0 Comment
Telaga Bodas di Garut (Hakim Ghani/detikTravel)

Garut - Liburan di Garut? Jangan lewatkan 3 destinasi wisata alam yang cocok untuk menenangkan pikiran. Selain itu, tempa-tempatnya Instagramable lho!

Tempat-tempat wisata itu antara lain Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, kawah Talaga Bodas dan Leuwi Tonjong. Tiga tempat wisata itu selalu jadi buruan kala liburan datang.

TWA Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung di Garut yang selalu jadi 'pelarian' orang-orang dari perkotaan untuk sejenak menenangkan pikiran. Tempatnya yang indah disertai udara sejuk menciptakan siapa pun akan terkesan kala bertandang ke Gunung Papandayan.

Panorama hutan mati, sunrise di puncak gunung hingga berenang di bak air panas berbelerang menjadi suguhan menarik di sini. Ada juga menara pandang yang biasanya jadi spot swafoto pengunjung alasannya view-nya yang eksklusif menghadap ke puncak gunung.

TWA Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, sekitar 25 kilometer dari daerah perkotaan Garut ke arah selatan. Bisa ditempuh sekitar 45 menit memakai kendaraan roda empat atau roda dua. Jangan lupa bawa jaket alasannya suhu di daerah wisata ini sangat dingin. Bisa hingga 10 hingga 5 derajat Celcius di saat-saat tertentu.

BACA JUGA: Eksotisme Hutan Mati di Garut

Tenangkan Pikiran di 3 Tempat Wisata Alam GarutFoto: (Hakim Ghani/detikTravel)


Talaga Bodas

Mungkin tak banyak masyarakat yang tau bahkan warga Garut sendiri akan kehadiran area wisata satu ini. Namun di balik namanya yang belum begitu dikenal, terdapat panorama indah yang aduhai!

Talaga Bodas merupakan sebuah objek wisata alam berbentuk danau yang mengandung air sulfur dengan pasir putih. Mirip-mirip wisata Kawah Putih yang ada di Bandung.

Terletak tak jauh dari perkotaan Garut, tepatnya di Kecamatan Wanaraja, menciptakan daerah wisata ini tak sulit dijangkau.

Tenangkan Pikiran di 3 Tempat Wisata Alam GarutFoto: (Hakim Ghani/detikTravel)


Selain air sulfur dan pasir putih, adanya bukit berpohon lebat yang mengelilingi menciptakan keindahan Talaga Bodas semakin bertambah.

Maka tak heran kala wisatawan kerap menyebabkan daerah ini sebagai tempat berfoto. Di hari-hari biasa, tempat ini bahkan sering digunakan spot pre-wedding.

Leuwi Tonjong

Dari dua nama tadi, Leuwi Tonjong merupakan wisata yang paling gres dan juga paling jauh aksesnya dari perkotaan Garut. Tapi jangan salah, di balik semua itu, Leuwi Tonjong merupakan nirwana tersembunyi yang Garut miliki.

Leuwi Tonjong merupakan sebuah daerah wisata alam yang terletak di Kecamatan Cihurip. Bentuknya berupa danau yang diapit dua bukit tinggi. Mirip objek wisata Phuket di Thailand.

BACA JUGA: Leuwi Tonjong Garut, Surga Tersembunyi Terbaik Kedua di Indonesia

Tenangkan Pikiran di 3 Tempat Wisata Alam GarutFoto: (Hakim Ghani/detikTravel)


Yang jadi unggulan, kesejukan udaranya dan pemandangan indah yang menenangkan mata. Perjalanan jauh sekitar 60 kilometer dari sentra kota akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang tersajikan di sini.

Leuwi Tonjong cocok untuk menenangkan pikiran alasannya jauh dari keramaian. Keindahannya tak usah diragukan lagi. Bahkan baru-baru ini Leuwi Tonjong diganjar penghargaan sebagai Surga Tersembunyi oleh Kementerian Pariwisata RI.

"Leuwi Tonjong sanggup penghargaan Surga Tersembunyi dari Kemenpar RI. Ini menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Garut," ujar Wabup Helmi Budiman kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Post a Comment

 
Top