaligus sebagai daerah rekreasi masyarakat. Dengan konsep swafoto kekinian diperlukan masyarakat Banjar semakin betah dan nyaman menghabiskan waktu di Kotanya.

"Harapan ke depan taman ini sanggup jadi daerah bersantai masyarakat Kota Banjar dan sekitarnya. Sekarang masyarakat lebih bahagia daerah yang menyajikan ruang foto-foto, jadi di taman ini juga kami sediakan daerah untuk berfoto," ujar Dedi kepada detikTravel, Kamis (17/1/2019).

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel)
Dedi menerangkan, ketika ini di Kota Banjar hanya ada dua lokasi yang menjadi daerah berkumpulnya masyarakat. Seperti di Alun-alun Banjar dan Taman Kota. Namun kali ini ditambah dengan RTH Taman Pusdai Banjar.

"Sekarang ada ada ruang terbuka hijau di pinggir Sungai Citanduy yang mengelilingi gedung Pusdai, sanggup dijadikan daerah untuk rekreasi, bermain dan bersantai," jelasnya.

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel)
Sementara itu, salah seorang warga Banjar, Fajar (30), mengaku menyambut baik dengan adanya pembangunan taman di lokasi gedung Pusdai Kota Banjar. Diharapkan taman tersebut sanggup menjadi sarana bermain warga Banjar.

"Sebelum ada pembangunan taman sekarang, kalau ada waktu senggang sesekali saya ke sini di taman usang di Pusdai untuk bersantai. Sekarang taman diperluas tentunya sangat mendukung. Harapannya sanggup final dan sanggup bermanfaat bagi warga Banjar," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top