0 Comment
Foto: (Okta Marfianto/detikTravel)

Jakarta - Liburan di awal tahun akan lebih menyenangkan bila pergi ke tempat-tempat wisata. Namun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Bagi Anda yang belum mempunyai rencana tempat wisata, Palembang sanggup menjadi pilihannya.

Selain populer dengan makanan pempek yang khas, Palembang juga punya beberapa spot wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Berikut beberapa pilihannya.

Jembatan Ampera

Sebagai landmark di Kota Palembang, Jembatan Ampera menjadi urutan nomor satu destinasi wajib untuk dikunjungi. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Arsitekturnya yang manis serta beralaskan Sungai Musi, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto.

Keindahan Jembatan Ampera akan terasa tepat ketika malam hari. Puluhan lampu yang manis akan menghiasi jembatan ini.


Pulau Kemaro

Pulau yang terletak di tengah sungai Musi ini mempunyai daya tarik tersendiri dengan nuansa Tionghoa yang terasa begitu kental. Destinasi ini juga cocok untuk liburan menjelang Imlek mendatang. Hal ini sanggup dilihat dari adanya pagoda besar dan klenteng, bahkan, pulau ini juga punya pohon cinta dan makam Siti Fatimah, mantan putri Raja Palembang.

Benteng Kuto Besak

Kuto Besak ialah bangunan keraton yang pada era XVIII menjadi sentra Kesultanan Palembang. Saat sore hari, pemandangan semakin indah dengan sunset yang berkilauan di permukaan sungai. Pemandangan itupun makin terlihat tepat dengan hiasan Jembatan Ampera di dekatnya.

Sungai Musi

Usai ke Pulau Kemaro dan ke Benteng Kuto Besak, sekarang saatnya berkeliling Sungai Musi. Sungai Musi memang bukan hanya sekadar jalur transportasi bagi masyarakat Palembang, sungai ini juga menjadi destinasi wisata wajib bila Anda traveling ke Kota Pempek.


Cara asyik menikmati pemandangan Sungai Musi ialah dengan menyusurinya memakai ketek, yaitu bahtera kayu tradisional khas Palembang yang sanggup Anda temui di dermaga kecil di bawah Jembatan Ampera. Anda tak perlu khawatir soal tarif, alasannya harga yang diajukan penjual masih sanggup ditawar. Bahkan semakin pandai menawar, tentu semakin murah pula biayanya.

Gelora Sriwijaya

Selain menjadi sentra olahraga, ternyata daerah Jakabaring ini juga dipakai sebagai tempat berwisata, bahkan juga ada sebuah danau yang biasa menjadi lokasi bersantai para turis lokal loh.

Selain itu, di sekitarnya terdapat bangku-bangku taman yang asyik untuk nongkrong di sore hari. Selain sanggup menikmati pemandangan danau yang asri, Anda juga sanggup olahraga sambil berlari-lari kecil di sekelilingnya.

Sementara untuk sarana transportasi ke tempat-tempat wisata tersebut, Anda tak perlu khawatir akan kerepotan. Pasalnya, kota Palembang menjadi salah satu daerah yang sudah dilayani oleh perusahaan ride hailing Grab. Bahkan, layanan Grab sudah tersedia di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Post a Comment

 
Top